12 Manfaat Madu untuk Wajah

12 Manfaat Madu untuk Wajah
google.com

Seruni.id – Madu tidak hanya enak dikonsumsi sebagai campuran berbagai makanan saja, tetapi madu juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa, mulai dari meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh, hingga untuk perawatan kecantikan. Manfaat madu untuk wajah bisa membuat kamu lebih hemat uang dan juga waktu. Pasalnya, hanya dengan berbekal madu saja, kamu tidak perlu lagi deh keluar rumah untuk perawatan ke salon, dan uangnya bisa kamu tabung untuk keperluan lainnya.

12 Manfaat Madu untuk Wajah
google.com

Sebelum membahas apa saja manfaat madu untuk wajah, kamu harus tahu dulu nih, bahwa ternyata madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan juga dapat memberikan efek menenangkan untuk kulitmu. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dibutuhkan kulit guna melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Tahu gak sih? Radikal sangat berbahaya loh, karena bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, mengalami penuaan dini, keriput bahkan memicu terjadinya kanker.

Berikut ini manfaat madu untuk wajah dan cara menggunakannya:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Wajah lembab bukan lagi menjadi impian, tapi bisa menjadi kenyataan. Sebab, solusinya ada pada madu. Madu memiliki kandungan yang dapat mengikat air sehingga wajah akan semakin lembab. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mengaplikasikan madu pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu dibilas menggunakan air hangat yang bersih.

2. Scrub Alamai untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Ingin scrub wajah di salon kecantikan tapi ragu karena biayanya yang sangat menguras isi dompet? Kini kamu bisa melakukan scrub wajah kapan pun dan dengan biaya yang sangat minim, loh. Yakni dengan memanfaatkan madu, gula pasir, dan sedikit minyak kelapa sebagai scrub alami untuk wajahmu. Banyak dipercaya ramuan alami ini sangat ampuh sekali untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kulit wajahmu tetap lembab dan halus sepanjang hari.

3. Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencegah serta mengatasi penuaan dini seperti garis halus. Madu juga berperan sebagai antioksidan yang sangat baik sehingga kulit wajah akan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas.

4. Manfaat Madu untuk Wajah Berjerawat

Selanjutnya, manfaat madu untuk wajah berjerawat dan berminyak. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Dengan menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat untuk meredakan peradangan dalam waktu semalam saja, loh. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mencampurkan madu murni dan bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang ketika hendak tidur. Ketika pagi hari, barulah bilas dengan air bersih dan rasakan perbedaannya.

5. Mencerahkan Wajah

Mau tahu apa rahasia kecantikan para wanita kerajaan Mesir kuno? Ternyata mereka rutin menggunakan madu sebagai masker alami untuk wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Selain mencerahkan wajah, madu juga dapat membantu memberikan efek rileks pada sel-sel di dalamnya.

6. Menyembuhkan Luka

Menurut sebuah peneliatian, di dalam madu terdapat susunan kimiawi, terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang. Zat pemanis yang terkandung di dalam madu juga dapat memprodukasi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka ataupun borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga akan mempercepat penyembuhan.

7. Mengecilkan Pori-pori

Enzim yang terdapat pada madu berguna untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori sehingga akan tampak mengecil. Sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya campurkan madu dengan coconut oil lalu pijat pada wajah dengan gerakan memutar. Lalu kemudian dibilas dengan air hangat.

8. Melindungi Wajah Terhadap Kerusakan

Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Selain itu, madu juga sangat efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

9. Eksfoliasi

Mengaplikasikan masker berbahan dasar madu pada wajah, dapat dijadikan sebagai eksfoliasi alami agar kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Penting untuk diketahui, bahwa tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur yang kasar di kulit. Madu dengan tekstur lembut juga bisa menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang ampuh untuk menangkat sel kulit mati pada wajah.

Hal ini disebabkan adanya kandungan enzim di dalamnya. Nah, kamu bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, sangat disarankan untuk mencampurkan oat dengan madu jika ingin dijadikan sebagai masker dan scrub wajah.

Sedangkan untuk kulit yang berminyak, bisa mencampurkan tepung dengan madu. Setelah itu, barulah aplikasikan campuran tersebut sambil memijat wajah selama 3-5 menit. Kemudian, diamkan masker madu selama lima menit di wajah, baru deh dibilas dengan air bersih.

10. Membantu Memutihkan Kulit

Ingin mendapatkan kulit yang putih seperti artis-artis Korea? Tak perlu khawatir, kamu juga bisa kok seperti itu. Caranya yakni hanya dengan menggunakan madu. Sifat antibakteri yang terdapat pada madu bisa meringankan peradangan, mempertahankan atau menjaga kulit dari kuman dan melembabkan kulit. Sebaiknya kombinasikan 1 1/2 sendok madu dengan yogurt segar. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulang cara ini setiap harinya.

11. Mengatasi Kulit Kering

Selain itu, dengan mengombinasikan madu dengan yogurt dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik, apalagi di saat musim panas. Keduanya memiliki sifat antibakteri yang sangat mampu membersihkan kulit. Dan madu yang kaya akan antioksidan serta humektan, berfungsi meningkatkan kelembapan kulit. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan yogurt tanpa pemanis dan tanpa rasa dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran ke wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Oleskan campuran ke wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Madu tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang. Akan tetapi, Moms harus menggunakan salah satu dari solusi ini dengan hati-hati jika memiliki alergi terhadap serbuk sari, seledri dan racun lebah.

12. Manfaat Madu untuk Wajah Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam memang tidak bisa dilakukan dalam waktu sejejap saja. Perlu melalui serangkaian proses. Namun dengan menggunakan madu, flek hitam di wajahmu akan hilang. Madu memang mengandung sifat penyembuhan alami yang terdiri dari enzim, antioksidan, dan anti bakteri yang dapat membantu membersihkan kulit. Selain itu, madu merupakan pelembab alami yang sangat baik.

Caranya, kamu bisa menyiapkan madu kurang lebih sebanyak 4 sendok makan. Tetapi sebelumnya, kamu cuci wajah dengan air hangat sehingga pori-pori terbua. Baru kamu oleskan madu pada keseluruhan wajah dan diamkan selama 15 menit, sebelum mengering, kamu bisa lakukan message ringan pada wajahmu agar kandungan madu semakin meresap. Dan setelah kering, segera bilas dengan air dingin. Gunakan 3 kali dalam seminggu agar hasilnya terlihat maksimal.

Cara Aman Merawat Wajah dengan Menggunakan Madu

Untuk mendapatkan segudang manfaat madu, kamu harus menggunakannya secara rutin. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

1. Gunakan madu untuk membuat kulit tampak cerah dan bersih dengan mencampurkan tomat kemudian dioleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan.

2. Untuk melembapkan, kamu bisa mengaplikasikan madu selama 5-10 menit pada wajah, kemudian cuci bersih dengan air hangat.

3. Agar kulit tetap lembut, bersihkan wajah dengan madu sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu.

4. Untuk menunda proses penuaan dini, aplikasikan madu pada wajah sebelum tidur setiap malam.

5. Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, campurkan tiga sendok air mawar dengan 1/4 cangkir madu dan aplikasikan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

6. Terakhir, untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, oleskan campuran madu dan susu di wajah. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Menguji Madu Asli Atau Palsu

Itulah 12 manfaat madu untuk wajah. Kamu bisa menggunakan madu murni untuk mengatasi segala permasalam pada wajahmu. Semoga informasi ini dapat membantu, ya. Selamat mencoba.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.