6 Cara Jitu Mengelola Bisnis Agar Bertahan di Tengah Pandemi Corona

6 Cara Jitu Mengelola Bisnis Agar Bertahan di Tengah Pandemi Corona
barekasa.com

Seruni.id – Menjalani bisnis di tengah mewabahnya virus Corona, menjadi tantangan terberat bagi para pelaku usaha. Virus tersebut, dianggap menghambat proses bisnis karena pekerjaan yang biasanya dilakukan dengan bertatap muka, menjadi sulit dilakukan.

6 Cara Jitu Mengelola Bisnis Agar Bertahan di Tengah Pandemi Corona
bareksa.com

Selain perusahaan-perusahaan besar, para pengusaha UMKM pun turut terkena imbasnya. Bahkan, beberapa sektor usaha hampir mengalami kelumpuhan. Sehingga para pelaku bisnis harus memutar otak dalam mengelola bisnis agar bertahan. Nah, bagi kalian yang memiliki bisnis di bidang apa saja, pasti memiliki pengaruh negatif yang besar dari bencana ini. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengelola bisnis agar bertahan di tengah pandemi Corona.

1. Menjelaskan

Jika kamu adalah seorang pemimpin pada sebuah perusahaan, kamu harus menjelaskan tujuan dan peran pekerjaan kepada seluruh tim. Pemimpin harus memastikan bahwa setiap individu memahami skenario saat ini, apa yang terjadi saat ini, di masa depan, misi dan visi tim, tujuan serta target bisnis bagi segmentasi pasar. Kejelasan usaha secara keseluruhan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi terhadap pekerjaan.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan elemen paling penting untuk kesuksesan sebuah tim. Hal ini akan sangat menjadi penting ketika bekerja jarak jauh. Komunikasi juga akan membantu dalam hal pengambilan keputusan dan menjangkau anggota untuk kerja efektif dari proses bisnis internal yang baru diubah dan disesuaikan.

3. Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam usaha untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya. Sebab, tanpa adanya rencana yang jelas, pengusaha akan merasa kesulitan untuk menentukan biaya modal yang akan digelontorkan dan target pendapatan yang dingin dicapai.

Di saat situasi ekonomi terpuruk akibat Covid-19, pelaku bisnis harus benar-benar jeli dalam mengambil keputusan. Diperlukan pula strategi yang tepat demi kelangsungan sebuah usaha. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat pembukuan perusahaan yang rapi. Seluruh transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, dan transaksi lainnya harus terdokumentasi dengan baik.

4. Selalu Memonitor Transaksi Bisnis

Para pelaku usaha tak terlepas dari aktivitas transaksi perbankan. Untuk menghindari dampak dari Covid-19, kamu perlu menghindari kunjungan ke kantor cabang perbankan secara langsung dan lebih memilih transaksi via online.

5. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Bisnis

Kehadiran media sosial harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memasarkan bisnis. Para pelaku usaha kecil tetap bisa memasarkan usahanya tanpa perlu keluar rumah hanya melalui media sosial. Dengan biaya yang terjangkau serta daya jangkau yang sangat besar, bisnis akan tetap bisa dipasarkan dengan baik. Pastikan agar membuat konten yang menarik agar banyak dilirik.

6. Perhatikan Kondisi Stok Barang

Penyebaran virus Corona yang semakin agresif membuat para pelaku usaha perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Langkah alternatif yang perlu dilakukan adalah memeriksa status persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh.

Baca Juga: Ingin Berbisnis? Kenali Dulu Jenis-jenis Usaha Sebelum Memulainya

Jadi, sebagai pelaku usaha kamu tidak perlu cemas lagi, karena kamu bisa menerapkan beberapa cara di atas. Pastikan usahamu tetap berjalan dan mampu bertahan pada kondisi pandemi seperti saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.