Tips Memasak Udang Anti Bau Amis dan Cara Memilihnya

Tips Memasak Udang Anti Bau Amis dan Cara Memilihnya
dapurkobe.co.id

Seruni.id – Udang adalah salah satu makanan laut dengan daging empuk yang bisa diolah menjadi hidangan yang super lezat. Selain itu, udang juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan proteinnya yang tinggi pun sangat baik untuk kesehatan.

Tips Memasak Udang Anti Bau Amis dan Cara Memilihnya
masakapahariini.com

Namun, jika tidak hati-hati dalam memilih dan mengolah udang, justru akan menimbulkan bau amis dan kurang mantap saat disantap. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena bau amis pada udang bisa dhilangkan dengan cara yang sederhana, yuk simak tips memasak udang di bawah ini.

Tips Agar udang Tidak Bau Amis

1. Cuci di Bawah Air Mengalir

Sebelum diolah menjadi hidangan yang lezat, udang dicuci terlebih dahulu di bawah air mengalir untuk menghilangkan bau amisnya. Proses pencucian ini bertujuan untuk memastikan bahwa segala kotoran yang menempel dapat hilang sempurna.

2. Buang Bagian Kepalanya

Tips memasak udang berikutnya, yaitu dengan membuang bagian kepala udang. Sebenarnya, tak dibuang pun tak menjadi masalah jika kamu memang suka mengonsumsi kepala udang, maka kamu hanya perlu memotong bagian kumisnya saja. Hal ini untuk memudahkanmu dalam mengonsumsinya tanpa terganggu oleh kumis udang yang panjang.

3. Lumuri dengan Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Sama halnya seperti mengolah makanan laut lainnya, sebelum masak udang, sebaiknya dilumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Sebab, udang memiliki aroma yang tak sedap dan amis. Tentunya aroma tersebut akan sangat menganggu jika tidak dibersihkan sebagaimana mestinya.

4. Rendam dengan Larutan Cuka

Pada bagian cangkang udang, merpupakan salah satu yang cukup keras dan sulit untuk dilepas. Kalau salah melakukannya, justru hanya akan membuat jari terluka. Nah, tips masak udang berikut ini sangat mudah sekali, loh. Karena kamu hanya perlu menggunakan larutan cuka untuk merendam udang terlebih dahulu. Larutan cuka diketahui dapat membantu dalam melepaskan cangkang udang.

5. Bersihkan Bagian Punggung dan Cuci Sampai Bersih

Ketika cangkangnya sudah terlepas sempurna. Tips masak udang selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan bagian punggungnya. Bagian punggung udang yang dimaksud adalah kotoran berwarna hitam. Setelah semuanya selesai, maka cuci lah kembali di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih.

Tips Memilih Udang Segar

Selain memberikan tips masak udang agar tidak bau amis, Seruni juga telah merangkum beberapa cara memilih udang segar yang baik untuk dikonsumsi, loh. Sebab, jika kita memilih bahkan sudah sampai memakan udang yang sudah tidak segar maka dapat menyebabkan keracunan makanan dan alergi pada kulit. Untuk itu sangat penting kita mengetahui ciri udang segar sebelum membeli atau mengolahnya.

1. Pastikan Kepalanya Masih Utuh dan Menyatu

Ketika hendak membeli udang, pastikan memilih udang dengan kepala yang masih utuh dan tertempel dengan tubuhnya. Ini menjadi salah satu indikasi, jika udang masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sementara, apabila kamu melihat udang dengan kepala yang sudah terlepas, maka bisa jadi udang tersebut sudah tidak layak konsumsi.

2. Aromanya Khas

Saat memilih udang, tidak ada salahnya apabila kita ingin mengecek aromanya terlebih dahulu untuk memastikan kualitas kesegarannya. Hindari membeli udang yang sudah berbau tidak sedap apalagi busuk karena sudah tentu kualitasnya sudah sangat buruk. Aroma merupakan salah satu tips paling mudah dalam mengecek kesegaran dari makanan laut.

3. Pastikan Masih dalam Keadaan Segar

Sebelum memulai membeli udang, pastikan bahwa tampilan dari udang tersebut masih tampak terlihat segar dengan cangkang kulit yang masih bening tanpa ada cairan maupun warna lain yang dapat menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah dalam kondisi yang buruk dan tidak layak konsumsi. Pastikan bahwa kesegaran udang menjadi hal yang paling utama.

4. Teksturnya Tidak Lembek

Kamu dapat memperhatikan daging dari udang sebelum memulai untuk membelinya. Daging udang dengan kualitas baik akan memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek saat ditekan. Jangan sampai kita membeli udang yang memiliki tekstur lembek karena hal itu bisa menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar lagi.

5. Kepalanya Tidak Berwarna Merah

Perhatikan pula bagian kepala dari udang tersebut. Pastikan untuk tidak memilih udang yang bagian kepalanya berwarna merah karena bisa jadi itu merupakan indikasi bila isi kepala udang sudah pecah. Tentu saja kita tidak ingin mencicipi isi dari kepala udang tersebut. Maka pastikan bahwa udang tersebut masih segar dengan kepala yang masih bening.

Baca Juga: 6 Jenis Seafood yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Nah, lima tips memasak udang serta cara memilih udang di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli udang agar tidak sampai salah dalam memilihnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.