11 Cara Mengatasi Suasana Hati yang Kacau dengan Cepat

10 Cara Mengatasi Suasana Hati yang Kacau dengan Cepat
hellosehat.com

Seruni.id – Suasana hati tak melulu baik setiap harinya. Apalagi, jika seseorang dilanda masalah dalam kehidupannya. Di saat suasana hati yang kacau, kita bisa saja berubah menjadi orang yang sangat menyebalkan. Mulai dari eskpresi wajah yang muram, sampai marah-marah tanpa alasan.

10 Cara Mengatasi Suasana Hati yang Kacau dengan Cepat
grid.id

Mungkin saja hal tersebut terjadi di luar kendali, atau bahkan karena diri kita yang tidak bisa mengendalikannya. Untuk mengatasi hal ini, Seruni akan memberikan cara ampuh untuk memperbaiki suasana hati yang kacau menjadi lebih tenang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Ketika suasana hati sedang tidak jelas, kamu bisa melakukan hal apapun yang kamu suka untuk memperbaikinya. Sebab, pada teorinya, melakukan sesutau yang kita sukai, dapat menurunkan stres dan mengalihkan perhatian dari segala yang membuat suasana hati memburuk. Ingat ya, hanya kamulah yang tahu apa yang benar-benar kamu sukai dan bisa membuatmu bahagia.

2. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap orang tentu membutuhkan waktu dan momen personal untuk dirinya. Hal ini bertujuan untuk menenangkan pikiran sebagai bentuk meditasi tanpa ada orang lain yang menganggu. Lakukan berbagai hal positif dan menyenangkan saat sendiri dapat mengembalikan mood menjadi lebih baik.

3. Buat Dirimu Tertawa

Saat suasana hati sedang kacau, mungkin sulit sekali untuk tertawa. Namun ternyata, tertawa dapat mengubah gejolak kimiawi di tubuh dan menghilangkan perasaan negatid seperti depresi dan kemarahan. Sebenarnya banyak hal yang dapat membuatmu tertawa, seperti berbincang-bincang dengan teman yang jenaka, menonton acara televisi atau video YouTube yang lucu, atau bahkan mengingat kembali kejadian lucu dalam hidupmu.

4. Peka Terhadap Hal yang Dapat Menganggu

Penting sekali untuk mengetahui momen seperti apa yang membuat dirimu menjadi badmodd. Sehingga, dapat menghindari hal atau momen tersebut untuk menjaga suasana hati agar tetap baik. Oleh sebab itu, untuk menghindari bertemu dengan momen yang tak terduga, sebaiknya lakukanlah berbagai aktivitas yang menyenangkan, bisa dengan olahrag, meditasi, atau mendengarkan musik.

5. Bersikap Baik

Bersikap dengan tenang dan ramah sepanjang hari dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hubungan dengan orang-orang di sekitar. Lakukanlah hal baik secara konsisten akan mengubahnya menjadi rutinitas dan mencegah jatuh dalam kesulitan.

6. Optimis

Umumnya mereka yang sedang dalam suasana hati yang kacau alias badmodd, akan merasa frustasi atau putus asa karena mereka tidak cukup optimis untuk situasi mereka dalam kehidupan. Jadi, sebaiknya ubahlah perspektif tersebut karena secara signifikan dapat membantu kamu untuk menikmati hidup.

7. Memaafkan

Terkadang suasana hati yang kacau dapat terjadi karena kita tidak bisa menerima apa yang ada dihadapan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya belajarlah untuk menerima hal yang tidak sesuai dengan kehendak hati dan maafkanlah. Sebab, dengan memaafkan suasana hati pun akan kembali baik, bahkan jauh lebih baik.

8. Menyantap Cemilan yang Menyehatkan

Tahukah kamu? Bahwa suasana hati seseorang berkaitan erat dengan pola makannya, mungkin kamu sering merasa kesal atau marah ketika sedang lapar, bukan? Oleh karena itu, pastikan kamu mengasup tubuh dengan makanan yang bernutrisi lengkap agar kamu merasa lebih sehat dan bahagia.

9. Jangan Memaksa Diri untuk Memperbaiki Suasana Hati

Jika cara di atas telah kamu lakukan, dan ternyata kamu gagal. Ingat, belum tentu kamu bisa mengerjakan segala sesuatunya hari ini lebih baik dari kemarin; ada banyak faktor yang memengaruhinya. Misalnya, suasana hatimu pada hari itu tentu saja akan membawa pengaruh yang signifikasn.

Jadi, jangan pernah membandingkannya. Cobalah lakukan yang terbaik sesuai suasana hatimu pada hari itu. Dengan begitu, percayalah, suasana hatimu perlahan-lahan akan membaik tanpa usaha yang berlebihan.

10. Tersenyum

Kamu tentu tahu, bahwa tersenyum menjadi sebuah tanda kebahagiaan seseorang. Namun, tahukah kamu? Dengan tersenyum, ternyata dapat benar-benar membuatmu merasa lebih bahagia. Meski hati kamu sedang bersedih, namun dengan berpura-pura bahagia dan melemparkan senyuman terbaik yang bisa kamu beriakn dapat benar-benar menangkap sinyal tersebut dan menjalarkan perasaan bahagia ke seluruh tubuhmu.

Baca Juga: 9 Pilihan Moodbooster Untuk Membuat Suasana Hatimu Menjadi Lebih Baik

11. Bersyukur

Penting untuk belajar bersyukur dan menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil sekalipun. Selain itu, mengubah perspektifmu tentang kehidupan dapat meningkatkan suasana hatimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.