10 Ide Bisnis di Masa New Normal untuk Menambah Penghasilan

10 Ide Bisnis di Masa New Normal untuk Menambah Penghasilan
enterpreneur.bisnis.com

Seruni.id – Meski masa pandemi ini memubuat perekonomian menurun dan berpengaruh terhadap masyarakat. Namun, bukan berarti kita tidak bisa memiliki peluang usaha untuk berbisnis, agar perkonomian tidak menurun.

10 Ide Bisnis di Masa New Normal untuk Menambah Penghasilan
mutupelayanankesehatan.net

Kita harus pandai menciptakan kesempatan dan peluang sendiri dalam berbisnis. Agar tetap bisa menghasilkan pundi-pundi di musim pandemi, berikut beberapa ide bisnis di masa new normal yang menguntungkan:

1. Usaha Kuliner

Dilansir dari Popbela, Ekonon Senior Inef, Aviliani mengatakan, bahwa usaha kuliner di masa pandemi masih akan menjadi primadona. Dengan artian, masih banyak orang yang akan pesan makanan secara online. Jika khawatir memesan makanan di luar karena masalah kebersihan dan lain-lain, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi ide bisnis di tengah pandemi. Kamu bisa mencoba usaha makanan. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan saja bahan-bahan yang diperlukan dan pembeli bisa membuatnya sendiri.

2. Jus dan Minuman Herbal

Di masa seperti saat ini, penting sekali untuk menjaga kesehatan salah satunya imun tubuh. Mengingat hal tersebut, permintaan terhadap prodok kesehatan pun semakin meningkat. Seperti multivitamin, jus, atau minuman herbal atau jamu. Namun, untuk melakukan bisnis multivitamin sedikit riskan, karena tak semua orang mengerti obat-obatan. Maka dari itu, pilihlah produk kesehatan lain yang bisa dipilih adalah jus sehat dan minuman herbal yang sudah siap diminum.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba jus yang sedang populer saat ini. Contohnya jus jeruk, stroberi, alpukat, atau jambu. Sedangkan, untuk minuman herbal, bisa dicoba menjual minuman berbahan dasar jahe atau rempah-rempah lain yang diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk modalnya, kamu hanya memerlukan budget yang sedikit, kira-kira sekitar Rp500 ribu. Agar makin dikenal dan berkembang, jangan lupa manfaatkan platform seperti grab ataupun go food.

3. Pengajar Online

Punya skill dalam hal mengajar? Tambah penghasilanmu di tengah pandemi ini dengan mengajar online. Kamu bisa membuka kelas sendiri di patron atau di website yang kerap digunakan untuk berlajar secara daring. Biasanya, website seperti ini membuka lowongan utnuk tenaga pengajar agar bisa membuka lebih banyak kelas. Namun, jika ingin mandiri, bisa kok. Caranya dengan memanfaatkan zoom, google hang out, facebook, atau video call yang bisa melakukan video call lebih dari 10 orang. Apalagi, untuk melakukan hal ini tidak memerlukan modal, yang terpenting ada kemauan dan memiliki skill yang mumpuni.

4. Jasa Online

Ide bisnis di masa new normal berikutnya adalah jasa online. Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial untuk berjualan. Lantas, jasa online apa saja yang bisa dilakukan? Misalnya menjadi seorang blogger, vlogger, atau selebgram yang bisa membantu mempromosikan usaha UMKM di media sosial. Kamu bisa menawarkan jasa tersebut untuk menjadi media iklan sebuah produk, jika memiliki followers yang banyak.

5. Jasa Titip

Di masa new normal, sejumlah pusat perbelanjaan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, pengunjungnya pun dibatasi untuk bisa masuk ke sana. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis jasa titip seperti kurir online. Bisnis yang satu ini dilakukan dengan cara menawarkan barang yang dijual di toko kepala pembeli, melalui media online, lalu jika ada yang tertarik, mereka akan titip dibelanjakan barang tersebut.

6. Bisnis Produksi Baju dan Peralatan Olahraga

Meski tidak bisa ke mana-mana, bukan berarti menjadi malas untuk olahraga, ya. Nyatanya masih banyak loh yang melakukan olahraga walaupun di rumah. Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai ide bisnis di masa new normal dengan menjual baju atau peralatan olahraga. Contohnya membuat baju yang nyaman dipakai saat di rumah di saat suhu yang panas seperti sekarang.

7. Layanan Kesehatan Online

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi dengan dokter via aplikasi dan sepertinya selama physical distancing ini semakin banyak yang memanfaatkan fasilitas ini. Ke depannya, diperkirakan bisnis seperti ini akan semakin berkembang dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

8. Menjual Produk Kecantikan

Di masa pandemi, tak sedikit orang yang tidak bisa pergi ke salon dan akhirnya memutuskan untuk melakukan segala perawatan sendiri di rumah. Nah, bagi kamu yang memiliki salon, ini bisa menjadi ide bisnis di masa new normal, loh. Kamu bisa menjual produk salon dalam bentuk kemasan yang bisa dicoba oleh para pelanggan di rumah. Atau jika baru akan memulai bisnis, bisa coba cek ombak, tren kecantikan apa sekarang yang lagi naik daun.

9. Masker dan Pelindung Wajah

Masker dan pelindung wajah, menjadi dua benda yang saat ini banyak dicari orang. Apalagi, pemakaikan masker sudah menjadi sesuatu hal yang wajib. Dan dengan adanya protokol untuk tetap memakai masker di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diprediksi tidak akan turun. Selain masker, topi bertirai plastik alias face shield yang bisa melindungi wajah dari terkena atau menularkan virus melalui air liur pun mulai dilirik pasar. Bisa saja kedua barang tersebut akan menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia. Tinggal kamu sebagai pebisnis melihat ini sebagai peluang usaha dan memasukan ide-ide kreatifmu.

10. Mendesain Ruang Kerja

Banyak orang yang ingin memiliki tempat nyaman saat bekerja dari rumah alias WFH. Ini bisa menjadi ide bisnis di masa new normal. Kamu bisa menciptakan ruang kerja yang nyaman untuk orang lain dengan harga yang sesuai dengan desain yang dihasilkan.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mengelola Bisnis Agar Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Meski sedang dalam kondisi pandemi, tidak menjadi halangan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.