Agar Lebih Awet, Ini 7 Cara Simpel Merawat Tupperware

Agar Lebih Awet, Ini 7 Cara Simpel Merawat Tupperware
liputan6.com

Seruni.id – Kotak makan dan botol minuman Tupperware begitu populer di kalangan masyarakat. Tutup wadahnya yang rapat membuat makanan dan minuman tidak akan tumpah ketika hendak dibawa bepergian. Bahan yang digunakan pun, tidak menimbulkan reaksi terhadap makan dan minuman. Selain itu, model, warna, serta ukurannya pun beragam.

Agar Lebih Awet, Ini 7 Cara Simpel Merawat Tupperware
giladiskon.com

Berbeda dengan produk lainnya, Tupperware memiliki garansi seumur hidup, loh. Menarik, bukan? Meski begitu, kita tetap harus merawatnya dengan benar agar tetap bertahan lama. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum tujuh cara merawatnya:

1. Gunakan Spons yang Lembut untuk Mencuci

Sebagai barang yang terbuat dari plastik dan mudah sekali tergores, maka kita harus merawatnya dengan baik dan benar. Ketika hendak dicuci, sebaiknya jangan menggunakan pencuci berbahan dasar kawat, ya. Sebab, akan menimbulkan gorekan dan membuat tampilannya menjadi kurang menarik.

Sebagai penggantinya, kamu dapat menggunakan spons khusus untuk peralatan makanan plastik yang tidak menggores permukaan. Hindari pula dari menggores Tupperware dengan benda-benda keras agar permukaannya tetap terjaga.

2. Jangan Merendamnya Terlalu Lama

Merendam peralatan makan sebelum mencuci sangat efektif untuk merontokan kerak dan sisa makanan. Namun, merendam terlalu lama, apalagi sampai semalaman juga tidak baik, loh. Bukan bersih yang kamu dapatkan, lapisan luarnya justru akan mengelupas, sehingga akan memengaruhi kualitas dan tampilan. Jika ingin direndam sebaiknya hanya beberapa menit saja sebelum dicuci.

3. Jangan Memasukkan Makanan Atau Minuman Panas

Tupperware memang terkenal dengan bahnnya yang lebih baik daripada bahan plastik yang lain. Meski begitu, namun tidak disarankan untuk memasukkan makanan atau minuman panas ke dalamnya, ya. Kenapa? Karena air panas akan melelehkan produk plastik merek apapun. Sebaiknya, ketika ada makanan atau minuman panas, alangkah lebih baiknya didinginkan terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah, lalu tutup dengan rapat.

4. Hindari Menjemurnya di Bawah Terik Matahari

Untuk mengeringkan Tupperware setelah dicuci, gunakanlah kain lap yang kering dan bersih. Hindari untuk menjemur di bawah terik matahari, karena jika hal ini dilakukan, warna botol atau tempat makanmu akan lebih mudah memudar.

5. Jangan Memasukkannya ke Dalam Microwave

Salah satu cara merawat Tupperware yang perlu diperhatikan adalah, dengan tidak memasukkannya ke dalam microwave. Perlu diingat, bahwa produk ini hanya berfungsi untuk menghangatkan saja, tidak untuk memasak apalagi dimasukkan ke dalam oven. Jika kamu melakukannya, akibatnya bisa mendapati kerusakan pada material plastiknya. Seruni sarankan, kalau ingin menghangatkan makanan, pastikan kamu menggunakan Tupperware yang bersifat microwavable agar lebih aman.

6. Hindari Memasukkan Barang Berwarna atau Berbau Kuat

Selain dilarang untuk memasukkan makanan dan minuman panas, barang berwarna dan berbau kuat, sebaiknya juga tidak kamu masukkan, ya. Seperti contoh, masakan yang menggunakan kunyit atau pewarna buatan. Untuk menghindari menempelnya warna makanan pada Tupperware, akan lebih baik jika kamu tidak menyimpan makanan dengan warna yang kuat dalam jangka waktu yang lama. Selain warna, menyimpan makanan berbau tajam juga dapat meninggalkan bau yang kurang enak, meski sudah dicuci berulang kali.

7. Simpan di Tempat Aman

Menyimpan wadah dan tutup Tupperware secara bersamaan akan membuat aroma makanan atau sabun menempel di bagian dalam wadah. Selain itu, jika kamu menyimpannya dengan penutup wadah sementara belum kering, kekencangan tutup akan berkurang. Jadi, simpanlah wadah dan tutupnya secara terpisah, ya.

Baca Juga: 7 Ide Menu Bekal Anak yang Sehat dan Praktis untuk Ibu yang Sibuk

Demikianlah tips merawat Tupperware kesayangamu, jika kamu melakukannya dengan baik dan benar, dijamin akan lebih awet. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.