10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
sumsel.idntimes.com

Seruni.id – Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, seperti di Madura misalnya. Salah satu kuliner yang paling familiar adalah Sate Madura. Namun, tak hanya itu, karena masih banyak lagi deretakan makanan khas Madura yang terkenal enak dan bikin nagih. Bagi kamu yang penasaran atau ingin berkunjung ke sana, kamu harus tahu dulu nih beragam kuliner khas yang wajib kamu cicipi. Berikut daftarnya.

1. Bebek Songkem

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
cookpad.co.id

Suka makan olahan bebek? Pas banget nih, di Madura sangat terkenal dengan kuliner bebeknya, loh, namanya bebek songkem. Menu yang satu ini dimasak dengan olahan bumbu yang dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga aromanya sangat menggoda dan membuat perut cepat lapar. Apalagi, disajikan bersma nasi yang masih hangat plus sambal dan lalapan segar. Makanan yang satu ini menjadi salah satu pilihan wisata kuliner favorit bagi para traveler yang singgah ke Madura.

2. Kaldu Kokot

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
merdeka.com

Kuliner khas Madura yang kedua adalah kaldu kokot. Biasanya, para wisatawan yang datang ke sana, akan diajak untuk mencicipi makanan yang satu ini, loh. Apa sih kaldu kokot itu? Kuliner berikut ini terdiri dari sop kacang hijau yang dipadukan dengan kikil atau daging sapi yang disiram dengan kuah bening. Perpaduan bahan-bahan tersebut menciptakan rasa gurih sekaligus manis. Bagi kalian yang belum pernah mecicipi kaldu kokot, mungkin akan sedikit terkejut dengan cita rasa yang dihasilkan. Meski begitu, kaldu kokot terkenal enak dan unik, loh.

3. Lorjuk

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
indonesia.go.id

Siapa yang suka makan kerang? Saat bertandang ke Madura, kamu wajib banget mencicipi olahan kerang yang satu ini. Lorjuk merupakan olahan kernag bumbu yang khas karena bentunya yang memanjang. Kuliner khas ini bisa diolah menjadi beragam makanan lezat, seperti tumis lorjuk, lorjuk goreng, hingga camilan seperti rangginang lorjuk, tinggal kamu pilih saja mau yang mana. Dengan rasa yang terkenal gurih, rasanya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

4. Soto Madura

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
review.bukalapak.com

Selain sate, Madura juga memiliki soto khas, loh. Kuliner yang satu ini juga cukup terkenal di sana. Soto Madura ini biasanya kuahnya menggunakan bahan kemiri, sehingga warnanya kuning keruh dengan aroma yang cukup khas. Sama seperti soto pada umumnya, bahan yang digunakan adalah ayam, dan dipadukan dengan bumbu lainnya. Agar lebih terasa nikmat, kamu bisa menyantapnya bersama nasi hangat ditambah taburan bawang goreng juga kentang goreng dengan irisan tipis.

5. Nasi Serpang

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
goodnewsfromindonesia.id

Mungkin belum banyak yang tahu dengan kuliner yang satu ini. Jika dilihat selintas memang hampir mirip dengan nasi campur pada umumnya. Namun yang membedakan adalah campuran lauk pauk dan kuah yang digunakan. Nasi serpang sendiri terdiri dari nasi hangat, kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, kerupuk kulit yang dicampur dengan kuah santan, rempeyek, kacang, hingga sambal terasi. Cukup banyak, kan? Biasanya nasi serpang ini dibungkus menggunakan daun pisang. Kuliner khas ini bisa kamu temukan di kawasan Bangkalan.

6. Rujak Corek

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
cookpad.id

Siang hari memang paling enak menyantap rujak. Biasanya rujak apa yang paling kamu suka? Berbicara mengenai rujak, Madura juga memiliki rujak khas, dengan nama yang unik, yakni rujak corek. Nama tersebut diambil berdasarkan cara membuatnya. Bahan utamanya adalah mentimun. Sebelum diolah, mentimun akan dicuci terlebih dahulu hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya.

Bagian dalamnya yang lembut kemudian ‘dicorek’ atau dengan istilah lain dikeruk, kemudian dicampur dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek. Setelah bahan tersebut tercampur rata, kemudian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam mentimun yang telah dikeruk dalamnya. Sedangkan cara mengkonsumsinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput kuah yang ada di dalam mentimun.

7. Sate Laler

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
wisatamadura.or.id

Sate laler? Mungkin kamu akan berpikir bahwa sate ini berbahan dasar laler, meskipun namanya cukup nyeleneh, tapi tenang saja, sate ini terbuat dari daging sapi yang memang sengaja dipotong kecil-kecil. Seperti sate pada umumnya, sate ini juga disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuliner satu ini cukup terkenal di Madura, loh. Jika kamu suka dengan makanan yang harganya pas di kantong, mungkin akan cocok dengan makanan khas Madura yang satu ini.

8. Tajin Sobih

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
foodnesia.net

Makanan khas Madura berikutnya adalah tajin sobih, makanan ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur sumsum, namun yang membedakan adalah cara penyajiannya. Dalam satu porsi tajin sobih ini, terdiri dari campuran bubur mutiara, bubur sumsum, beberapa olahan tepung kanjur lainnya, dan lupir. Campuran tersebut kemudian disiram dengan kuah gula merah kental dan disadjikan menggunakan daun pisang. Biasanya, tajin sobih ini dijadikan sebagai makanan penutup.

9. Soto Mata Sapi

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
pulaumadura.com

Bukan hanya soto Madura saja, ada pula soto mata sapi yang tak kalah lezat untuk kamu cicipi. Kuliner khas Madura ini cukup unik, loh. Sebab, salah satu bahan yang digunakan adalah mata sapid an tulang sapi. Kemudian diolah dengan berbagai bumbu pelengkap bersama irisan daging sapi, kuliner khas Madura ini bisa jadi pendamping lezat untuk menyantap sepiring nasi hangat.

10 Sate Madura

10 Makanan Khas Madura yang Terkenal Enaknya
sajiansedap.grid.id

Nah, berbicara masalah makanan khas Madura, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi sate Madura. Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal di berbagai tempat di luar Madura, namun jika kamu mencicipinya langsung di Madura, tentunya akan memberikanmu pengalaman yang berbeda. Berbahan dasar daging ayam atau kambing, sate ini terkenal akan siraman saus kacangnya yang gurih. Ditambah lezatnya daging yang telah dibakar dengan bumbu sehingga aromanya semakin nikmat, tentu sulit untuk menolak kelezatan dari Sate Madura.

Baca Juga: 10 Kuliner yang Cocok Disantap Bersama Ketupat

Dengan berbagai cita rasa unik dari beragam kuliner khas Madura tersebut, Madura menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang menarik saat kamu tengah berada di Jawa Timur. Lalu, kuliner khas Madura mana yang paling membuatmu penasaran? Tulis di kolom komentar, ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.