12 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan
prduknation.co

Seruni.id – Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia dan sudah menjadi kebutuhan primer yang tak boleh terlewatkan. Terlebih, beras dapat diolah menjadi nasi yang memiliki karbohidrat penting untuk tubuh. Namun, biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi beras merah, loh.

12 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan
masakapaya.com

Banyak yang bilang, bahwa mengonsumsi nasi merah lebih menyehatkan dibanding beras putih. Hal ini dikarenakan nasi merah biasanya belum melalui proses penggilingan sepenuhnya. Manfaat beras merah pun, bisa kita dapatkan karena masih banyak mengandung serat serta nutrisi. Jika beras putih dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, namun nasi merah justru sebaliknya. Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut Seruni telah merangkum 12 manfaat nasi merah untuk kesehatan hingga kecantikan.

1. Mengontrol Diabetes

Salah satu penyakit kronis yang berhubungan dengan gangguan metabolisme adalah diabetes. Penyakit tersebut disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi hormone insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah meninggat dan muncul lah penyakit diabetes.

Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah, salah satunya dengan mengonsumsi nasi merah, karena di dalamnya mengandung asam fitat dan serat yang tinggi. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya dan segera rasakan manfaat beras merah untuk diabetes.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik akan menghindarkan kita dari segala macam penyakit serta virus berbahaya seperti yang saat ini sedang terjadi. Menjaga kekebalan tubuh, tidak hanya dilakukan dengan berolahraga saja. Namun juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi nasi merah, yang kaya akan kandungan vitamin yang sangat penting untuk tubuh.

Sehingga baik untuk kesehatan dan membuatmu terhindar dari penyakit. Belum lagi, kandungan mineral zinc yang ada di dalamnya pun, baik untuk membantu proses penyembuhan luka serta menjaga sistem imun agar berfungsi dengan baik. Zinc merupakan kandungan yang kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan pada tubuh.

3. Mencegah Kanker

Manfaat nasi merah untuk kesehatan berikutnya, dapat mencegah kanker. Pada dasarnya, kanker disebabkan oleh radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Namun, adanya kandungan nutrisi di dalam nasi merah dapat membantu mencegah penyakit tersebut.

Sehingga daya tahan tubuhmu akan semakin kuat. Contohnya adalah kandungan zinc yang kaya akan antioksidan. Kandungan mineral yang ada dalam beras merah pun dapat membantu tubuh anda dari paparan radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh, yang dapat memicu terjadinya kanker nantinya.

4. Detoksifikasi Racun

Tahukah kamu? Tanpa kita sadari, tubuh dapat menyerap sejumlah racun yang berasal dari makanan tidak sehat, polutan, kuman, bahkan bakteri dari lingkungan sekitar. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin beragam penyakit akan menyerangmu.

Seperti demam, radang, bahkan tifus. Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu dilakukan detoksifikasi. Tidak sulit kok, kamu hanya perlu mengonsumsi beras merah yang diperkaya akan antioksidan untuk membantu proses detoks racun dari dalam tubuh dan membuangnya bersama kotoran dan urin.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan kandungan serat dan atioksidannya, dapat membantu membersihkan plak yang terkumpul di arteri dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

6. Melancarkan Produksi ASI

Bagi kamu yang sedang dalam masa member ASI pada anak, tentunya ingin ASI tersebut lancar, kan? Sangat disarankan untuk mengonsumi beragam makanan sehat, seperti sayur, buah, dan tentunya beras merah. Dengan mengonsumsi beras merah secara rutin, produksi ASI pun akan meningkat.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bukan hanya kaya akan asam amino, antioksidan, dan nutrisi, beras merah juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Jika ingin mendapatkan manfaatnya secara sempurna, maka konsumsilah beras merah secara teratur.

8. Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Memiliki wajah yang cerah dan bersih alami menjadi impian banyak orang. Bahkan terkadang, mereka rela merogoh kocek banyak untuk membeli skin care, demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, tak banyak yang tahu cara mudah dan alaminya, yakni dengan memanfaatkan beras merah.

Kamu bisa menggunakan beras tersebut sebagai eksfoliator untuk wajah. Scrub dari beras merah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa kotoran di wajah. Dan hasilnya, wajahmu akan lebih cerah serta terhindar dari kulit kusam. Selain itu, scrub beras merah juga akan membantu untuk mengangkat komedo yang ada di wajah.

9. Menjaga Kelembapan Kulit

Jaga kelembapan kulitmu dengan memanfaatkan beras merah. Namun, perawatan yang satu ini disarankan untuk mereka yang memiliki jenis kulit normal dan kombinasi yang cenderung berminyak. Perawatan wajah menggunakan beras ini, memang cenderung direkomendasikan untuk jenis kulit Kandungan dalam beras merah akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras tersebut akan mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jadi, jika kamu memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.

10. Mencegah Penuaan Dini

Sama halnya seperti manfaat beras putih, nasi merah juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sebab, kandungan kolagen yang cukup pada kulit sangat dibutuhkan demi mencegah munculnya penuaan dini. Tak hanya itu saja, kandungan seleniumnya pun bisa dijadikan sebagai formula alami anti-inflamasi pada kulit, sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan akibat kerusakan kulit dan lainnya.

11. Meningkatkan Antioksidan

Beras maupaun nasi merah mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan membantu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak akibat produk kecantikan, polusi, atau hal lain yang menyebabkan kerusakan kulit.

12. Kandungan Serat yang Tinggi

Kandungan seratnya yang tinggi dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan nasi putih. Jadi, bagi kamu yang sedang dalam proses diet, mengonsumsi nasi merah sangat disarankan daripada nasi putih untuk mendukung program diet yang sedang kamu jalankan. Segeralah rasakan manfaat beras merah untuk diet, yuk.

Baca Juga: 8 Ragam Makanan dari Tepung Beras, Enak dan Sederhana

Itulah beragam manfaanya untuk kecantikan dan kesehatan di atas tentu saja bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsinya secara teratur. Namun, tetap juga perhatikan asupan nutrisi dari jenis sumber makanan lain dan juga pastikan kebutuhan vitamin untuk tubuh benar-benar terpenuhi, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.