10 Tanda Kamu Telah Menemukan Sahabat Sejati

10 Tanda Kamu Telah Menemukan Sahabat Sejati
beautynesia.id

Seruni.id – Memiliki sahabat sejati menjadi impian banyak orang. Mereka akan selalu setia menemani, entah dalam keadaan suka maupun duka, termasuk di saat-saat terburuk dalam hidup. Namun, untuk menemukan sahabat yang benar-benar dapat menerima, tidaklah mudah.

10 Tanda Kamu Telah Menemukan Sahabat Sejati
beautynesia.id

Meski demikian, berusahalah untuk menjadikan dirimu sendiri sebagai teman sejati bagi orang-orang di sekelilingmu. Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi bukti bahwa kamu telah menemukan sahabat sejati.

1. Saling Terbuka

Saling terbuka merupakan salah satu ciri-ciri teman nyaman dengan kita, pun sebaliknya. Ketika kamu telah menemukan sahabat sejati, maka kamu pasti akan bersikap terbuka denganya. Tak ada lagi perasaan sungkan untuk bercerita, tentang apa pun itu. Kalian berdua saling jujur dan dapat memahami satu sama lain. Seolah-olah seperti tidak ada lagi rahasia antar kalian berdua.

2. Selalu Jujur Padamu

Tanda sahabat sejati berikutnya, ia akan selalu jujur padamu. Dalam sebuah hubungan pertemanan, komunikasi yang jujus memang diperlukan, bahkan menjadi kunci utama untuk meningkatkan kepercayaan masing-masing. Tidak adanya kebohongan di antara kalian akan membuat semakin menyenangkan dan menenangkannya persahabatan kalian.

3. Menegur di Belakang dan Membela di Depan

Ini merupakan salah satu sifat teman yang baik, yakni menegurmu ketika kamu melakukan kesalahan. Biasanya mereka tidak akan menegurmu di depan banyak orang. Tetapi, mereka akan menegur ketika hanya berdua denganmu saja. Karena mereka tahu, menegur kesalahan seseorang di muka umum hanya akan mempermalukan keduanya. Sahabat sejati biasanya tidak hanya menegur saja, tapi juga tak segan untuk membelamu, loh.

4. Dapat Menjaga Rahasia

Kamu sering dong cerita tentang apa pun dengan sahabatmu? Kalau temanmu itu adalah sahabat sejati, biasanya ia akan berusaha untuk menyimpan rapat-rapat rahasiamu dengan baik. Ia tidak akan menjadi orang yang begitu mudah mengumbar-umbar rahasiamu kepada teman-teman lain atau orang terdekatnya sekalipun.

5. Selalu Berusaha Meluangkan Waktunya

Sepadat apa pun aktivitasnya, yang namanya sahabat sejati pasti akan selalu ada dan selalu meluangkan waktunya. Sekali pun hanya melalui sambungan telepon. Jika sahabatmu melakukan hal tersebut, maka ia patut disebut sebagai sahabat yang baik untukmu.

6. Menginginkan yang Terbaik untukmu

Bukan hanya keluarga, sahabat sejati juga termasuk orang yang selalu menginginkan yang tebaik untuk sahabatnya. Ia tak segan-segan untuk membantumu, memberi semangat, serta motivasi. Ketika kamu berhasil dalam mencapai yang kamu impikan, maka sahabat sejati termasuk orang yang sama-sama ikut bahagia atas keberhasilanmu.

7. Menerima Bagaimanapun Dirimu

Salah satu ciri sahabat sejati adalah mereka yang akan selalu menerima dirimu dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Bahkan, ia tak melihat dari segi latar belakangmu. Selain itu, ia juga tidak akan mudah langsung menghakimi ketika kamu dalam suatu kesalahan. Justru ia akan berusaha memberi saran atau nasihat yang baik, mendampingimu, dan mendorongmu ke arah yang lebih baik.

8. Merasa Nyaman Membahas Apa Saja

Sahabat sejati biasanya juga akan merasa nyaman untuk membahas apa saja. Termasuk hal yang sebelumnya tidak pernah diceritakan pada orang lain. Baik dirimu atau dirinya dapat menceritakan apa pun yang mungkin sulit dipahami orang lain, entah itu hal baik atau buruk sekali pun.

9. Selalu Berusaha Menyelesaikan Masalah

Ketika kamu memiliki pasangan, dan kamu sedang diterpa masalah denganya, hal yang akan kamu lakukan adalah menyelesaikan masalah tersebut, kan? Tidak peduli berapa kali kamu bermasalah dengannya, kamu akan selalu berusaha menyelesaikannya. Jika punya masalah sepuluh kali, maka sepuluh kali pula kamu mencoba menyelesaikannya.

Nah, hal ini juga patut dilakukan dalam hubungan persahabatan. Setiap kali ada masalah, kalian harus bisa menyelesaikannya, jangan biarkan hubungan kalian menjadi hancur. Bukan diam saja sambil berharap masalahnya akan hilang dengan sendirinya. Dengan selalu berusaha menyelesaikan masalah, sahabatmu akan tahu bahwa kamu menganggap hubunganmu dengannya sangat berharga.

10. Selalu Menjaga Komunikasi

Selalu menjaga komunikasi penting sekali dalam sebuah hubungan, termasuk hubungan persahabatan. Tidak harus selalu intens, tapi penting berkomunikasilah secara teratur. Sekali pun obrolan remeh atau sakadar bercanda receh, juga bisa merekatkan hubungan, loh. Usahakan untuk sesekali berbincang serius dari hati ke hati.

Komunikasi khususnya penting ketika sahabatmu sedang menghadapi masalah berat. Kamu pasti berharap mendapat perhatian dari sahabat jika sedang berada dalam situasi seperti itu, maka kamu perlu melakukan hal yang sama. Kalaupun tidak bisa berkomunikasi tatap muka, sekadar chat memberi semangat juga bisa sangat bermakna baginya.

Baca Juga: Indahnya Persahabatan 12 Artis Beda Agama ini Bukti Toleransi di Negara Kita Masih Tinggi

Itulah beberapa tanda bahwa kamu telah menemukan sahabat sejati. Apakah tanda di atas ada pada dirimu atau sahabatmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.