10 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan
grid.id

Seruni.id – Kamu termasuk penggemar ubi ungu? Kalau iya, kamu adalah orang yang beruntung, karena bisa merasakan manfaat ubi ungu untuk kesehatan. Apalagi, ubi ungu dikenal kaya akan antioksidan. Bukan hanya itu, makanan jenis umbi-umbian ini juga memiliki rasa yang manis serta aroma yang wangi.

 

10 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan
grid.id

Membahas soal nutrisi, ubi ungu tak kalah dengan jenis umbi-umbian lainnya. Nutrisi serta mineralnya sangatlah baik untuk tubuh. Di antara nutrisi tersebut yakni sebagai berikut:

  • Besi: 4% dari DV
  • Kalori: 140
  • Kalium: 13,5%
  • Kalsium 2% dari DV
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 4 gram
  • Sodium: 0,83% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 40% dari DV
  • Vitamin A: 4% dari DV

Selain itu, ubi ungu juga kaya akan senyawa tanaman yang kuat dan antioksidan, termasuk anthocyanin, yang memberikan mereka warna ungu cerah. Menurut penelitian, bahwa anthocyanin dapat berperan dalam membantu mengurangi tekanan darah dan peradangan, serta melindungi terhadap kanker dan diabetes tipe 2. Terlebih lagi, ubi ungu kaya akan vitamin C, yang membantu menjaga sel-sel di dalam tubuh agar tetap sehat.

Manfaat Ubi Ungu

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Karena ubi ungu mengandung antioksidan dan vitamin C, sehingga tak heran kalau ubi ungu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga tubuh dari penyakit berbahaya. Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol. Perlu kamu ketahui, bahwa antosianin pada ubi ungu juga memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meningkatkan produksi sitokin yang mengatur respons imun. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya polifenol secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker dan penyakit kronis lainnya.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat ubi ungu berikutnya yakni dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena ubi ungu memiliki kandungan flavonoid, sehingga dapat menurunkan darah pada penderita diabetes tipe 2. Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati. Walaupun rasanya cukup manis, tapi ubi ungu cenderung memiliki indeks glikemik rendah. Artinya karbohidrat yang ada pada ubi ungu dipecah menjadi gula secara perlahan, menghasilkan pelepasan energi yang stabil alih-alih lonjakan gula darah.

3. Meredakan Peradangan

Di dalam ubi ungu terdapat sebuah zat yang bersifat anti-inflamasi. Hal ini karena ubi ungu dapat menurunkan produksi zat TNF-Alfa. Karena rendanya kadar TNF-Alfa, membuatnya mampu menghambat peradangan pada tubuh. Beberapa jenis peradangan mulai dari radang tenggorokan, radang sendi, dan lain sebagainya dapat diredakan melalui konsumsi ubi ungu yang rutin.

4. Mencegah Pembekuan Darah

Pembekuan darah bukanlah masalah yang sepele, tapi dapat berakibat fatal. Sebelum ini terjadi, tentunya kita harus segera mencegahnya. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi ubi ungu. Sebab, ubi ungu mengandung asam klorogenik. Dimana, zat ini dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dengan cara menekan proses pembentukan benang-benang fibrin sehingga mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah yang fatal.

5. Bantu Mengatasi Gejala Asma

Manfaat ubi ungu yang tak kalah hebatnya adalah dapat membantu mengatasi gejala asma. Ini dikarenakan ubi mengandug antioksidan serta vitamin A dan C yang baik. Kedua vitamin ini merupakan antioksidan yang membantu menurunkan risiko gejala asma. Sejumlah studi mengungkapkan orang yang menderita asma cenderung memiliki kadar vitamin A dan C yang rendah di dalam tubuhnya. Mengonsumsi ubi ungu bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini.

6. Menyehatkan Usus

Ubi ungu kaya akan karbohidrat kompleks, sehingga manfaat ubi ungu yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Terlebih, sebuah peneliatan tabung menunjukkan, bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri tersebut berperan penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama halnya seperti jenis umbi-umbian lainnya, karena kaya akan serat membuat ubi ungu sering dimanfaatkan bagi mereka yang sedang dalam program diet. Serat yang terkandung dalam ubi ungu sangat baik bagi pencernaan dan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dikaitkan dengan berat badan yang ideal. Konsumsi ubi ungu juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan yang memicu kenaikan berat badan.

8. Menyehatkan Jantung

Ubi ungu mengandung serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B yang membantu mengendalikan peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Konsumsi ubi ungu dapat membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi, arteriosklerosis, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

9. Mencegah Kanker

Manfaat ubi ungu selanjutnya, yakni dapat mencegah kanker. Menurut penelitian, antosianin pada ubi ungu dapat mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis kanker karena efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi. Hal ini telah terbukti dalam percobaan penelitian in vitro dan in vivo pada manusia dan hewan. Studi menunjukkan bahwa anthocyanin memiliki kemampuan untuk melawan kanker secara alami dengan menghalangi proliferasi sel dan menghambat pembentukan tumor dengan mengganggu proses karsinogenesis.

10. Mencegah Penuaan Dini

Beragam masalah penuaan dini seperti keriput, flek hitam, bintik hitam, hingga garis halus, sangat tidak diinginkan oleh banyak orang, terutama wanita. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin ternyata dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini, loh. Sebab, ubi ungu mengandung antioksidan yang tak hanya baik untuk imunitas tubuh, melainkan juga mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini tersebut. Antosianin dalam ubi ungu juga mampu memperlambat menuanya sel-sel tubuh secara keseluruhan. Konsumsilah ubi ungu secara rutin agar tampilanmu tampak selalu awet muda.

Baca Juga: 8 Resep Cemilan Berbahan Dasar Ubi, Enak dan Bikin Kenyang

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat ubi ungu untuk kesehatan ini?

  • Bagikan
seruni.id