21 Jenis Ikan Hias Cantik dan Mudah Dipelihara

  • Bagikan
ikan hias aquarium
mamikos.com

Seruni.id – Saat pandemi, banyak orang yang memiliki hobi baru. Selain mengoleksi tanaman, sebagian orang ada yang memilih untuk memelihara ikan hias aquarium. Cara ini dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama di rumah saja. Ikan cupang kini tengah diminati, selain perawatannya yang mudah, warna-warni sisiknya sungguh sangat menyejukkan mata.

Dan bukan hanya itu saja, memelihara ikan pun memiliki segudang manfaat, loh. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah. Namun, perlu kamu tahu, ternyata masih banyak jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara selain ikan cupang. Penasaran apa saja? Yuk simak di bawah ini.

 

1. Ikan Manfish / Angelfish / Bidadari

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – foto Ikan Manfish dengan motif hitam putih dan sedikit kuning atau disebut marble manfish (gerava.com)

Ingin memiliki ikan hias aquarium yang cantik tapi murah? Ikan manfish atau ada juga yang menyebut angelfish, atau bidadari atau ada juga dengan nama daerahnya ikan layang-layang, bisa kamu jadikan sebagai pilihan yang pas nih. Apalagi, bentuknya pun sangat unik. Ikan manfish memiliki bentuk yang pipih, tipis, dan memiliki ukuran sirip yang panjang. Bahkan, saking cantiknya, ikan ini kerap dianggap sebagai ikan hias  aquarium dari laut, loh. Padahal, ini merupakan jenis ikan hias aquarium air tawar. Ikan dengan nama latin Pterophyllum scalare ini Harganya sangat murah sekali, yakni mulai dari Rp2.500 per ekornya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan, manfish merupakan ikan hias  aquarium air tawar yang bisa dicampur, karena dia mudah sekali untuk beradaptasi.

kalau kamu mau tau jenis populer ikan manfish simak video ini ya.

 

2. Ikan Oscar

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan manfish (hewany.com)

Ikan hias aquarium yang berikut ini memiliki nama latin Astronotus ocellatus, dikategorikan sebagai ikan yang tidak ramah dengan ikan jenis lainnya, karena sifatnya yang agresif. Maka dari itu, ikan oscar sebaiknya tidak dicampur dengan ikan lainnya. Namun, tampilannya yang begitu cantik memang tidak terbantahkan. Jika ingin memelihara, kamu membutuhkan akuarium yang besar. Sebab, ikan oscar ini akan semakin membesar ketika dewasa. Oscar merupakan salah satu ikan hias aquarium yang kuat hidup lama, meski di alam bebas sekalipun. Bahkan, ia dapat hidup hingga 10-12 tahun, tergantung dengan ketahanan tubuhnya.

Jika kamu tertarik dengan ikan oscar ini, simak beberapa jenis ikan oscar yang populer.

 

3. Ikan Guppy

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan guppy (kompasiana.com)

Ikan dengan nama latin Poecilia reticulata atau lebih dikenal dengan nama ikan guppy ini, memiliki ukuran yang benar-benar mini, yakni hanya sekitar 4-5 cm untuk yang betina dan bahkan ukurannya bisa lebih kecil untuk yang jantan. Meski demikian, ikan hias aquarium ini, tetap punya berbagi warna indah yang membuatnya cantik untuk dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Untuk harganya sangat murah sekali, yakni hanya Rp6.000 per ekornya.

Simak video tentang jenis-jenis ikan guppy ya guys

4. Ikan Cupang

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan cupang (ikanhias.shop)

Ikan yang satu ini merupakan jenis yang hidup di air tawar. Biasanya ikan cupang dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni mulai dari dua ribuan, loh. Ikan ini pun banyak dilirik, karena warnannya dan bentuk sirip serta ekor yang tampak cantik. Namun sayangnya, ikan ini sangat agresif, sehingga kurang aman jika digabungkan dalam satu wadah dengan ikan lain, namun kamu tetap dapat memelihara ikan hias aquarium ini tapi pastikan yang kamu pelihara adalah ikan cupang betina ya, karena cupang jantan mempunyai sifat alamiah menjaga teritorial, jadi kemungkinan bisa berantem ya guys kalau cupang jantan disatukan, tapi ada loh influencer terkenal yang memelihara ikan cupang dalam satu wadah, simak video ini ya kalau kepo.

