12 Cara berpikir Positif yang Perlu Kamu Terapkan Dikehidupan Sehari-hari

12 Cara berpikir Positif yang Perlu Kamu Terapkan Dikehidupan Sehari-hari
google.com

Seruni.id – Hidup laksana roda yang berputar, kadang di atas kadang pula di bawah, yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Ada orang yang ketika diberikan cobaan dia stres berat, namun ada juga yang santai, karena dia memiliki cara berpikir positif sehingga tak ada yang perlu ia khawatirkan. Semua ditentukan oleh pola pikir kita sendiri.

12 Cara berpikir Positif yang Perlu Kamu Terapkan Dikehidupan Sehari-hari
google.com

Namun, apa sebenarnya pengertian berpikir positif itu? Berpikir positif merupakan aktivitas berpikir yang kita lakukan dengan tujuan guna membangun dan membangkitkan aspek positif dalam diri, baik berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri kita.

Menurut para ahli, berpikir positif adalah cara memotivasi yang sudah umum digunakan untuk meningkatkan sikap seseorang dan mendorong pertumbuhan diri. Berpikir positif juga termasuk kemampuan berpikir seseorang untuk menilai pengalaman-pengalaman dalam hidupnya, sebagai bahan yang berharga untuk pengalaman berikutnya dan menganggap semua itu sebagai proses hidup yang harus diterima. Lantas bagaimana cara berpikir positif dalam Islam?

Cara Berpikir Positif

1. Selalu Memandang Segala Hal dari Sisi Baiknya

Di setiap situasi, kita harus pandai melihat hal-hal baik, jangan hanya memandang yang buruknya saja. Sebab, jika kita melihat segala hal dari sisi positifnya, akan ada manfaat yang tak terduga. Apalagi jika sering melakukannya, maka sikap tersebut bukan tidak mungkin akan menjadi kebiasaan baik dalam diri kita. Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, jangan lantas berputus asa, carilah cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang menguntungkan. Dalam setiap tantangan yang kita dapat, tentu akan ada keuntungan yang dituai. Untuk itu, cobalah cari sisi positif dalam Islam pada setiap siatuasi yang ada.

2. Buang Jauh-jauh Pengaruh Negatif

Agar bisa terus berpikir dengan positif, jauhilah hal-hal yang dapat menganggu pikiran positifmu. Jika terlalu memikirkan apa yang telah terjadi pun belum, maka bisa membuat seseorang terus berpikiran negatif. Saat hal negatif merasuki pikiranmu, maka bersegeralah menggantikan pikiran-pikiran tersebut dengan pikiran yang lebih positif. Apabila ketika kamu berusaha mengganti pikiran negatif ke positif, dan merasakan perlawanan dalam diri, jangan cepat berputus asa, ya. Sebaiknya tetap fokus pada hal yang bernuansa Islami.

3. Menjadi Pribadi yang Optimis

Menjadi orang yang optimis merupakan salah satu cara agar tetap berpikir positif. Sebab ini berkaitan dengan masa depan, termasuk dari yang sedang kita kerjakan saat ini akan memberikan hasil kepada kita. Pun sebaliknya, orang yang pesimis yang tidak yakin akan kemampuan dirinya, justru lebih mudah untuk berpikir negatif.

4. Memperbanyak Sugesti Positif

Jangan lupa untuk selalu menerapkan sugesti yang positif di dalam diri. Pemikiran dan sugesti yang positif akan memotivasi diri untuk dapat berpikir secara jernih dan positif. Sehingga tentunya hal ini akan sangat baik bagi pikiran dan juga otak.

5. Terbuka

Selain itu, kamu juga harus lebih terbuka, sehingga dengan begitu akan memberikan peluang untuk terus melangkah. Sedangkan pikiran negatif adalah pikiran yang tertutup sehingga dirinya akan tertutup pula dari keberhasilan.

6. Selalu Berprasangka Baik

Berpikir positif bukan berarti menganggap semua manusia akan selalu berbuat baik kepada kita. Namun, hal-hal baik itu selalu datang dari Allah. Bahkan, melalui kejadian buruk sekalipun. Kita harus tetap berpikir baik kepada setiap orang, namun harus tetap waspada, ya.

