Tips Agar Tampil Modis Saat Memakai Batik

Tips Agar Tampil Modis Saat Memakai Batik
bergaya.id

Seruni.id – Batik merupakan salah satu warisan nusantara yang unik. Keunikannya ditunjukkan dengan barbagai macam motif yang memiliki makna tersendiri.

Tips Agar Tampil Modis Saat Memakai Batik
cewekbanget.grid.id

Ragam motif batik yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam, setiap daerah memiliki ciri khas motifnya masing-masing. Dulunya batik identik dengan busana formal yang terkesan serius dan seringkali digunakan oleh orangtua.

Namun, anggapan tersebut semakin memudar dimakan waktu. Tak hanya bisa dikenakan untuk acara formal saja, namun juga pada kesempatan yang lebih santai. Jika ingin tampil lebih modis dan modern, berikut Seruni berikan tipsnya.

1. Pilih Motif Klastik dan Warna Kontemporer

Dua faktor yang bertolak belakang ini akan membuatmu tampak berjiwa muda, karena pilihan warnanya yang beragam, dan tidak monoton. Motif klasik pun akan membuat kita tetap konsisten dengan peninggalan batik-batik kuno. Selain itu, warna kontemporer membuatnya terlihat modern dan mudah diterima berbagai kalangan.

Bagi para generasi muda yang bosan mengenakan batik berwarna cokelat, kalian bisa mencari pilihan lain yang lebih menarik dan pastinya sesuai selera, ya. Sebab dengan begitu, tradisi memakai batik akan terus hidup dari generasi ke generasi berikutnya. Sehingga, seni budaya Indonesia tetap akan menjadi kekuatan bangsa.

2. Pilih Batik Cap Berbahan Katun untuk Harga yang Terjangkau

Proses pembuatan batik tulis cukup memakan waktu dan tenaga, maka tak heran jika harganya relatif lebih mahal. Kalau kamu ingin tampil modis dan modern namun dengan harga yang lebih miring, pertimbangkan untuk membeli batik cap, dimana harganya tentu lebih terjangkau. Jangan lupa, pilihlah bahan yang nyaman seperti katun agar bisa dikenakan untuk aktivitas sehari-hari.

3. Desain Modern Motif Batik

Saat ini, batik tidak hanya hadir dalam bentuk kemeja, blus formal, atau kain saja, loh. Tapi, kamu juga bisa mengenakannya dalam bentuk gaun panjang, luaran, celana, hingga aksesoris lainnya. Karena kefleksibelannya, membuat batik melebur dalam berbagai gaya berpakaian. Agar bisa tampil modis dan tidak motonon, kamu bisa memadukan kaos batik dengan celana jeans bertambal untuk gaya kasual. Sedangkan untuk tampil formal, kamu bisa menggunakan kaos dengan luaran resmi.

4. Mix-match Klasik dan Modern

Jika kamu memiliki atasan batik klasik, cobalah padukan dengan bawahan yang lebih santai dan modern. Seperti celana Palazzo, atau lapisi kemeja batikmu dengan kemeja bomber, sehingga terkesan santai. Jangan lupa dilengkapi dengan aksesoris seperti tas, sepatu, yang up to date, sehingga tampilanmu akan lebih anggun.

Cara Merawat Batik Agar Lebih Tahan Lama

Jika kamu sudah tahu bagaimana cara memadukannya agar tampak modis dan modern, tentunya kamu juga harus tahu dong bagaimana cara merawatnya agar lebih tahan lama dan tidak memudar. Caranya yakni sebagai berikut:

  • Hindari mencuci menggunakan mesin
  • Pisah batik dengan baju lainnya
  • Lebih disarankan menggunakan sampo
  • Gunakan bahan-bahan alami
  • Hindari menggunakan pelembut
  • Rendam dengan air hangat

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Baju Batik yang Cocok untuk Pesta Pernikahan

Dengan adanya batik, kita jadi bisa memahami makna-makna yang terkandung dalam setiap coraknya. Sehingga pesan di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik. Yuk mulai cintai karya seni khas Indonesia ini, jangan sampai kita abai dan tidak mencintai karya-karya dari Indonesia lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.