Ingin Renovasi Rumah Tapi Biaya Terbatas? Terapkan 8 Tips ini Yuk!

Ingin Renovasi Rumah Tapi Biaya Terbatas? Terapkan 8 Tips ini Yuk!

Seruni.id – Bosan dengan suasana rumah saat ini? Atau penataan rumahmu saudah ketinggalan zaman. Lantas, pernakah kamu berpikir untuk melakukan renovasi rumah? Mungkin inilah saat yang tepat untukmu melakukan renovasi rumah. Namun sayangnya, menata ulang rumah, memerlukan biaya yang tidak murah.

Ingin Renovasi Rumah Tapi Biaya Terbatas? Terapkan 8 Tips ini Yuk!

Tapi jangan jadikan hal tersebut penghalang untuk mewujudkan hunian impian melalui renovasi rumah. Sebab, pada artikel kali ini, Seruni ingin memberikan tips renovasi rumah hemat biaya. Simak ulasannya berikut ini, yuk.

1. Membuat Rincian Prioritas

Agar biaya renovasi rumah murah, hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah membuat rincian prioritas. Apa sih tujuannya? Hal ini bertujuan untuk mengalokasikan dana renovasi rumah kepada bagian-bagian yang penting terlebih dahulu. Usahakan jangan lari dari rincian prioritas yang dibuat, karena hanya akan membuat dana semakin membengkak.

Contoh, ketika ingin merombak bagian atap, ada keinginan untuk langsung membuat satu lantai lagi pada rumah. Tentunya, biaya yang dikeluarkan semakin besar, bahkan jauh lebih besar dari yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Catat juga semua bahan bangunan yang dibutuhkan dan masukkan ke dalam rincian prioritas Anda agar terencana dengan baik.

2. Melakukan Survei ke Toko Bangunan

Kepana sih kita harus melakukan survei sebelum renovasi rumah? Tujuannya tak lain agar biaya yang kamu miliki cukup dan tidak kurang dana. Cek segala bahan kebutuhan, mulai dari kualitas, kuantitas, ketersedian barang, hingga harganya. Buat catatan berbeda antara toko satu dengan toko lainnya agar lebih mudah saat membandingkannya. Seruni sarankan, carilah toko yang jaraknya tak jauh dari rumahmu, ya. Agar pengiriman barang dapat dilakukan dengan mudah dan proses pengerjaan renovasi rumah otomatis menjadi lebih cepat.

3. Membeli Bahan Material Bekas

Bahan material bekas memiliki harga yang jauh lebih murah daripada yang baru. Namun, kamu harus tetap mencari bahan yang kualitasnya masih bagus. Bahan material bekas terbagi menjadi dua kategori yaitu material reuse dan recycle. Contohnya, kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan kayu untuk atap. Sedangkan material recycle adalah material yang dapat didaur ulang seperti, batu bata, dan keramik. Kamu bisa mencari bahan-bahan bekas ini di toko-toko bahan bangunan. Ada pula beberapa toko online yang khusus menjual bahan bangungan bekas.

4. Membeli Bahan Bangunan Diskon

Untuk menekan biaya renovasi rumah minimalis agar tidak membengkak, cobalah mencari toko bangunan yang memberikan diskon alias potongan harga. Cara ini akan membuatmu lebih hemat biaya saat merenovasi rumah. Apalagi jika ingin membuatnya menjadi 2 lantai, itu berarti membutuhkan bahan material yang lebih banyak 2 kali lipat.

5. Hitung Semua Rencana Pengeluaran

Kalau kamu sudah memilih toko material yang cocok, kamu bisa menghitung semua pengeluaran yang diperlukan untuk renovasi rumah. Jangan sampai ada yang tertinggal saat menghitung dana yang kamu perlukan. Selain itu, buat juga rencana pengeluaran untuk membayar tenaga pekerja yang akan merenovasi rumahmu. Tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah hingga prosesnya selesai.

Dengan begitu, kamu dapat menentukan berapa gaji dan segala kebutuhan untuk pekerja, mulai dari biaya makan, kopi, dan lain-lain. Atau, jika tidak ingin repot memikirkan itu, kamu dapat menggunakan jasa kontraktor bangunan saat melakukan renovasi. Kamu bisa diuntungkan dari sisi kenyamanan proses pembangunan dan hasil. Hanya saja, harganya rata-rata akan lebih mahal dibandingkan menggunakan tenaga pekerja bangunan lepas.

6. Siapkan Dana Tak Terduga

Panduan renovasi rumah berikutnya yakni dengan menyiapkan dana tak terduga, yang suatu waktu akan kamu perlukan dalam proses tersebut. Dana ini berguna untuk mengganti barang-barang yang mungkin rusak saat digunakan, kurangnya semen atau pasir, dan lain sebagainya.

Sehingga, kamu tidak pusing lagi ketika memikirkan dana untuk mengganti semua kejadian di luar rencana tersebut. Hal yang perlu kamu ingat adalah tentukan semuanya di awal, jangan sampai ada yang terlewat. Perencanaan yang matang akan menentukan biaya dan hasil dari renovasi rumahmu.

7. Jangan Merenovasi Sekaligus

Kalau kamu hanya mempunyai dana yang terbatas, siasati dengan renovasi rumah satu per satu bagian rumah. Jangan sekaligus karena hanya akan membuat dana yang kamu keluarkan terkuras sekaligus. Renovasi sedikit demi sedikit, dengan itu desain rumah impianmu akan terwujudkan

8. Jangan Merenovasi Rumah Saat Musim Hujan

Nah, kalau yang ini sangat penting untuk kami ingat. Karena saat musim penghujan tiba, maka akan banyak menyita dan menunda pekerjaan sementara itu, kamu harus tetap membayar mereka. Usahakan memilih waktu yang cerah.

Baca Juga: Contoh Desain Rumah Minimalis 2020

Semoga beberapa tips di atas dapat menjadi solusi bagimu yang ingin renovasi rumah dengan budget yang minim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.