7. Pandai Memilih Teman

Teman ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap cara berpikir kita. Misalnya, ketika kita terlalu sering dekat dengan teman yang selalu mengeluh, hanya akan membuat pikiran negatif terus menempel. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah teman yang harus dijauhi menurut Islam. Jangan tempatkan dirimu di tengah para pengeluh dan mereka yang munafik. Sebaiknya pilhlah teman yang memiliki akhlak mulia, selalu memberikan motivasi, dukungan dan berpikir positif setiap saat.

Kenyataan ini telah dipaparkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْمُؤْمِنُ مِرْآةُ (أخيه) الْمُؤْمِنِ

“Seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin”

8. Selalu Ada Nilai Kebaikan

Berpikir positif bukan berarti kita harus menganggap hal yang salah menjadi baik. Namun, bagaimana kita bisa menemukan hal baik di balik kesalahan tersebut. Salah tetaplah salah. Tetapi, di balik selahan itulah ada hikmah yang tersembunyi.

9. Ubah Mindset

Jika ingin memiliki pikiran yang positif, maka kamu harus berani untuk mengubah mindsetmu. Apabila pikiran bawah sadar kita sudah memiliki pola pikir yang positif, maka semua pikiran kita tentu akan menjadi positif.

10. Selalu Gunakan Kata-kata Positif Saat Berbicara

Ketika kamu tidak optimis akan sebuah hal, misalnya kamu berkata ‘Aku tidak bisa’ dan kamu meyakinkannya bahwa itu kebenaran. Nah, kata-kata inilah yang akan menimbulkan pikiran negatif. Lebih baik ganti kata-kata negatif itu dengan yang lebih positif. Seperti ‘Aku pasti bisa’, ‘Aku yakin aku bisa’.

11. Beri Pujian Terhadap Diri Sendiri

Kerap kali kita merasa frustasi dan kesal, kita hanya berfokus pada hal-hal buruk saja. Berilah pujian pada diri sendiri untuk apa yang telah kamu lakukan. Biarkan dirimu merasa yakin akan hal-hal yang telah kamu capai, bahkan jika kamu merasa mengacaukan sesuatu.

12. Mensyukuri Segala Hal yang Terjadi

Bukan masalah ketika hal buruk menimpa hidupmu, bersyukurlah atas semua hal yang telah terjadi, sekalipun lebih banyak hal buruknya dibanding yang baik.

Manfaat Berpikir Positif

Berpikir positif artinya adalah mengabaikan dan menghadai berbagai keadaan yang kurang nyaman dengan selalu berprasangka baik kepada Allah agar dapat berpikir maupun bertindak secara positif. Lantas, ketika kita sudah dapat berpikir dengan positif, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan?

1. Mendapatkan Kontrol Diri

Manfaat yang pertama adalah dapat memberikan kontrol terhadap diri sendiri. Dalam artian seseorang dapat mengendalikan emosi yang dirasakan, tidak akan mudah meledak-ledak saat terjerat permasalahan.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan selalu berpikir positif, tingkat kepercayaan diri pun akan naik dengan sendirinya. Karena hal ini mempengaruhi pikiran dan otak dalam merespons segala yang dihadapi agar lebih baik.

3. Akan Jauh Lebih Sukses

Tak sedikit orang yang gagal karena selalu berpikiran buruk, manfaat berpikir positif ini sangat luar biasa, bahkan bisa mengubah dirimu jauh lebih sukses dan terarah.

4. Membantu Mengatasi Stress

Datangnya stress dalam kehidupan bisa dipicu karena adanya rasa khawatir dan pesimis secara berlebihan. Dengan mengubah cara pandang menjadi lebih positif, dapat membantu mengatasi perasaan tersebut, sehingga dapat mencegah bahkan menghilangkan stress yang dialami.