5. Ikan Discus

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan discus (blogunik.com)

Habitat ikan discus ini berada di kawasan Sungai Amazon, Brazil. Terdapat garis-garis indah pada bagian tubuhnya, yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan predator. Sebagai ikan yang tergolong high class ini, tidak aneh jika dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, sebetulnya ikan ini tidak mudah dipelihara, namun ikan ini sangat populer di kalangan pencintan ikan hias

simak video vlog artis Irfan Hakin seputar ikan discus

6. Ikan Molly

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan molly (namaaqustics.id)

Kalau kamu lebih suka ikan hias  aquarium yang berukuran mini, maka kamu bisa mmeilih ikan molly. Ikan jenis ini, memiliki ukuran yang sangat kecil dengan perut menggembung dan warna pekatnya yang cantik. Untuk merawatnya pun sangat simpel sekali. Apalagi, ia memiliki sifat omnivora, sehingga kamu bisa menempatkannya dalam satu wadah dengan ikan besar lainnya. Sedangkan untuk pakannya, kamu bisa memberinya cacing rambut, pelet, atau cacing beku.

berikut penjelasannya tentang jenis dan harga ikan molly

 

7. Ikan Lemon

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – foto ikan lemon (hewaninfo.blogspot.com)

Sama seperti namanya, ikan ini memang memiliki warna yang menyegarkan layaknya buah lemon. Tapi, ternyata ikan ini juga memiliki warna lain yang tak kalah cantik, loh. Selain tampilan warnanya yang eye-catching, garis hitam dan kuning atau biru pada siripnya membuat tampilannya cantik dan menarik. Untuk perawatannya, sangat direkomendasikan utnuk memeliharanya di akuarium berukuran sedang yang diberi berbagai batuan atau hiasan lainnya. Tujuannya agar ikan lemon ini tidak stres dan merasa kesepian.

 

8. Ikan Black Ghost

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – foto ikan black ghost ( idntimes.com)

Ikan yang kerap disebut sebagai black phantom ini juga turut populer di tengah pencinta ikan hias aquarium di Indonesia, loh. Ikan yang berasal dari perairan amazon dan uga suriname ini diberi nama black ghost karena bentunya yang pipih dengan sirip panjang hitam disertai corak putih. Soal makanan, ikan ini tak seribet yang kamu bayangkan, loh. Kamu bisa memberinya jentik nyamuk, pelet ikan, dan serangga kecil lainnya.

 

9. Ikan Corydoras

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – foto ikan corydoras (sukaikan.com)

Ikan ini sering disebut sebagai ikan tikus. Sebab, ketika berenang tampak seperti tikus yang berlari. Jika tertarik untuk memeliharanya, kamu mesti tahu dulu caranya, ya. Namun yang terpenting, kamu harus membuat suasana akuarium semirip mungkin dengan habitat aslinya, yakni Sungai Amazon. Biasanya ikan ini senang sekali berada di dasar akuarium, apalagi jika permukaannya adalah pasir. Selain bentuknya yang unik, ikan ini juga sangat suka sekali loh memakan kotoran dan makanan sisa ikan lain.

 

10. Ikan Mas Koki

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan mas koki (suara.com)

Kalau ikan yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Mas koki, adalah salah satu jenis ikan tercantik dan memiliki bentuk perut menggembung dengan warna oranye dan kuning cerah. Ikan ini kerap dipelihara lantaran banyak yang percaya bahwa mas koki akan membawa keberuntunngan. Jenis ikan mas oranda dan ikan mas rescape adalah jenis ikan mas koki dengan corak menarik yang bisa kamu pilih. Ikan ini memang memiliki harga yang mahal jika sudah berukuran besar. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli ikan mas koki yang masih kecil. Karena, harga mas koki yang masih kecil bisa jauh lebih murah.

 

11. Ikan Platy

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan platy (agrowindo.com)

Daya tarik ikan yang satu ini terletak pada bentuk mulutnya yang unik dan warnanya yang pekat, namun tetap cerah. Ikan ini termasuk memiliki bentuk tubuh yang lumayan besar dibandingkan dengan ikan-ikan yang disebutkan sebelumnya. Jenis ikan ini juga ada banyak, mulai dari ikan platy pedang, ikan platy gold magtail, ikan platy red ballon hiffin, hingga ikan platy micky mouse.

