8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
cnnindonesia.com

Seruni.id – Rambut yang sehat dan berkilau adalah kebanggaan setiap orang. Namun, bagaimana jadinya jika kamu mendapati rambut bercabang? Kondisi seperti ini menjadi tanda, bahwa rambutmu mulai rusak. Tapi, kamu tak perlu khawatir berlebihan, ya. Masalah tersebut masih bisa diatasi dan rambutmu pun akan kembali normal. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

1. Potong Bagian Ujung Rambut Secara Berkala

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
kawaibeautyjapan.com

Cara mengatasi rambut bercabang dan patah sangatlah mudah. Memotong bagian ujung rambut secara berkala, bisa menjadi opsi paling cepat dan mudah. Tak perlu repot-repot datang ke salon, kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Cukup siapkan sebuah gunting yang tajam. Memotong ujung rambut ini, harus dilakukan secara teratur, setiap beberapa minggu sekali, agar rambut bercabang hilang sempurna. Setidaknya potonglah 1 inci atau inci atau antara 0,6 hingga 2,5 cm. Dengan cara ini, rambutmu pun akan tubuh normal seperti sebelumnya.

2. Menyisir dengan Lembut

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
pntene.co.id

Menyisir rambut memang harus dilakukan sebagai salah satu cara merawat rambut. Namun, jika disisir secara berlebihan, justru dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan hingga bercabang, loh. Hal ini disebabkan oleh gesekan yang ditimbulkan. Untuk itu, usahakan untuk tidak menyisir rambut secara berlebihan dan terlalu kuat. Jika ingin menyisir, sisirlah ramutmu secara lembut dan gunakan sisir yang fleksibel atau bergigi jarang.

3. Gunakan Air Bersih

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
wolipop.detik.com

Penggunaan air saat membersihkan rambut harus diperhatikan. Sebab, biasanya rambut bercabang bisa terjadi karena air yang kurang bersih. Maka dari itu, pastikan air yang kamu pakai tidak mengandung zat kimia. Karena jika terdapat klorin pada air, akan menyebabkan rambut menjadi sangat kering layaknya jerami, kusut, hingga bercabang.

Biasanya, klorin dapat ditemui di kolam renang, yang sengaja digunakan untuk menjaga kolam terbebas dari bakteri berbahaya bagi manusia. Untuk menghindari kerusakan akibat klorin, cucilah rambut dengan air bersih dan sampo setelah berenang. Apabila memungkinkan, gunakan penutup rambut saat berenang untuk menghindari paparan klorin pada rambut.

4. Menggunakan Serum untuk Rambut Bercabang

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
my-best.id

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah dengan menggunakan serum. Penggunaan serum bukan hanya untuk mengatasi rambut bercabang saja, namun juga memperbaiki kerusakan rambut secara keseluruhan. Ketika rambutmu sudah sangat kering dan parah, penggunaan serum sangat disarankan sekali

Karena salah satu fungsi utama dari serum memang untuk menutrisi dan mengembalikan kesehatan rambut. JIka kamu tertarik untuk menggunakan serum, sebaiknya pilihlah yang diformulasikan dengan kandungan bahan alami agar lebih aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

5. Beralih Menggunakan Shampo Organik

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
beautynesia.id

Segeralah beralih dari shampo biasa ke shampo untuk rambut bercabang. Seperti sahmpo organik misalnya. Jika terus menerus menggunakan sahmpo biasa, justru akan menyebabkan rambut semakin kering, rontok, patah, hingga bercabang. Karena di dalamnya mengandung banyak bahan kimia.

Umumnya, shampo organik bebas dari kandungan paraben, sulfat, silicon, dan pewangi. Pun sebaliknya, shampo organik memiliki komposisi dari bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, jojoba oil, avocado oil, coconut oil, keratin, almond oil dan lain sebagainya. Nutrisi, vitamin dan minyak alami pada shampo akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan membuatnya lebih indah dan bercahaya. Meskipun harganya lumayan mahal, tapi tenang saja, kamu akan mendapatkan rambutmu kembali sehat.

6. Pijat Rambut dengan Minyak

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
hidupsehat88.com

Minyak memiliki fungsi yang beragam, seperti mengembalikan kelembapan pada rambut, sehingga rambutmu dapat tumbuh dengan sehat, bebas kering, dan terhindar dari rambut bercabang. Umumnya, minyak yang digunakan adalah zaitun, almond, serta minyak kelapa. Cara menghilangkan rambut bercabang dengan minyak zaitun atau minyak lainnya dipakai pada malam hari sebelum tidur. Kemudian pagi harinya bisa langsung dibilas dengan air bersih. Namun, apabila tak punya banyak waktu, cukup pijat selama satu jam lalu akhiri dengan mencucinya dengan air bersih.

7. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
lifestyle.okezone.com

Sudah bukan rahasia lagi, kalau gel lidah buaya bermanfaat sekali untuk kesehatan rambut. Salah satunya mengatasi rambut bercabang. Kamu hanya perlu mengoleskan campuran gel lidah buaya dan perasan jeruk nipis dari akar ke ujung rambut. Lalu, bilaslah menggunakan shampo jika sudah dibiarkan selama kurang lebih satu jam.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Ribet!
dream.co.id

Usahakn untuk tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, apalagi saat di siang hari, ketika mentari sedang terik. Sebab, sinar matahari dapat merusak rambut, menyebabkan rambut kerng, dan bercabang. Terutama, di antara jam 10 pagi hingga 2 siang, karena itu adalah waktu di mana sinar matahari paling menyengat.

Bagaimana soulisnya? Yakni dengan melindungi rambutmu dengan topi ketika beraktivitas di luar ruangan saat siang hari. Atau bisa juga menggunakan penutup hoodie maupun hijab. Meski sederhana, namun sangat luar biasa dalam mencegah rambut dari bercabang.

Baca Juga: 10 Tips Creambath di Rumah Agar Rambut Tetap Indah

Nah, itulah 8 cara mengatasi rambut bercabang dengan metode yang alami dan menggunakan cara yang mudah yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk segera terapkan dan lihat hasilnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.