10 Cara Jadi Menantu Idaman Mertua

10 Cara Jadi Menantu Idaman Mertua
nek-bak.blogspot.com

Seruni.id – Jadi menantu idaman mertua adalah harapan semua orang yang hendak membangun rumah tangga. Namun sayangnya, ada saja hal yang membuat hubungan menantu dan mertua tidak harmonis.

10 Cara Jadi Menantu Idaman Mertua
islamedia.com

Nah, agar hubungan antara keduanya baik-baik saja, dan jadi menantu yang disayang, berikut ini Seruni berikan tipsnya.

1. Jangan Pernah Membandingkan Mertua dan Orangtua

Mertua orang orangtua adalah sosok yang berbeda. Jadi, tak ada manfaatnya jika kamu terus membandingkannya. Kamu juga tidak bisa selalu berharap mertuamu akan memperlakukanmu layaknya orangtua kandung terhadap situasi tertentu. Terimalah mereka apa adanya dan semoga mereka pun akan melakukan hal yang sama padamu.

2. Berperilaku Positif

Cara jadi menantu idaman yang berikutnya yaitu tetap berperilaku positif. Terlebih jika suami adalah anak sulung, maka tak heran kalau mertuamu masih bingung dan sulit beradaptasi dalam perannya sebagai mertua baru. Sebagaimana dirimu yang juga perlu beradaptasi dalam peran barumu. Untuk menjadi menantu yang disayang oleh mertua, cobalah berperilaku positif terhadapnya. Berusahalah bersikap baik dan menyenangkan hatinya agar ia tahu bahwa anaknya tidak salah memilih pasangan.

3. Tawarkan Bantuan Jika Bisa

Ketika mereka sedang membutuhkan bantuan, tak ada salahnya kan untuk menawarkan bantuan semampu yang kamu bisa? Membawa buah tangan saat berkunjung ke rumahnya pun tak boleh dilupakan, ya. Meski sepele, ini bisa membuat hatinya senang, loh. Jikalau mereka menolak bantuan yang ditawarkan, tak mengapa, setidaknya kamu sudah menunjukkan perhatian sebagai seorang menantu yang baik.

4. Menghormatinya

Perlakukan mertua dengan hormat, sebagaimana kamu menghormati orangtuamu sendiri. Sebab, sebagai orang yang tua, tentunya mereka sudah memiliki banyak pengalaman. Mungkin mertuamu telah merasakan berbagai kesulitan dalam hidup yang membuatnya lebih kuat, sehingga kamu bisa belajar banyak darinya. Tanyakan pula padanya, bagaimana masa kecilnya, pengalaman menjalani pernikahan, mengasuh anak, hingga pengalaman hidup lainnya. Alhasil, kamu akan menjadi menantu yang disayang, karena saat bertukar certia, ada jalinan kuat yang terbentuk di antara kalian.

5. Dengarkan Nasihatnya

Biasanya seorang mertua suka sekali memberikan nasihat kepada siapa saja, termasuk menantu, walaupun mungkin sering tidak sesuai. Jika mertuamu termasuk orang yang seperti ini, tetap dengarkan saja, ya. Meski tak semua nasihat tersebut kamu lakukan, dengan mendengarkan secara baik saja, mertua pasti akan sangat menghargai, loh.

6. Jangan Terlalu Berekspektasi

Untuk mengenal keluarga dari orang yang kamu nikahi, pastinya membutuhkan waktu. Begitupun dengan mertua, yang membutuhkan waktu untuk terbiasa bahwa kamu adalah bagian dari keluarganya. Bagi mereka yang beruntung, akan disambut dengan tangan terbuka dan pelukan hangat. Jika tidak, jangan berkecil hati. Teruslah berusaha memenangkan hati mertuamu.

7. Berikan Perhatian

Memberikan perhatian, adalah salah satu cara jadi mertua idaman. Perhatian yang bisa kamu berikan bisa berupa memberikan masakan kesukaannya, menemani mengobril, jalan-jalan, atau sekadar menyiapkan makan untuknya. Namun, jika kamu tidak tinggal satu rumah, lakukan jal tersebut ketika ia berkunjung ke rumahmu. Tentunya perhatian lebih seperti ini akan membuatmu jadi menantu yang disayang, loh.

8. Jaga Komunikasi yang Baik

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian sebagai bentuk menjaga komunikasi yang baik. Secara rutin, jangan lupa manfaatkan teknologi yang ada. Misalnya dengan video call atau menelepon. Tanyakan kabar mertua dan jadwalkan untuk berkunjung sesekali waktu.

9. Menerina dan Meminta Saran Darinya

Mertua pastinya sudah memiliki banyak sekali pengalaman. Pahit manisnya berumah tangga, tentu sudah ia lalui lebih dulu. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu meminta saran darinya. Meskipun kamu tidak setuju dengan saran yang diberikan, tetaplah berpikiran terbuka untuk menerimanya. Jika kamu memutuskan utnuk tidak mengikuti sarannya, tetap dengarkan nasihat yang diberikan. Jangan jadikan saran tersebut sebagai hal yang menyerang pribadimu, karena sebenarnya ia hanya mencoba untuk membantu.

10. Lebih Peka

Wajar saja jika ada ucapan atau sikap mertua yang mungkin menyinggungmu, tapi cobalah untuk tidak terlalu mengambil hati, ya. Cobalah untuk lebih peka dan pahami bahwa mertua adalah sosok yang penting bagi suami. Tetap bersabar dan sayangi mertua seperti orang tua sendiri.

Baca Juga: 10 Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Itulah cara jadi menantu idaman mertua yang bisa kamu lakukan. Nah, bagi kalian yang baru mempersiapkan menuju jenjang rumah tangga ataupun yang sudah berumah tangga, tapi masih memiliki kendala dengan mertua. Tips ini bisa kamu coba. Selamat menjadi menantu kesayangan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.