Tips Memasak untuk Pemula

0
Vebma.com

Seruni.id – Memasak selalu diidentikkan dengan wanita. Padahal, keterampilan memasak semestinya dilatih sejak dini tidak hanya untuk anak perempuan tapi juga laki-laki. Untuk kamu yang ingin belajar masak tapi bingung harus mulai dari mana, coba simak dulu yuk tips memasak untuk pemula berikut ini.

Image result for cewek memasak
femmeindonesia.com

Rasa bahagia yang timbul saat memasak membuat banyak orang memiliki hobi yang satu ini. Tidak mesti perempuan, jaman sekarang pria pun banyak yang hobi memasak, bahkan hingga terjun ke dunia profesionalnya. Meskipun memasak itu terkadang melelahkan, tapi kalau hasil masakan kita selalu ditunggu dan dilahap dengan semangat oleh orang lain, apalagi orang terkasih, pasti akan ada kepuasan tersendiri yang bikin kamu ingin memasak lagi dan lagi. Iya, kan?

Meskipun hanya masak telur mata sapi, tentu perlu ada pengalaman sendiri agar masakannya tidak gagal. Misalnya, seberapa besar api yang digunakan agar telur tidak kering atau bagaimana cara membalik telur tanpa pecah bagian kuningnya. Untuk kamu yang termasuk pemula dalam memasak, simak cara-cara berikut ini agar kemampuan memasakmu bisa meningkat dan membaik

Membaca Resep

Tips memasak untuk pemula yang pertama yaitu, kamu harus terlebih dahulu membaca resep masakan yang ingin kamu masak. Ikuti resep dan baca dengan seksama resepnya terlebih dulu sebelum memasak. Hal itu penting sekali dilakukan karena biasanya akan ada proses-proses yang harus dilakukan terlebih dulu atau memakan waktu yang lama sebelum memasak yang utama. Misalnya proses ungkep, proses mendiamkan dalam kulkas beberapa menit, proses mendiamkan adonan roti hingga mengembang/terfermentasi, atau proses marinasi bahan dalam campuran bumbu.

Siapkan Semua

Bahan apa saja yang diperlukan dan peralatan apa yang harus dipakai, siapkan sesuai resepnya. Lakukan kalau harus memanaskan air terlebih dahulu, membersihkan sayuran dan memotongnya bentuk dadu atau mungkin harus melumuri daging dengan bumbu dan menyimpan di lemari es lebih dulu. Juga, apakah panci atau wajan yang dibutuhkan. Semua siapkan! Sehingga saat semua siap, jadi kamu tidak perlu mencari ini dan itu saat sudah di depan tungku.

Kenali Bumbu-bumbu Dasar

Memasak untuk pemula, harus tahu dulu apa saja bumbu-bumbu dasar yang akan digunakan untuk memasak. Mulai dari gula, garam, merica, ketumbar, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun salam. Karena biasanya bumbu-bumbu itu mirip, kamu harus berlatih agar bisa membedakan bumbu. Misalnya gula dengan garam, merica dengan ketumbar, dan jahe dengan lengkuas. Karena bumbu yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda juga pada makanannya.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Sebagai Pengobatan Kanker

Kenali Bahan Makanan

Beda bahan makanan, beda pula cara mengolahnya. Sebelum diolah, bahan makanan harus dicuci bersih dan dipotong, lalu disimpan terpisah dengan bahan makanan lainnya. Kamu harus mengetahui sayuran mana yang harus dimasak terlebih dahulu agar nantinya semua bahan bisa matang merata. Jagung, kentang, labu, dan ubi biasanya harus dimasak lebih lama agar empuk. Tapi sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan tauge harus dimasak cepat pada api besar agar matang namun warna hijau dan tekstur rasa pada sayuran tetap terjaga.

Hati-hati Saat Memasak

Memasak untuk pemula diutamakan untuk berhati-hati ya, karena cidera bisa saja terjadi saat kamu memasak jika kamu kurang berhati-hati. Pastikan dulu tidak ada bau gas di sekitar tungku dan dapur. Kemudian pastikan wajan atau panci yang akan digunakan sudah dalam posisi yang pas dan kokoh di atas kompor. Pegang selalu gagang wajan/panci saat akan mengaduk masakan agar tidak tumpah. Jika gagang tidak terbuat dari bahan yang tidak menyerap panas, gunakan lap saat memegang gagang wajan.

Baca Juga: 12 Alasan Mengapa Kamu Sebagai Wanita Harus Bisa Masak

Setelah kamu membaca beberapa tips memasak untuk pemula diatas, apakah kamu sudah siap pergi ke dapur dan memasak?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.