5. Meningkatkan Hubungan Sosial

Berpikir positif dapat menghindarkan diri dari selalu suudzon atau berpikiran buruk dan meminimalisir munculnya kebencian terhadap orang lain. Dengan kamu selalu berpikir baik, secara tidak langsung dapat membuat seseorang berpikiran baik terhadap orang disekitarnya, sehingga akan tercipta hubungan yang baik dan harmonis secara alami.

6. Mencegah Depresi

Kurang berpikir positif akan menyebabkan segala sesuatu menjadi rumit dan terasa lebih sulit untuk diatasi, dan akan berakhir dengan depresi. Seperti halnya dengan berolahraga yang baik untuk psikis manusia, berpikiran positif juga dapat memebantu mengatasi berbagai masalah tersebut dan mencegah mengalami depresi.

Kata-kata Bijak Berpikir Positif

Berikut ini merupakan motivasi dan kata bijak berpikir positif. Berpikir positif sangatlah penting, namun untuk melakukannya memang tidak semudah yang dikatan dan dibayangkan. Semoga kata-kata bijak ini bisa membangkitkan semangatmu untuk tetap berpkir baik. Simak baik-baik, ya.

1. “Berpikir positif akan membiarkan kamu melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” – Zig Ziglar

2. “Hal pertama yang kubangun dalam diriku untuk bisa menghadapi hari dengan semanagat adalah menciptakan sebanyak-banyaknya pikiran positif.” Merry Triana

3. “Kesanggupan untuk bersabar dan bertahan dalam pikiran yang positif merupakan dasar dari loncatan-loncatan manusia selanjutnya.” – Merry Triana

4. “Segera setelah kamu menggantikan pikiran-pikiran negatif dengan yang positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil yang positif,” – Wilie Nelson

5. “Bersyukur atas apapun yang terjadi di hidupmu, itu semua pengalaman.” – Roy T. Bennet

6. “Tetap positif dan bahagia. Bekerja keras dan tidak berhenti berharap. Terbuka terhadap kritik dan terus belajar. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bahagia, hangat, dan tidak palsu.” – Tena Desae

7. “Semakin kamu memberi makan pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif, semakin kamu dapat menarik hal-hal hebat ke dalam hidupmu.” – Roy T. Bennet

8. “Sikap positif mungkin tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi bisa membuat penyelesaian masalah menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.” – Grant Fairley

9. “Di setiap musibah yang menimpa Anda, ingatlah untuk bercermin dan bertanya tentang daya apa yang bisa Anda upayakan guna menarik pelajaran positif dari kejadian itu.” – Epicterus

10. “Hidup itu bukan mengenai seberapa berat masalah yang datang menghampiri kira, namun mengenai seberapa positif kita mampu merespons segala permasalahan tersebut.” – Bamban Pamungkas

11. “Jika kamu melilhatnya dengan positif, masa lalu tidak ada yang buruk. Yang ada hanya masa lalu yang indah dan pelajaran yang berharga.” – Mario Teguh

12. “Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yang paling dekat.”

13. “Kita tidak akan pernah mengetahui jawaban yang sebenarnya, sebelum kita mencoba. Hanya manusia-manusia dengan kekuatan yang besar yang mampu mengucapkan maaf saat melakukan kesalahan, dan memaafkan orang yang bersalah padanya dengan tulus.”

14. “Jika kamu tidak menyukai sesuatu, ubahlah; jika kamu tidak bisa mengubahnya, ubahlah cara kamu memandangnya.” – Mary Engelbreit

15. “Cara terbaik untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan meminta agar mereka memiliki suatu tujuan.” – Robert Brault

Baca Juga: 5 Kegiatan Positif Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Semakin Produktif

Itulah cara serta manfaat dari berpikir positif. Sebaiknya ketika masalah sedang ruwet, lihat setiap kondisi dengan mata yang ‘segar’. Sebab, terkadang hal baik yang bisa kamu lakukan adalah ‘tertidur dalam masalah’ sehingga kamu bisa melihat akar permasalahan pada keesokan harinya saat kamu tidak merasa begitu emosional. Selain itu, terkadang yang dibutuhkan untuk merasa senang adalah dengan tersenyum. Berlatihlah untuk bersikap bahagia meski kamu merasa biasa-biasa saja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.