10 Tanda Sifat Egois yang Mungkin ada Dalam Dirimu

10 Tanda Sifat Egois yang Mungkin ada Dalam Dirimu

Seruni.id – Mungkin hal ini terdengar ironi, tapi benar adanya. Orang dengan sifat egois bisanya tidak pernah sadar bahwa mereka itu egois. Sebab, mereka hanya berasumai bahwa sifat mereka itu baik karena peduli dengan kebahagiaan dirinya.

10 Tanda Sifat Egois yang Mungkin ada Dalam Dirimu

Biasanya, dalam perjalanan menemukan kebahagiaan, orang egois sering tidak peduli dengan orang lain dan sengaja melakukan apa pun demi kebahagiaannya. Namun, sebenarnya, apa sih sifat egois itu dan apa penyebab sifat egois?

Pengertian Sifat Egois

Sifat egois adalah sifat yang ingin menang sendiri. Egois ini berasal dari kata ego, dalam bahasa Yunani ego memiliki arti “Aku”. Sehingga orang egois adalah mereka yang mementingkan dirinya sendiri, mementingkan akunya.

Kenapa Sifat Egois Bisa Tumbuh?

Ada banyak alasan kenapa seseorang memiliki sifat mementingkan dirinya sendiri. Bisa jadi, ia tak ingin terluka untuk kedua kalinya. Kita tidak pernah tahu apa yang membuatnya mendapatkan luka itu di hatinya, bisa saja berasal dari keluarga, teman, pasangan, atau hal lainnya. Atau ia tak ingin jika kebaikannya hanya dimanfaatkan oleh orang lain. Sebab, tak sedikit kebaikan yang kerap disalahgunakan oleh sebagian orang.

Namun, dengan berbagai alasan apa pun, sifat egois tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ada banyak ciri-ciri orang egois menurut islam, yang Allah pun tidak membenarkan jika hambanya memiliki sifat tersebut. Orang egois mirip dengan orang yang takabur alias sombong dan angkuh. Akibatnya, sifat ini banyak menimbulkan bahaya, seperti merusak tali persaudaraan, memutuskan hubungan silaturahim dengan sesama, dijauhi orang dan teman-teman, menimbulkan kebencian, dan berdosa.

Tanda Orang Egois

Untuk mengantisipasinya, mari cek beberapa tanda orang egois yang mungkin saja ada pada dirimu atau orang sekitar.

1. Merasa Tidak Perlu Minta Maaf Ketika Berbuat Salah

Ciri-ciri orang egois dan keras kepala yang pertama yakni, biasanya ia akan sangat gengsi untuk meminta maaf, sekali pun ia terbukti telah berbuat salah. Mereka adalah manipulator yang hebat. Jadi, jangan berharap orang tersebut mengenali kesalahannya dan meminta maaf. Dengan kata lain, orang dengan sifat egois selalu beranggapan semua yang dilakukannya adalah selalu benar dan merasa tidak perlu meminta maaf kepada siapapun.

2. Tidak Peduli dengan Orang Lain

Sudah bukan rahasia lagi, orang yang egois tidak peduli dan mengabaikan kebutuhan orang lain. Misalnya, jika ada seseorang yang mulai menyatakan emosinya misal kekecewaan atau kesedihannya, orang egois akan mulai memanupulasi emosi tersebut dan membuat mereka justru merasa bersalah atas perasaan tersebut.

3. Sering Mengeluh Tanpa Melakukan Pemecahan Masalah

Mustahil rasanya jika seseorang tidak memiliki masalah dalam hidupnya. Akan tetapi, hal tersebut jangan kamu jadikan sebagai alasan untuk selalu mengeluh. Jika kamu selalu mengeluh dan mengeluarkan keluh kesah yang ada di dalam hati, ini bisa menjadi pertanda salah satu orang yang egois. Di mana orang yang egois lebih sering mengeluh daripada melakukan pemecahan masalah atau membuat perubahan. Alhasil, keluhan pun akan terus berlangsung sepanjang hari.