 

12. Clown Fish

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan clown yang semakin terkenal karena film animasi finding nemo (ikanesia.id)

Ikan yang satu ini menjadi terkenal karena film Finding Nemo. Meski hidup di laut, namun perawatannya cukup mudah, loh. Satu hal penting yang harus hanyalah memasukkan terumbu karang ke dalam akuarium agar ikan ini merasa lebih nyaman.

Baca Juga: 89 Jenis Ikan Yang Cocok Diletakkan di Aquascape

 

13. Damselfish

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan damselfish (mascota.eu.org)

Di Indonesia, damselfish kerap dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Namun, berbeda dengan di Korea, masyarakat Korea justru memanfaatkannya sebagai ikan konsumsi. Dari sekian banyak ikan air laut, damselfish menjadi salah satu yang sering dipilih. Sebab, dibandingkan jenis ikan lain yang membutuhkan tangki besar sekitar 100 galon atau lebih, damselfish justru hanya membutuhkan tangki minimal 30 galon.

Jika kamu ingin menjadikan damselfish sebagai peliharaan, pastikan kamu memberikannya banyak tempat persembunyian. Karena ikan yang satu ini dikenal sangat tangguh dan menjadi sedikit lebih agresif. Dan mereka cenderung menjaga diri mereka sendiri. Oh ya, selain itu, jenis ikan ini juga punya banyak varietas yang dapat kamu pilih, loh.

Kamu bisa menyimak serba-serbi ikan damselfish pada video berikut ini, ya.

 

14. Firefish

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan firefish (aquariumdepot.com.ar)

Ada beragam ikan hias air laut yang sangat aktif salah satunya adalah firefish. Bentuknya yang sangat unik dan cantik, sangat cocok untuk ditaruh di dalam aquarium. Selain itu, ikan ini sangat terhibur karena mereka suka melesat keluar masuk dari tempat persembunyian dengan kecepatan kilat.

Untuk merawat jenis ikan hias aquarium ini, ternyata tidaklah sulit. Apalagi, makanannya juga sangat beragam. Bisa dibilang, mereka adalah pemakan segala, mulai dari zooplankton, alga, hingga ikan asin. Perangainya yang sangat tenang dan tidak konfrontatif, membuat mereka mudah bergaul dengan hampir semua spesies lain.

Cari tahu selengkapnya tentang ikan firefish di video berikut ini, yuk.

 

15. Dottyback

ikan hias aquarium – ikan dottyback (mascota.eu.org)

Meski memiliki penampilan yang bervariasi, tapi dottyback yang paling populer adalah biru, kuning, ungu, dan beberapa warna lainnya. Kalau kamu ingin mempercantik tampilan aquariummu, pilihlah dottyback berwarna, seperti ungu dan kuning.

Walaupun mereka diklasifikasikan sebagai semi-agresif, tapi ikan ini hampir tidak pernah menyerang yang lain, loh. Bahkan, ikan berjenis dottyback juga dapat hidup di aquarium 100 liter dan bersedia memakan berbagai makanan yang berbeda, termasuk artemia dan makanan beku. Hal inilah yang membuatnya mudah dirawat.

Kamu bisa melihat video tentang ikan dottyback di bawah ini.

 

16. Green Chromis

ikan hias aquarium – gambar ikan green chromis (theprucespets.com)

Ikan hias air laut berikutnya adalah green chromis. Ikan ini cocok sekali dipelihara bagi kamu yang tidak ingin repot. Sebab, green chromis sangat mudah untuk dipelihara. Apalagi, sisiknya yang sangat unik sehingga menambah kecantikan pada aquarium di rumahmu.

Green chromis merupakan jenis ikan yang aktif dan menikmati aquarium dnegan banyak bebatuan. Jika ingin menambah kecantikannya, kamu bisa memberikan pencahayaan yang baik. Terpenting, ikan ini tangguh sehingga cocok untuk pecinta ikan hias air laut pemula.

Untuk melihat kecantikan ikan hias jenis green chromis, kamu bisa menonton video berikut ini.

