12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
mamikos.com

Seruni.id – Saat pandemi, banyak orang yang memiliki hobi baru. Selain mengoleksi tanaman, sebagian orang ada yang memilih untuk memelihara ikan hias. Cara ini dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama di rumah saja. Ikan cupang kini tengah diminati, selain perawatannya yang mudah, warna-warni sisiknya sungguh sangat menyejukkan mata.

Dan bukan hanya itu saja, memelihara ikan pun memiliki segudang manfaat, loh. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah. Namun, perlu kamu tahu, ternyata masih banyak jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara selain ikan cupang. Penasaran apa saja? Yuk simak di bawah ini.

1. Ikan Manfish

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
bukalapak.com

Ingin memiliki ikan hias cantik tapi murah? Ikan manfish bisa kamu jadikan sebagai pilihan yang pas nih. Apalagi, bentuknya pun sangat unik. Ikan manfish memiliki bentuk yang pipih, tipis, dan memiliki ukuran sirip yang panjang. Bahkan, saking cantiknya, ikan ini kerap dianggap sebagai ikan hias dari laut, loh. Padahal, ini merupakan jenis ikan hias aquarium air tawar. Harganya sangat murah sekali, yakni mulai dari Rp2.500 per ekornya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan, manfish merupakan ikan hias air tawar yang bisa dicampur, karena dia mudah sekali untuk beradaptasi.

2. Ikan Oscar

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
hewany.com

Ikan hias yang berikut ini, dikategorikan sebagai ikan yang tidak ramah dengan ikan jenis lainnya, karena sifatnya yang agresif. Maka dari itu, ikan oscar sebaiknya tidak dicampur dengan ikan lainnya. Namun, tampilannya yang begitu cantik memang tidak terbantahkan. Jika ingin memelihara, kamu membutuhkan akuarium yang besar. Sebab, ikan oscar ini akan semakin membesar ketika dewasa. Oscar merupakan salah satu ikan hias yang kuat hidup lama, meski di alam bebas sekalipun. Bahkan, ia dapat hidup hingga 10-12 tahun, tergantung dengan ketahanan tubuhnya.

3. Ikan Guppy

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
kompasiana.com

Kalau ikan guppy ini, memiliki ukuran yang benar-benar mini, yakni hanya sekitar 4-5 cm untuk yang betina dan bahkan ukurannya bisa lebih kecil untuk yang jantan. Meski demikian, ikan hias ini, tetap punya berbagi warna indah yang membuatnya cantik untuk dijadikan sebagai ikan hias. Untuk haraganya sangat murah sekali, yakni hanya Rp6.000 per ekornya.

4. Ikan Cupang

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
ikanhias.shop

Ikan yang satu ini merupakan jenis yang hidup di air tawar. Biasanya ikan cupang dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni mulai dari dua ribuan, loh. Ikan ini pun banyak dilirik, karena warnannya dan bentuk sirip serta ekor yang tampak cantik. Namun sayangnya, ikan ini sangat agresif, sehingga kurang aman jika digabungkan dalam satu wadah dengan ikan lain.

5. Ikan Discus

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
blogunik.com

Habitat ikan discus ini berada di kawasan Sungai Amazon, Brazil. Terdapat garis-garis indah pada bagian tubuhnya, yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan predator. Sebagai ikan yang tergolong high class ini, tidak aneh jika dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

6. Ikan Molly

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
namaaqustics.id

Kalau kamu lebih suka ikan hias yang berukuran mini, maka kamu bisa mmeilih ikan molly. Ikan jenis ini, memiliki ukuran yang sangat kecil dengan perut menggembung dan warna pekatnya yang cantik. Untuk merawatnya pun sangat simpel sekali. Apalagi, ia memiliki sifat omnivora, sehingga kamu bisa menempatkannya dalam satu wadah dengan ikan besar lainnya. Sedangkan untuk pakannya, kamu bisa memberinya cacing rambut, pelet, atau cacing beku.

7. Ikan Lemon

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
hewaninfo.blogspot.com

Sama seperti namanya, ikan ini memang memiliki warna yang menyegarkan layaknya buah lemon. Tapi, ternyata ikan ini juga memiliki warna lain yang tak kalah cantik, loh. Selain tampilan warnanya yang eye-catching, garis hitam dan kuning atau biru pada siripnya membuat tampilannya cantik dan menarik. Untuk perawatannya, sangat direkomendasikan utnuk memeliharanya di akuarium berukuran sedang yang diberi berbagai batuan atau hiasan lainnya. Tujuannya agar ikan lemon ini tidak stres dan merasa kesepian.

8. Ikan Black Ghost

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
idntimes.com

Ikan yang kerap disebut sebagai black phantom ini juga turut populer di tengah pencinta ikan hias di Indonesia, loh. Ikan yang berasal dari perairan amazon dan uga suriname ini diberi nama black ghost karena bentunya yang pipih dengan sirip panjang hitam disertai corak putih. Soal makanan, ikan ini tak seribet yang kamu bayangkan, loh. Kamu bisa memberinya jentik nyamuk, pelet ikan, dan serangga kecil lainnya.

9. Ikan Corydoras

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
en.wikipedia.org

Ikan ini sering disebut sebagai ikan tikus. Sebab, ketika berenang tampak seperti tikus yang berlari. Jika tertarik untuk memeliharanya, kamu mesti tahu dulu caranya, ya. Namun yang terpenting, kamu harus membuat suasana akuarium semirip mungkin dengan habitat aslinya, yakni Sungai Amazon. Biasanya ikan ini senang sekali berada di dasar akuarium, apalagi jika permukaannya adalah pasir. Selain bentuknya yang unik, ikan ini juga sangat suka sekali loh memakan kotoran dan makanan sisa ikan lain.

10. Ikan Mas Koki

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
suara.com

Kalau ikan yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Mas koki, adalah salah satu jenis ikan tercantik dan memiliki bentuk perut menggembung dengan warna oranye dan kuning cerah. Ikan ini kerap dipelihara lantaran banyak yang percaya bahwa mas koki akan membawa keberuntunngan. Jenis ikan mas oranda dan ikan mas rescape adalah jenis ikan mas koki dengan corak menarik yang bisa kamu pilih. Ikan ini memang memiliki harga yang mahal jika sudah berukuran besar. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli ikan mas koki yang masih kecil. Karena, harga mas koki yang masih kecil bisa jauh lebih murah.

11. Ikan Platy

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
popbela.com

Daya tarik ikan yang satu ini terletak pada bentuk mulutnya yang unik dan warnanya yang pekat, namun tetap cerah. Ikan ini termasuk memiliki bentuk tubuh yang lumayan besar dibandingkan dengan ikan-ikan yang disebutkan sebelumnya. Jenis ikan ini juga ada banyak, mulai dari ikan platy pedang, ikan platy gold magtail, ikan platy red ballon hiffin, hingga ikan platy micky mouse.

12. Clown Fish

12 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara
portaljember.pikiran-rakyat.com

Ikan yang satu ini menjadi terkenal karena film Finding Nemo. Meski hidup di laut, namun perawatannya cukup mudah, loh. Satu hal penting yang harus hanyalah memasukkan terumbu karang ke dalam akuarium agar ikan ini merasa lebih nyaman.

Baca Juga: 89 Jenis Ikan Yang Cocok Diletakkan di Aquascape

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar dan harganya. Dan ikan-ikan tersebut pastinya sangat mudah sekali untuk diperlihara. Jadi, kira-kira kamu mau pelihara jenis yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.