10 Tips Creambath di Rumah Agar Rambut Tetap Indah

10 Tips Creambath di Rumah Agar Rambut Tetap Indah
hellosehat.com

Seruni.id – Banyak wanita menjadikan creambath di salon sebagai rutinitas yang tak boleh dilewatkan. Namun, di saat seperti ini, di mana kita harus membatasi kegiatan di luar rumah, kegaiatan ‘nyalon’, tak lagi leluasa. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak merawat rambut, ya. Kamu masih bisa kok melakukannya di rumah termasuk creambath.

10 Tips Creambath di Rumah Agar Rambut Tetap Indah
hellosehat.com

Dengan adanya teknologi perawatan rambut, memungkinkan kita untuk creamtah ala salon meski di rumah. Kamu hanya perlu membeli krim creambath rambut yang tersedia di supermarket atau toko online. Nah, bagi kamu yang masih asing tentang creambath di rumah, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini, ya.

1. Kenali Jenis Rambut

Sebelum melakukan creambath di rumah, sebaiknya kenali lebih dulu jenis rambutmu, ya. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada jenis produk rambut yang nantinya akan digunakan. Kalau kamu masih bingung, cobalah bertanya pada hairstylist atau expert di salon.

2. Pilih Krim yang Tepat

Perlu kamu tahu, krim creambath memiliki jenis yang beragaram. Perbedaannya terletak dari bahan pembuatannya. Ada yang mengandung buah stroberi, gingseng, rumput laut, teh hijau, kopi, alpukat, jeruk, dan masih banyak yang lainnya.

Tapi kebanyakan memilih yang beraroma buah-buahan. Setiap krim juga memiliki fungsinya masing-masing. Seperti creambath alpukat dan stroberi yang bagus untuk rambut kering, lalu creambath ginseng yang bagus untuk rambut rontok, dan creambath mint yang dapat memberantas ketombe dengan baik.

Selain memilih krim yang tepat untuk creambath di rumah, pilih juga krim yang memang brand favoritmu. Sebab kamu akan creambath sendiri, jadi kamu bebas memilih krim yang diinginkan dan seberapa banyak yang kamu mau. Berbeda dengan creambath di salon yang krimnya terbatas.

3. Menggunting Kuku

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunting kuku, ya. Karena jika kukumu panjang dikhawatirkan akan melukai kulit kepalamu dan krim sulit dibersihkan ketika masuk ke kuku.

4. Keramas

Tak berbeda dengan creambath di salon, saat creambath di rumah pun kamu diharuskan untuk keramas lebih dulu. Karena jika tidak, krim yang akan kamu gunakan tidak akan meresap dengan baik. Kamu hanya perlu keramas saja tanpa perlu menggunakan conditioner setelahnya.

5. Keringkan Rambut

Jika sudah selesai keramas, alangkah lebih baik rambut dikeringkan dulu sebelum mengaplikasikan krim. Tapi ingat, ya, jangan sampai rambutmu kering total. Gunakan saja handuk kecil untuk menyerap aliran air yang berlebihan. Tekan-tekan rambutmu dan jangan menggosokkannya terlalu kencang karena dapat membuat rambut patah bahkan rontok.

6. Bagi Rambut

Sama halnya ketika kamu akan melakukan masker rambut atau pengecatan rambut, pasti rambut akan dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk rambut pendek cukup dibagi jadi dua bagian, sedangkan rambut panjang bisa dibagi jadi 4 – 6 bagian. Itulah cara creambath sendiri dengan benar. Jadi, jangan asal mengoleskan krimnya pada rambut, ya.

7. Mengaplikasikan Krim

Langkah selanjutnya seletah rambut dan kulit kepala bersih, oleskan krim pilihan secara merata dan menyeluruh. Sambil menikmati aroma krim favorit, selingi dengan memijat lembut kulit kepala yang membantu penyerapan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk hasil maksimal, bacalah dengan seksama instruksi pada kemasan produk. Karena ada panduan yang menyarankan untuk membungkus kepala dengan handuk hangat dan showercap, ada juga yang hanya didiamkan selama 5 menit dan langsung bilas.

8. Pijat Kepala

Selain untuk memperindah rambut, menghilangkan ketombe, dan menutrisi rambut, tujuan lain dari creambath adalah untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah kepala dan leher agar rambut jadi lebih kuat. Tapi, semua itu bisa kamu dapatkan kalau kamu memijat krim creambath dengan benar. Kalau kamu hanya asal mengoleskannya saja itu tidak cukup. Jangan lupa untuk menggulung rambut Anda ke atas (seperti membuat konde) setelah dipijat, ya.

9. Gunakan Handuk Panas

Kalau di salon biasanya rambutmu akan di steam menggunakan alat. Tapi, karena kamu melakukannya sendiri di rumah, belum tentu ada alat semacam itu tersedia. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan handuk panas. Siapkan air panas, lalu celupkan handuk kecil ke dalamnya. Peras handuk agar tak ada air yang menetes. Setelah itu, bungkus rambutmu dengan handuk tersebut selama 15-30 menit atau hingga panas dari handuk menghilang.

10. Bilas Rambut

Cara terakhir, yakni bilas rambut dengan air untuk membersihkan dari krim yang menempel. Krim dengan kualitas baik akan meninggalkan efek dan aroma bahkan setelah kita membilas bersih.

Baca Juga: Bolehkah Wanita Muslimah Ke Salon Kecantikan?

Setelah mengetahui tips creambath di rumah, tidak ada lagi alasan untuk menunda perawatan rambut. Momen ini juga bisa jadi me time karena memberi efek relaks pada pikiran, tubuh, dan rambut tentunya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.