 

17. Blenny Fish

ikan hias aquarium – gambar ikan blenny fish (earth.com)

Banyak sekali ikan air laut dengan kepribadian menarik, salah satunya adalah blenny fish. Ikan ini sangat lucu dan menggemaskan. Mereka senang sekali bersembunyi sambil mengintip untuk memantau lingkungan sekiatar. Blenny fish memiliki kepribadian yang tenang dan damai, sehingga kamu tidak perlu takut mereka akan bertarung.

Namun sayangnya, kamu tidak bisa menampung lebih dari satu blenny secara bersamaan, karena mereka cenderung bertengkar satu sama lain. Ikan ini tersedia dalam berbagai penampilan berbeda, termasuk blenny bertanduk dan blenny bergaris. Semuanya sangat menarik dan akan menghiasi aquariummu dengan keunikannya.

Seperti apa sih kelucuan si glenny fish ini? Saksikan videonya di bawah ini.

 

18. Lawnmower Blenny

ikan hias aquarium – gambar ikan lawnmower blenny (boodleshiereaquatics.com)

Laewnmower blenny adalah jenis ikan hias aquarium yang memiliki kepribadian damai dan aktif. Selain itu, ikan ini terkenal murah dan kuat, sehingga menjadikannya sebagai pilihan yang baik, apalagi bagi yang masih pemula. Tubuhnya yang berwarna cokelat, berbintuk, mata yang besar, menjadi daya tarik tersendiri. Seperti halnya jenis blennies lainnya, ia juga senang bersembunyi di bebatuan, loh. Jadi, kalau kamu ingin memeliharanya, jangan lupa siapkan bebatuan di dalam aquarium, ya.

 

19. Warchman Goby

ikan hias aquarium – gambar ikan warchman goby (id.depositphotos.com)

Kalau kamu masih pemula dalam memelihara ikan hias aquarium, Seruni sarankan untuk memilih ikan berjenis watchman goby. Ada beberapa alasan mengapa ikan tersebut cocok bagi pemula. Pertama, makanan mereka sangat beragam dan mereka bisa memakan makanan yang sudah tersedia, termasuk udang mysis dan udang meja.

Selain itu, sebagian besar toko ikan hias memiliki stok ikan ini. Sebagian besar ikan gobi cocok dengan spesies ikan lain, namun gobi harus dipisahkan karena mereka tidak suka ikan dari jenis mereka sendiri.

Untuk tahu lebih lengkap tentang ikan watchman goby, kamu bisa menonton video berikut ini.

 

20. Butterfly Fish

ikan cantik – gambar ikan butterly fish (thesprucepets.com)

Butterfly fish alias ikan kupu-kupu menjadi salah satu ikan hias aquarium yang bisa kamu pelihara. Ada lebih dari seratus spesies butterfly fish, masing-masing sangat cantik dan mudah dirwat. Namun, jika ingin memelihara jenis ikan ini, kamu perlu melakukan sedikit riset tentang subspesies spesifik yang kamu pilih, karena makanan dan kebutuhan mereka dapat bervariasi. Mayoritas butterfly fish sangat damai. Tear drop butterfly fish adalah salah satu yang paling populer berkat penampilannya yang memukau.

Jika kamu ingin memelihara butterfly fish, kamu wajib banget nonton video ini.

 

21. Chalk Bass

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium – gambar ikan chalk bass (mascota.eu.org)

 

Apabila kamu memiliki aquarium air laut kecil, kamu bisa memelihara ikan chalk bass. Ikan ini sangat kaut dan tahan lama, serta mampu melawan penyakit. Tentu saja, manfaat terbesar yang akan dinikmati pemula adalah kenyataan bahwa ikan ini dapat bertahan meskipun kualitas air berubah-ubah.

Jika kamu ingin memelihara banyak ikan chalk bass dalam satu akuarium, kamu perlu memasukkan mereka ke aquarium sekaligus. Ini akan membantu untuk menghindari pertikaian di antara mereka.

Kenali ikan chalk bass melalui video ini, yuk.

Itulah beberapa jenis ikan hias aquarium air tawar dan harganya. Dan ikan-ikan tersebut pastinya sangat mudah sekali untuk diperlihara. Jadi, kira-kira kamu mau pelihara jenis yang mana nih?.

Sebagai informasi tambah berikut penjelasan tentang jenis ikan yang dapat di pelihara bersama dalam satu aqurium

  • Bagikan