7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Kamu yang Masih Bingung Soal Minat dan Bakat

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Kamu yang Masih Bingung Soal Minat dan Bakat
blog.ruangguru.com

Seruni.id – Bagi sebagian orang, memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Mungkin kamu salah satunya. Apalagi, jika kamu belum mengenal dirimu sendiri dan masih bertanya-tanya ‘Apa minat saya?’ atau ‘Apa pakat yang saya miliki?”. Meski hanya menjadi salah satu tahap dalam kehidupan, namun jika salah memilih jurusan, akan berdampak pada tahun-tahun berikutnya.

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Kamu yang Masih Bingung Soal Minat dan Bakat
uho.ac.id

Jangan sampai, karena salah memilih jurusan, kamu jadi berhenti di tengah jalan. Tapi tenang saja, kamu tidak sendirian, kok. Banyak juga orang yang sedang menghadapi dilema seperti ini. Untuk menghindari dilema tersebut, kamu harus bisa mempertimbangkan beberapa rumus berikut ini.

1. Membuat Daftar

Selama menjalani masa pendidikan 12 tahun, kamu tentu sudah banyak bergaul ke sana ke mari, yang membuatmu memiliki potensi dibidang tertentu. Namun, mungkin saja dirimu terlalu mengabaikannya dan tak mengeksplornya, maka hal tersebut jadi terutupi. Untuk itu, kamu bisa membuat sebuah daftar, yang berisi tentang kegiatan apa saja yang pernah kamu coba selama ini. Buatlah tiga kolom berisi kegiatan, ketertarikan, serta kemampuan. Nah, dari beberapa yang dicentang, pilihanmu bisa lebih mengerucut. Hal ini juga berlaku unutk mata pelajaran selama sekolah. Meskipun belum begitu spesifik, setidaknya cara ini dapat membantumu.

2. Buat List Jurusan yang Kamu Minati

Setelah membuat daftar apa yang menjadi minatmu, inilah saatnya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu. Cobalah membuat dafatar beberapa jurusan yang paling mendekati. Kemudian, kamu bisa mencoret satu per sat jurusan yang sekiranya tidak sesuai dengan dirimu. Dan tentunya akan terisa jurusan yang kemungkinan akan menjadi pilihanmu. Jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai jurusan serta universitas yang kamu inginkan, agar kamu lebih mantap lagi dalam memilih.

3. Lakukan Riset

Mengingat dunia ini rasanya sangat dinamis, sehingga berbagai bentuk perubahan mungkin saja terjadi. Hal ini juga memengaruhi bidang pekerjaan. Sebab, bisa saja, lima tahun yang akan datang, beberapa pekerjaan mulai ditinggalkan, dan digantikan dengan pekerjaan baru yang lebih relevan. Meskipun jurusan kuliah tidak sepenuhnya berpengaruh pada karier, namun kamu juga perlu mempertimbangkan peluangnya. Bagaimana caranya untuk melihat peluang tersebut? Caranya bisa dengan melihat alumni dari jurusan yang ingin kamu jadikan kandidat pilihan.

4. Ketahui Hal yang Kamu Kusai dari Nilai atau Prestasi

Penting sekali untuk mengetahui hal apa yang kamu kuasai saat duduk di bangku sekolah. Coba cek kembali nilai-nilaimu, seperti mata pelajaran apa yang selalu mendapatkan nilai paling baik. Dari sinilah, kamu bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Atau kamu bisa mencoba alternatif lain, yakni dengan melihat prestasi yang berhasil kamu raih di bidang lain selain pelajaran di sekolah. Contohnya, kamu memiliki skill dalam hal mendesain baju, maka kamu bisa mengambil jurusan yang berkaitan erat dengan bakatmu.

5. Berkonsultan dengan Orang yang Berpengalaman

Jika kamu masih bingung dalam menentukan jurusan, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman. Entah itu kakakmu, guru di sekolah, atau bahkan orangtuamu sendiri. Sebab, biasanya tanpa disadari, orangtua lebih mengetahui dirimu dibandingkan dengan kamu sendiri. Maka, jangan sungkan untuk meminta pendapat serta arahan agar kamu semakin mantap menentukan pilihan. Pasalnya, kuliah berbeda dengan kamu sekolah dulu. Waktu yang terkuras pun lebih banyak, apalagi dengan intensitas mata kuliah yang dipadatkan yang sesuai dengan jurusan. Jika kamu sama sekali tidak berminat, maka mustahil kamu akan mendapatkan peluang yang diharapkan.

6. Pertimbangkan Masalah Biaya

Ketika memilih jurusan kuliah, masalah biaya tak luput dari pertimbangan. Misalnya, kamu memilih untuk menempuh pendidikan di luar kota domisili sekarang, pastinya biaya yang dibutuhkan pun akan lebih banyak. Mulai biaya untuk sewa kos, hingga kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, jangan sampai biaya menjadi hambatan untuk melanjutkan pendidikan di universitas dan jurusan yang kamu impian. Kamu bisa kok kuliah sambil kerja sampingan atau mencari beasiswa untuk meringankan biaya kuliah

7. Jangan Mudah Menyerah

Jika kamu sudah yakin dengan jurusan yang kamu pilih, langkah berikutnya adalah melakukan segala persiapannya semaksimal mungkin dan bertemput di SBMPTN. Kalau hasilnya tidak seperti yang kamu harapakan, jangan langsung berkecil hati, ya. Karena masih ada jalur lain yang bisa kamu coba. Masih ada kesempatan, loh, untuk mencoba jalur mandiri atau mendaftar di universitas swasta.

Baca Juga: Ingin Dapatkan Beasiswa S1 dan S2 di Luar Negeri? Ini Caranya!

Itulah beberapa rumusan penting yang bisa kamu terapkan ketika bingung memilih jurusan kuliah. Namun, ada baiknya mulailah belajar untuk mengenali diri sendiri, ya. Sebab, hal ini tidak hanya berguna untuk masa sekarang saja, namun juga akan membuatmu lebih mantap dalam mengambil setiap keputusan di kehidupan nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.