15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
kumparan.com

Seruni.id – Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata Bandung? Mungkin yang terbesit di benak kita adalah keindahan tempat wisatanya hingga udaranya yang sejuk. Tapi ternyata tidak hanya itu saja, loh. Kota yang dikenal dengan Paris van Java ini, juga menawarkan kuliner khasnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sana. Nah, bagi kamu yang mengaku suka banget jajan, berikut ini Seruni berikan ulasan tentang aneka ragam jajanan khas Bandung yang melegenda yang menggoda. Langsung saja di simak, ya!

1. Surabi Oncom

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
google.com

Surabi oncom, menjadi salah satu jajanan pinggir jalan yang laris di Bandung. Penganan berbahan dasar tepung terigu ini, sangatlah pas dimakan di pagi hari ataupun sore menjelang malam. Dengan taburan oncom beserta rempah-rempah di atasnya, sangat nikmat untuk disantap. Meskipun kini variasi surabi sudah banyak, namun bagi kamu yang lidahnya tradisional, surabi oncom tetap paling juara. Penjual surabi ini, biasanya bisa kita jumpai di pinggir-pinggir jalan di Kota Bandung.

2. Lumpia Basah

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
google.com

Aneka jajanan khas Bandung yang juga banyak dicari orang adalah lumpia basah. Makanan yang satu ini bentuknya tak jauh berbeda dengan lumpia basah khas Yogyakarta dan Semarang. Hanya saja, lumpia tidak dilipat seperti amplop dengan isian tauge dan telur. Rasanya pun cenderung gurih dan pedas.

3. Cilok

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
google.com

Cilok alias aci dicolok ini merupakan jajanan khas Bandung yang jadi favorit masyarakat Indonesia. Terbuat dari tepung aci yang dibentuk bulat dan disajikan basah dengan bumbu kacang. Kini, cilok menjadi jajanan yang ada di semua kota di seluruh Indonesia. Bahkan, di beberapa kota, nama cilok dimodifikasi sesuai dengan nama khas daerah masing-masing. Seperti pentol untuk di daerah Jawa Timur atau salome di Balikpapan.

4. Cilor

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
google.com

Orang Bandung terkenal sangat kreatif dalam menciptakan kuliner yang menarik. Tak terkeculai jajanan berupa cilor ini. Memiliki bahan dasar sama seperti cilok dan cireng, namun yang membedakan adalah cilor disiram dengan kocokan telur. Jajanan anak SD di Bandung ini sekarang ada hampir di semua kota di Indonesia, loh. Jadi, jika kamu ingin menikmatinya, tak perlu lagi jauh-jauh ke Bandung.

5. Cimol

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
merdeka.com

Jajanan yang satu ini,memang bentuknya hampir mirip dengan cilok. Namun bola-bola kecil berwarna putih ini dimasak dengan cara digoreng dana disantap dengan bumbu tambahan, seperti bubuk cabai, barbeque, asam manis dan lain sebagainya. Menyantap cimol memberikan sensai yang ringan dan kenyal. Paling enak dimakan saat hangat dengan ditemani minuman favoritmu.

6. Seblak

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
google.com

Jajanan khas Bandung yang satu ini, memang sedang hits di kalangan anak muda. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu bawang, cabai, dan kencur ini, menghasilkan hidangan berkuah yang unik. Kerupuknya memberikan tekstur kenyal yang pas dicampur dengan kuah pedas. Terkadang, seblak juga dicampur dengan ceker, ayam, telur, dan tambahan topping lainnya seperti keju dan sosis. Seblak memang merupakan makanan yang pas untuk disantap saat menghadapi cuaca Bandung yang sejuk.

7. Cuanki

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
qraved.com

Jika dilihat secara tampilan, cuanki mirip dengan bakso malang. Bedanya, cuanki tidak memakai mie kuning. Isiannya meliputi tahu putih isi aci, bakso, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Kuahnya dibiarkan bening dan hanya ditambahkan sedikit daun bawang dan bawang goreng. Rasanya gurih dan cocok untuk disantap saat cuaca dingin.

