5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan

  • Bagikan
5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
hipwee.com

Seruni.id – Kamu sudah tahu bahwa ada beberapa jenis minuman yang dapat melunturkan lemak? Terlebih, minuman ini bisa kamu konsumsi setelah makan gorengan, loh. Yuk, lihat daftar minumannya berikut ini:

Segala jenis makanan yang digoreng, rasanya sulit sekali untuk ditolak. Meskipun, kita tahu, bahwa makanan yang digoreng kurang sehat. Namun, tetap saja susah untuk meninggalkan makanan renyah dengan rasa gurih ini. Apakah kamu salah satu yang sangat menyukai gorengan? Jika iya, kamu harus memiliki siasat agar makanan tersebut tidak berdampak pada kesehatan di kemudian hari. Di bawah ini adalah beberapa jenis minuman yang dapat melunturkan lemak setelah makan gorengan.

1. Teh Hijau

5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
republika.co.id

Minuman yang dapat melunturkan lemak yang pertama adalah teh hijau. Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak. Jadi, cocok banget nih buat kamu yang suka sekali mengonsumsi gorengan, agar tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh.

2. Air Lemon Hangat

5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
food.detik.com

Minuman yang dapat melunturkan lemak yang kedua adalah air lemon yang dilarutkan bersama air hangat. Cara membuatnya sangatlah mudah, cukup peras sari buah lemon dan campurkan dengan air putih hangat. Selama ini, air lemon dianggap sebagai salah satu minuman detoks, karena kemampuannya yang dapat menurunkan berat badan dan membersihkan tubuh dari racun. Bonusnya lagi, kamu juga mendapatkan asupan vitamin C sehingga tubuh tak mudah sakit.

3. Air Putih Hangat

5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
genpi.co

Kalau kamu kurang suka dengan cita rasa teh hijau atau asam lemon, tenang saja, ada minuman yang dapat melunturkan lemak lainnya yang bisa kamu pilih, yakni air putih hangat tanpa campuran apa pun. Kamu bisa mengonsumsi air hangat setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan. Air hangat dipercaya bisa membantu mengaktifkan sistem pencernaan dan memecah lemak, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, minum banyak air hangat juga mampu mencegah dehidrasi. Ini membuat usus tidak akan menyerap air dari makanan tersebut (gorengan), sehingga risiko sembelit atau susah BAB dapat dihindari.

4. Teh Jahe

5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
health.kompas.com

Minuman yang dapat melunturkan lemak keempat ada teh jahe. Dalam Annals of New York Academy of Science, jahe mampu mencegah terjadinya obesitas atau berat badan berlebih dan menurunkan kolesterol setelah kamu mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis alias penumpukan lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi salah satu risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Air Kelapa

5 Jenis Minuman yang Dapat Melunturkan Lemak Setelah Makan Gorengan
halodoc.com

Air kelapa dikenal dapat menjaga metabolisme tubuh. Sebab, minuman ini dapat mempengaruhi kadar leptin yang merupakan hormone pengatur berat badan, metabolisme, dan reproduksi. Jadi, ketika kamu mengonsumsi air kelapa setelah makan gorengan dalam jumlah banyak, hal ini dapat membantu melunturkan lemak agar nggak menumpuk di perut.

Itulah lima jenis minuman yang dapat melunturkan lemak setelah makan gorengan. Minuman di atas memang wajib kamu ketahui. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting, yakni aktivitas fisik. Berdasarkan penuturan dr. Devia, kamu sebaiknya tidak langsung rebahan setelah makan banyak gorengan.

“Setelah makan banyak seperti itu, akan lebih baik jika Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai. Intinya, jangan langsung tiduran, karena hal tersebut justru bisa menimbulkan penyakit lain seperti GERD,” tutur dr. Devia.

Baca Juga: 8 Gerakan yang Dapat Menghilangkan Lemak di Lengan

Tidak cukup dengan itu, kamu yang telah mengonsumsi banyak gorengan juga mesti menghindari makanan berlemak di waktu makan berikutnya. Jika perut masih terasa penuh, tak perlu memaksakan diri untuk makan dalam porsi biasa. Istirahatkan perut sejenak, agar kamu tidak mual.

  • Bagikan
seruni.id