10 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh
klikdokter.com

Seruni.idRebung adalah tunas muda yang berasal dari akar bambu dan biasa dikonsumsi masyrakat sebagai bahan makanan. Salah satunya sebagai isian lumpia. Selain enak, ternyata manfaat rebung sangat luar biasa, loh. Di daerah Jawa, rebung kering biasanya dikenal dengan nama klingking. Sebelum dimasak, rebung kering harus dicuci sampai bersih dan direbus terlebih dahulu.

10 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh
sehatq.com

Menurut penelitian, rebung mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, serta kandungan lemaknya yang rendah. Tunas bambu yang masih segar memiliki sejumlah besar vitamin A, B6, C, E, serta kalsium, kalium. niasin, zat besi. folat, tembaga, seng, selenium, mangan, magnesium, fsfor, dan tiamin.

Selain itu, rebung juga mengandung phytochemical sepeti lignan dan asam fenolik yang memiliki efek anti-kanker, anti-bakteri dan anti-inflamasi. Lalu, apa saja sih manfaat rebung untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan tubuh harus selalu dijaga, agar segala aktivitas bisa berjalan dengan baik. Terutama kita harus menjaga kesehatan jantung. Dan untuk menjaganya, kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang, loh. Cara mudahnya adalah dengan rajin mengonsumsi rebung. Sebab, rebung memiliki kandungan fitonuterien dan pitosterol yang mampu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sehingga, kolesterol dapat terkontrol dan membantu porses kerja jantung agar dapat berjalan dengan baik.

2. Malancarkan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasimu sedang tidak lancar? Jangan khawatir, untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengonsumsi rebung. Beberapa study menyebutkan, bahwa rebung dipercaya dapat melancarkan siklus menstruasi. Jadi, konsumsilah rebung secara rutin. Agar tidak bosan, tentunya rebung dimasak dengan olahan yang berbeda-beda. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar. Selain melancarkan, dengan mengonsumsi rebung juga akan meringankan nyeri akibat menstruasi di hari pertama.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang berlebihan dapat mengeraskan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah dan oksigen ke jantung. Selain itu, tekanan darah yang meningkat dan aliran darah yang berkurang dapat menyebabkan beberapa kondisi fatal salah satunya nyeri dada atau sering disebtu angina. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, jangan ragu untuk memanfaatkan rebung. Karena rebung diketahui mengandung banyak kalium. Kalium tersebut dapat bertindak sebagai elektrolit, dan sangat baik untuk menurunkan serta menjaga tekanan darah.

4. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat dan bersih akan menyerap nutrisi dengan maksimal. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaganya. Para ahli meyakini, bahwa dengan mengonsumsi rebung secara teratur, akan membuat sistem pencernaan selalu sehat. Bahkan, beberapa masalah pencernaan pun dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi rebung. Salah satu masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan rebung adalah cacingan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik akan emncegah kita dari berbagai macam penyakit. Untuk dapat meningkatkannya, sangat disarankan untuk mengonsumsi makan makanan yang sehat, salah satunya adalah rebung. Menurut para peneliti, nutrisi yang terkandung di dalam rebung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung di dalamnya pun dipercara bisa memaksimalkan kesehatan seseorang.

6. Mencegah Sembelit

Ketika sistem pencernaanmu tidak lancar, tentunya akan menganggu segala aktivitas yang kamu jalani. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran yang memiliki banyak serat dan rebung adalah salah satunya. Maka dari itu, jika tidak ingin pencernaanmu terganggu, konsumsilah rebung agar sistem pencernaanmu kembali lancar.

7. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih bikin kamu kurang percaya diri? Tenang saja, kamu bisa menurunkannya dengan sangat mudah, loh. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal namun tidak terkenda efek samping apapun, solusi tepatnya adalah dengan mengonsumsi rebung. Hal ini diakrenakan, rebung sangat rendak lemak namun tetap kaya akan karbohidrat dan kalori, sehingga berat badanmu akan turun dengan cepat dan tubuhmu akan tetap sehat.

8. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat rebung berikutnya dapat digunakan dalam mengatasi penyakit batu ginjal. Rebung bambu kuning bisa dijadikan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi batu ginjal. Berbeda dengan obat-obatan, megngonsumsi rebung bambu kuning akan membuatmu terhindari dari efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

9. Merangsang Nafsu Makan

Kadar zat selulosa yang terkandung di dalam rebung sangat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Jadi, ketika nafsu makanmu sedang berkurang, kamu bisa mengonsumsi rebung untuk merangsang nafsu maknamu. Rasa dan tekstur rebung yang cukup unik ini, bisa kamu jadikan sebagai makanan pembuka.

10. Mencegah Gangguan Pernafasan

Manfaat rebung selanjutnya yakni dapat meredakan masalah pernafasan. Secara tradisional, air rebusan rebung yang dicampur dengan madu dipercaya dapat meredakan gangguan pernafasan. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan manfaat ini secara ilmiah. Sehingga, kamu perlu berhati-hati.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Sunda Paling Enak dan Jadi Favorit Banyak Orang

Meski rebung sering dijauhi karena aromanya yang khas, namun ternyata makanan ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Kita bisa masak sayur rebung atau lumpia isi rebung di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.