Hati-hati, ini 7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Hati-hati, ini 7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita
health.detik.com

Seruni.id – Ketika serangan jantung datang, gejala yang dirasakan wanita tidak sama dengan yang dirakan oleh laki-laki. Wanita tak melulu mendapatkan gejala klasik yang sama dengan laki-laki, seperti nyeri dada yang turun ke satu lengan.

Hati-hati, ini 7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita
Grossesblutbild.de

Gejala serangan jantung pada wanita yang seperti ini bisa saja terjadi, tetapi yang tak jarang mereka mengalmi gejala yang ‘tersembunyi’ atau samar sehingga mungkin saja tak disadari. Dengan begitu, penting sekali untuk mencari cara mengetahui gejala penyakit jantung pada wanita. Berikut ini akan Seruni bahas sebagaimana yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nyeri Dada

Gejala serangan jantung pertama pada wanita yakni ditandai dengan rasa nyeri pada bagian dada. Perempuan yang mengalami nyeri dada berbeda karena tidak ada rasa sakit di sisi kanan pun sisi kiri dada. Rasa sakit bisa menyebar di mana saja. Seperti yang dilansir dari popmama.com, seorang ahli janutng Rita Redbred telah menjelaskan, bahwa wanita “Merasa seolah-olah kemampuannya telah diperketat”.

2. Nyeri pada Bagian Lengan, Punggung, Leher, dan Rahang

Jenis rasa sakit ini kerap terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sakitnya bisa terjadi secara bertahap, bahkan tiba-tiba sekalipun. Dan perlahan-lahan hilang hilang sebelum tiba-tiba menjadi intens. Jika kamu sedang dalam keadaan tidur pun, serangan ini dapat membangunkanmu.

3. Kelelahan Ekstrim

Wanita yang mengalami gejala serangan jantung, akan merasa sangat kelelahan dan tidak mampu melakukan tugas-tugas sederhana. Kita harus ingat, bahwa perempuan yang kelelahan tak melulu disebabkan karena seharian bekerja di kantor, namun justru bisa kelelahan karena merawat anak-anak dan menjaga kerapihan rumah.

4. Keringat Dingin

Gejala serangan jantung pada wanita yang paling umum yakni keluarnya keringat dingin dari dalam tubuh. Mereka akan cenderung lebih sering berkeringat karena stres daripada karena berolahraga atau menghabiskan waktu di luar ruangan dengan udara yang cukup panas. Jika mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter agar mengetahui lebih jelas.

5. Sesak Napas

Jika kamu mengalami kesulitan napas yang parah tanpa ada alasan yang jelas, bisa jadi itu adalah tanda serangan jantung, terutama jika kamu juga memiliki satu atau lebih gejala lainnya.

6. Nyeri pada Bagian Perut

Perempuan yang mengalami gejala serangan jantung, akan merasakan nyeri pada bagian perut. Mereka merasa seolah-seolah terdapat benda yang menindihi perutnya bersama dengan gejala lainnya.

7. Mulas

Ketika kamu merasakan mulas selepas makan, rasanya tak perlu khawatir. Namun, jika rasa mulas itu datang tanpa ada kaitannya dengan makanan, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Rasa sakit di dada yang hampir mirip dengan rasa terbakar dan mulas pada perut, bisa disebaban oleh kurangnya aliran darah ke jantung dan bisa memicu serangan jantung.

Baca Juga: Benarkah Keringat yang Berlebihan pada Telapak Tangan Tanda Lemah Jantung?

Itulah beberapa gejala serangan jantung tersembunyi yang bisa terjadi pada seseorang. Jika kamu mengalami gejala di atas, jangan diabaikan, ya. Segeralah periksakan diri ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.