Tips Puasa Lancar dan Nyaman untuk Penderita Sakit Maag

  • Bagikan
sakit maag
Ilusttrasi Penderita Maag

Ngelmu.co – Berpuasa di bulan penuh berkah, Ramadan, merupakan kewajiban bagi setiap Muslim di seluruh dunia. Akan tetapi, beberapa kondisi tubuh dapat menggangggu jalannya ibadah puasa, salah satunya seperti saat sakit maag.

Gejala yang timbul akibat sakit maag berkaitan dengan naiknya asam lambung, terlebih jika menjalani puasa dengan pola yang tidak tepat. Bagi seseorang yang sakit maag, puasa bisa jadi tidak dapat dijalankan. Lalu, bagaimana bagi penderita sakit maag yang ingin puasanya lancar dan nyaman?

Baca juga: Obat Herbal Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Maag

Berikut tips menjalani puasa yang tepat dan nyaman bagi penderita sakit maag:

1. Hindari makanan asam dan terlalu banyak gula

Seseorang yang menderita maag harusnya menghindari makanan yang terlalu asam dan terlalu bergula. Goreng-gorengan, lemak, dan makanan serta buah yang memiliki asam cukup tinggi seperti jeruk, lemon, dan nanas, sebaiknya dihindari. Makanan yang mengandung gula berlebih juga usahakan tidak dikonsumsi, seperti karbohidrat yang berlebihan.

2. Hindari makanan pedas, kafein dan rokok

Makanan yang sangat pedas juga tidak baik untuk penderita maag. Makanan pedas dan makanan olahan, khususnya produk tomat sebaiknya dihindari ya. Termasuk juga makanan olahan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya karena berisiko melukai lambung.

Selain itu, hindari kafein dan rokok. Minuman yang mengandung kafein bersifat diuretik yang membuat tubuh mengeluarkan banyak urin, sehingga banyak mineral keluar yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Sementara itu, merokok usai berpuasa berpotensi besar dapat memperlambat penyembuhan luka pada lambung. Jadi, jika mau selama puasa nyaman dan sehat, hindari rokok ya.

Baca juga: Hati-hati! Anda Bisa Kena Resiko Sakit Lambung Akibat Keseringan Pakai Obat Antinyeri

3. Konsumsi makanan yang tepat

Makanan yang tepat membantu seseorang yang berpuasa memiliki kondisi tubuh yang baik dan bugar. Makanan tepat yang sebaiknya dikonsumsi saat bulan Ramadan ini adalah kurma.

Sudah menjadi rahasia umum, kurma merupakan sumber gula dan karbohidrat yang baik untuk tubuh, terutama mencukupi kebutuhan nutrisi saat puasa. Kacang almond juga kaya akan protein dan serat yang baik dikonsumsi bagi penderita maag. Bisa juga memilih pisang sebagai sumber karbohidrat.

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya juga diolah dengan cara dipanggang saat sahur tiba, agar tidak mengandung minyak yang berlebih. Sebaiknya banyak minum air putih serta segelas susu segar saat sahur untuk membantu menjaga kondisi puasa pada mereka yang maag. Jangan lupa untuk tetap konsumsi obat maag di saat sahur dan berbuka puasa.

4. Pola makan tepat

Saat Ramadan, makanan yang sulit dicerna seperti karbohidrat sangat tepat dikonsumsi saat sahur. Hal tersebut bertujuan agar membuat energi bertahan selama seharian. Sementara itu, saat berbuka, usahakan konsumsi dalam porsi kecil dan jangan menunda waktu berbuka.

  • Bagikan
seruni.id