10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai
blog.insanmedia.co.id

Seruni.id – Kolesterol disebut-sebut sebagai adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan, kematian akibat kolesterol hingga 2,6 juta jiwa per tahun di seluruh dunia. Ciri-ciri kolesterol tinggi harus kita kenali sejak dini. Sebab, jika tidak, hal ini akan memabahayakan, bahkan bisa menyebabkan diabetes, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai
tirto.id

Data tersebut sebagaimana yang dihimpun dari laman Euractiv. Lantas, bagaimana ciri-ciri kolesterol tinggi yang dimiliki seseorang? Ketahui tanda-tandanya lewat penjelasan berikut ini. Baca sampai habis ya!

1. Sakit Kepala

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah sakit kepala. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun tak jarang, sakit kepala juga kerap terjadi secara tibat-tiba. Inilah yang harus diwaspadai. Salah satu tanda bahwa kolesterol kamu tinggi juga bisa ditandai dengan sakit kepala hebat karena adanya penyumbatan aliran darah ke otak oleh plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi ini.

Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk lebih peka terhadap tubuhmu. Jangan hanya menganggap sakit kepala adalah hal yang biasa, karena jika sudah sering pun harus segera diperiksa, siapa tahu ini adalah cara tubuh untuk memberitahu kondisinya.

2. Nyeri Dada

Kolesterol tinggi, bukan hanya menyebabkan sakit kepala saja, tapi juga nyeri dada. Hal ini dikarenakan adanya plak yang menyumbat arteri otot-otot jantung. Sehingga, darah tidak mengalir dengan lancar dan membuat dada merasakan sensasi seperti ditekan atau terhimpit.

3. Sering Kesemutan dan Pegal-pegal

Jika kamu memiliki ciri-ciri kolesterol tinggi seperti ini, maka kamu patut Kesemutan untuk orang normal biasanya hanya terjadi saat kita berada di posisi tubuh yang sama untuk waktu yang lama. Namun, kalau kamu tidak berada dalam posisi tersebut, tapi merasakan kesemutan yang dahsyar maka bisa jadi itu adalah tanda kolesterolmu tinggi. Begitupun dengan rasa pegal-pegal pada beberapa bagian tubuh. Biasanya ini terjadi karena adanya penumpukan kolesterol, sehingga menghambat aliran darah. Jadi, pergilah ke dokter atau klinik medis untuk melakukan cek darah, dan mengetahui apakah hal tersebut disebabkan oleh kolesterol tinggi, atau bukan.

4. Sulit Bernapas

Umumnya, kesulitan bernapas kerap dikaitkan sebagai penyakit asma. Namun, tak selamanya susah bernapas itu adalah penyakit asma. Karena bisa saja ini terjadi akibat kolesterol yang tinggi. Saat aliran darah yang menuju ke jantung berkurang maka tidak akan menerima darah dengan lancar karena jantung mengalami kesulitan memompa darahnya. Kondisi ini bisa mempengaruhi semua bagian tubuh termasuk paru-paru dan kamu akan merasakan susah bernafas. Jika terlambat diatasi, maka hal ini dapat menyebabkan nafasmu berhenti, alias meninggal.

5. Sering Kelelahan

Ciri-ciri kolesterol tinggi berikutnya yang harus kamu waspadai adalah sering kelelahan. Ketika kolesterol kamu tinggi dan sudah membuat plak di pembuluh darah otomatis itu akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh. Darah yang kaya akan oksigen seharusnya bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan lancar. Namun, karena adanya plak tersebut, alhasil jaringan dan organ-organ tubuh lainnya kekurangan darah, sehingga membuat tubuh menjadi mudah lelah.

6. Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan dari kit umumnya mengetahui kolesterol tinggi dan selalu dihubungkan dengan penyakit tekanan darah tinggi. Meski tidak 100% benar, namun hal ini bisa terjadi. Sebab, pembuluh darah yang mengeras akibat kolesterol tinggi akan menyulitkan darah mengalih, sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi pun tak bisa langsung terdeteksi begitu saja, kecuali kamu rutin memeriksakan tekanan darahmu. Setelah terbukti memiliki tekanan darah tinggi, maka sebaiknya lakukakan tes kolesterol agar mengetahui apakah tekanan darah tinggi tersebut dikarenakan kolesterol atau tidak. Karena keduanya diketahui saling berhubungan.

7. Rasa Pegal di Tengkuk

Kondisi ini kerap dirasakan oleh mereka dengan kolesterol tinggi. Apabila kamu sering merakannya, maka kamu harus berhati-hati. Dan bersegeralah cek kolesterolmu.

8. Terdapat Bercak Kuning di Bawah Kelopak Mata

Munculnya bercak kuning di bawah kelompak mata (xanthelasma), menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Biasanya gejala ini akan timbul pada mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Perlu diketahui, bahwa bercak kuning di bawah kelopak mata ini bukan tanda kolesterol tinggi semata. Gejala serupa terkadang juga muncul dari orang sehat.

9. Otot Kaki Melemah

Penumpukan plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi dapat menempatkan kamu pada risiko serius memiliki pasokan darah ke bagian penting dari otak kamu berkurang atau terputus. Inilah yang terjadi ketika stroke terjadi. Stroke merupakan keadaan darurat medis. Dalam kondisi ini, sangat penting sekali untuk bertindak sesegera mungkin mencari perawatan medis.

Adapun gejala yang kerap dirasakan, yakni bisa berupa kehilangan keseimbangan dan koordinasi secara tiba-tiba, pusing mendadak, asimetri wajah (kelopak mata dan mulut terkulai hanya pada satu sisi), ketidakmampuan untuk bergerak, terutama mempengaruhi hanya satu sisi tubuh, kebingungan, kata-kata slurring, mati rasa di wajah, lengan, atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh, penglihatan kabur, penglihatan menghitam, atau penglihatan ganda, dan tiba-tiba sakit kepala parah.

10. Lingkaran Putih di Kornea Mata

Ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya adalah munculnya lingkaran putih atau bentuk setengah lingkaran di dalam kornea mata. Melansir buku Care Your Self Kolesterol (2008) oleh dr. Sri Nilawati, SpKO dkk., gejala kolesterol tinggi ini terkadang muncul dari penderita berusia di bawah 30 tahun atau di atas 50 tahun. Akan tetapi, ciri-ciri lingkaran putih di kornea mata ini tidak bisa dijadikan patokan utama kadar kolesterol naik. Jika muncul lingkaran putih di kornea mata, ada baiknya lakukan pemeriksaan kolesterol.

Baca Juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Asam Urat

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara untuk mendeteksinya lebih dini. Jangan lupa untuk melakukan tes kolesterol secara rutin, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.