12 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan
bimcbali.com

Seruni.id – Virgin coconut oil (VCO) atau lebih dikenal dengan minyak kelapa murni adalah minyak yang disuling dari kelapa yang segar. Proses penyulingan inilah yang nantinya menghasilkan minyak dengan warna bening, aromanya yang harum, juga dengan kadar asam lemak bebas rendah dan cukup tahan lama jika disimpan.

12 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan
ulukhar.com

Kandungan utama VCO adalah asam laurat yang banyak manfaatnya. Lantas apa saja manfaat super VCO untuk kesehatan dan kecantikan?

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan asam laurat yang ada di dalam VCO sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Complementary and Alternative Medicine pernah melakukan sebuah uji coba, dan menemukan bahwa mengonsumsi dua sendok makan VCO per hari, maka akan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Studi lain juga pernah dilakukan pada pasien yang menderita penyakit jantung, kemudian dilakukanlah diet virgin coconut oil, maka kadar kolesterol baiknya pun meningkat, dan sebaliknya kadar kolesterol jahat (LDL) justru menurun. Dengan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung kita dapat meningkat dan risiko terkena penyakit jantung akan menurun.

2. Mendukung Kekebalan Tubuh

Untuk membantu mendukung kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit dan virus berbahaya, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu juga dibarengi dengan mengonsumsi minyak kelapa murni. Karena diketahui, di dalam minyak kelapa murni terkandung anti-virus, anti-jamur, serta anti-bakteri. Terlebih saat ini virus Corona sedang mewabah, untuk kekebalan tubuh tetap terjaga, cobalah untuk mengonsumsi VCO secara rutin.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamu ingin menurunkan berat badan? Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan berat tubuh yang ideal, asalkan kamu melakuakannya secara rutin. Nah, sebuah studi menemukan bahwa wanita yang megonsumsi VCO setiap hari, mereka mengalami penurunan lemak yang cukup signifikan, terutama di daerah perut. Meski minyak kelapa juga termasuk golongan lemak, namun dapat menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya kandungan jaringan lemak asam medium yang akan digunakan oleh tubuh untuk energi. Alih-alih menyimpannya sebagai lemak, namun hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Menyembuhkan Luka

Menyembuhkan luka pada bagian tubuh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama pada bagian siku maupun dengkul. Tapi, dengan menggunakan virgin coconut oil, luka ditubuh dapat sembuh lebih cepat. Hal ini diketahui oleh sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang terluka, ketika mengoleskan VCO ke bagian luka tersebut, ternyata memiliki waktu untuk sembuh lebih cepat.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Banyak yang meyakini bahwa minyak kelapa murini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kontipasi. Minyak kelapa melawan bakteri tidak sehat pada sistem pencernaan serta membantu penyerapan nutrisi pada tubuh.

6. Melindungi Karies Gigi

Plak pada gigi benar-benar sangat menganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Dengan menggunakan VCO masalah tersebut dapat terselesaikan dengan mudah. Manfaat virgin coconut oil yang bersifat antimikroba dapat mematikan sebagian besar bakteri yang menyebabkan karies. Sifat-sifat komponen aktif antiinflamasi dan antimikroba membuat virgin coconut oil menjadi bahan perawatan gigi yang murah dan aman. Selain menghilangkan plak, VCO juga mampu mengatasi radang gusi, loh.

7. Mengatasi Diabetes

Mengonsumsi ekstra virgin oil dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Manfaat yang satu ini ternyata belum banyak diketahui, loh. Ketika sel-sel resisten insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan dalam tubuh. Ini bisa berbahaya karena resistensi insulin merupakan penyebab diabetes tipe 2.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Neurobiology of Aging pada 2004 silam, menemukan bahwa kandungan asam lemak dalam VCO dapat meningkatkan memori pada lansia. Peningkatan kemampuan mengingat juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada virgin coconut oil.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau mentega, minyak kelapa murni bisa dimanfaatkan sebagai perlindungan yang baik terhadap kanker payudara dan usus besar. Hal tersebut berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa virgin coconut oil mampu menghambat pertumbuhan tumor usus besar dan payudara. Seringkali pasien kemoterapi merasa lemah karena rendahnya nafsu makan rendah. Menambahkan minyak ini ke dalam makanan dapat meningkatkan gizi, energi, dan metabolisme.

10. Menyeimbangkan Hormon

Asam lemak dalam virgin coconut oil dapat mempercepat metabolisme yang meningkatkan energi dan merangsang fungsi tiroid. Selain itu kandungan asam laurat membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama selama menopause.

11. Menyehatkan dan Menguatkan Rambut

Kebanyakan wanita yang tinggal di daerah pesisir pantai tropis menggunakan minyak kelapa murni sebagai salah satu treatment kecantikannya. Manfaat virgin coconut oil adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut. Selain itu, VCO juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe. Mengaplikasikan virgin coconut oil pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

Minyak kelapa murni ini, juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras. Untuk menjadikan virgin coconut oil sebagai perawatan, cukup oleskan ke rambut dengan menjadikannya sebagai masker.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat coconut oil untuk wajah sangat luar biasa. Minyak ini sangat baik sebagai pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Minyak kelapa merupakan solusi perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka. Tak heran, minyak ini seringkali digunakan dalam mengatasi gangguan kulit kronis seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan meredakan luka bakar.

Pada kulit yang sehat sekalipun, tak masalah jika mengoleskan minyak kelapa murni ini, karena secara tidak langsung dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar UV dan menghilangkan bekas luka. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak kaprilat dan laurat dalam virgin coconut oil mampu mengurangi peradangan secara internal dan eksternal. Melansir Stylecraze.com, berbagai kandungan asam lemak meliputi asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat mampu menembus beberapa lapisan kulit.

Baca Juga: 5 Resep Minuman Segar dari Air Kelapa untuk Buka Puasa

Itulah berbagai manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan. Gunakan saja minyak kelapa murni ini untuk menjaga kesehatan dan menangkal beragam penyakit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.