4. Selalu Ingin Diutamakan Dalam Segala Hal

Ciri sifat egois berikutnya yakni selalu ingin menjadi nomor satu, menjadi yang istimewa, dan diprioritaskan. Jika dinomorduakan, mereka tak segan-segan untuk marah hingga memusuhimu. Jika dalam sebuah hubungan, orang egois selalu ingin menjadi pusat dari hubungan dan keinginannya harus terpenuhi. Dalam kehidupan bekerja, ketika ia ingin melakukan sesuatu, ia menginginkan semua orang mendukungnya.

5. Baik Karena Ada Maunya

Hati-hati jika ada teman jauh yang tiba-tiba datang dan baik kepada kamu. Bisa jadi, mereka hanya mencari sesuatu dari kamu untuk keuntungannya sendiri. Psiakiater Abigail menulis bahwa orang egois itu tidak benar-benar tertarik dengan seseorang, kecuali orang tersebut memiliki “kendaraan” untuk mencapai apa yang ia inginkan.

6. Sulit Berbagi dan Memberi

Kalau kamu ingin mengetahui sifat seseorang, apakah ia egois atau tidak. Coba tes mereka dengan cara meminta sesuatu yang ia miliki. Biasanya, berbagi dan memberi adalah hal yang sulit untuk mereka lakukan. Jika akhirnya memberi, biasanya orang egois akan meminta sesuatu sebagai gantinya. Dia tidak mau berkorban untuk orang lain.

7. Selalu Menyudutkan Masalahnya pada Orang Lain

Orang yang egois tidak pernah mempertanyakan diri mereka sendiri. Karena mereka lebih sering mengatakan dan menyudutkan masalahnya kepada orang lain. Ketika membuat kesalahan umumnya akan mencari alasan atau menghindar. Segala sesuatu yang ia salahkan adalah selalu pihak luar. Ini karena kamu hanya ingin mendapatkan penilaian baik di mata semua orang. Padahal salah satu bentuk tanggung jawab adalah bersedia mengakui saat berbuat salah dan berusaha memperbaikinya.

8. Suka Menilai Orang Lain Buruk

Tak sedikit orang yang tak ingin mendapatkan penilaian buruk dari orang lain, apalagi mereka yang memiliki sifat egois. Mereka selalu menilai orang lain itu buruk tanpa menyadari kepribadiannya. Mengutip dari Hackspirit, sifat orang yang egois tidak mudah untuk diperhatikan. Sebagian besar waktu, mereka cenderung menyembunyikan sisi gelapnya dengan sangat baik. Padahal persepsi yang negatif berlebihan tentang orang lain bisa menunjukkan bahwa ia punya sifat keras kepala dan tidak bahagia.

9. Jarang Menghargai Usaha dan Kerja Keras Orang Lain

Salah satu tanda sifat egois yang jarang sekali orang sadari adalah kurangnya penghargaan yang ia berikan atas usaha orang lain. Mereka dengan sifat egois merasa bahwa sudah sewajarnya orang lain melakukan usaha sekeras itu terhadapnya, karena ia pantas mendapatkan hal tersebut. Padahal bisa jadi orang lain terpaksa melakukan hal tersebut.

10. Tidak Bisa Menerima Kritikan

Dan yang terakhir, orang egois tidak bisa dan tidak mau menerima kritik dari orang lain. Ego besar mereka tidak dapat menerima bahwa kritik membangun adalah untuk kebaikan mereka sendiri. Mereka justru berpikir bahwa orang yang memberikan kritik sedang merendahkannya. Sungguh, sangat sulit bagi orang egois untuk menyadari bahwa mereka salah.

Baca Juga: Tips Menghadapi Laki-laki yang Egois

Nah, itulah 10 tanda-tanda orang egois. Kalau kamu bertemu dengan orang dengan sifat di atas, lebih baik segera tinggalkan, ya, atau jika kamu termasuk orang dengan tanda egois tersebut, belum terlambat kok untuk berubah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.