8. Tahu Bulat

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
kuliner.panduanwisata.id

Rasanya sudah banyak yang tahu dengan jajanan khas Bandung yang sempat viral ini. Yang menjadi ciri khas dari tahu bulat ini adalah jargonnya, “Tahu bulat digoreng dadakan 500-an”. Biasanya si penjual menggunakan mobil pickup yang disertakan dengan pengeras suara. Sesuai dengan jargonnya, tahu yang berbentuk seperti bola-bola ini paling enak digoreng dadakan atau disantap selagi masih hangat.

9. Batagor

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
pegipegi.com

Jika kamu adalah penggemar batagor, pasti sudah tak asing lagi dengan gerobak penjual makanan bertuliskan “Batagor Bandung”, meskipun kamu tak sedang di Bandung. Walaupun mungkin sudah sering menyantapnya, jangan lupa untuk sempatkan diri makan batagor di Bandung agar bisa merasakan keaslian sajiannya. Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap.

10. Siomay

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
dream.co.id

Selain ada batagor, juga ada siomay yang menjadi jajanan khas Bandung dengan kenikmatan yang tak ada tandingannya. Meskipun bumbu siraman yang disajikan sama, namun siomay tidaklah digoreng, melainkan dikukus. Selain itu, siomay juga dilengkapi dengan pare, kentang, dan sayur kubis yang tidak kamu temukan di batagor. Tapi, dua-duanya sama enaknya, kok.

11. Bakso Goreng

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
pesonanusantara.co.id

Sesuai dengan namanya, jajanan khas Bandung yang berikut ini merupakan olahan dari bakso yang digoreng atau lebih dikenal dengan sebutan basreng. Basreng tak melulu berbentuk bundar, namun ada pula yang membuatnya berbentuk seperti keripik. Dua-duanya sama-sama enak dan sudah pasti bikin ketagihan. Agar menambah kenikmatannya, basreng biasanya akan ditambahkan dengan bumbu gurih pedas dengan beberapa tingkatan level.

12. Kue Cubit

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
endeus.tv

Beberapa waktu lalu, kue cubit sempat menjadi jajanan pinggir jalan kekinian. Kue asal Bandung ini sangat terkenal, loh. Apalagi rasanya yang enak dan harganya yang murah. Karena sempat viral, banyak penjual kue cubit bermunculan di seluruh wilayah Indonesia. Kue cubit memiliki aneka ragam varian. Mulai dari green tea, nutella, oreo, dan cokelat KitKat.

13. Cireng

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
masakapahariini.com

Kamu pasti sudah sangat mengenal dengan jajanan yang satu ini. Cireng alias aci digoreng, memiliki bahan dasar aci yang sudah dibumbui gurih lalu digoreng. Rasanya yang empuk dan kenyal, membuat semua orang jatuh cinta. Kini cireng bahkan sudah memiliki banyak kombinasi dengan beragam bahan seperti sosis dan keju. Bahkan, sudah banyak pula hidangan rujak cireng yang menggabungkan antara cireng dengan saus rujak.

14. Es Doger

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
resepkoki.id

Siang hari memang paling nikmat minum es doger. Minuman khas Bandung ini, merupakan campuran dari sirup, tape ketan, tape singkong, susu, roti, dan es puter ini bikin tenggorokan segar sekaligus perut kenyang. Tak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menikmati es ini, karena sekarang es doger sudah ada di mana-mana.

15. Es Cendol

15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Melegenda
idntimes.com

Es cendol ternyata merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti butiran air. Kalau di Jawa Tengah, cendol ini mirip seperti es dawet. Rasa manisnya berasal dari gula merah yang dicairkan, sedangkan rasa gurihnya berasal dari santan.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Sunda Paling Enak dan Jadi Favorit Banyak Orang

Itulah 15 jajanan pinggir jalan khas Bandung yang kini sudah ada di mana-mana. Kamu paling suka jajanan yang mana saja nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.