16 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan
halodoc.com

Seruni.id – Siapa yang tak tahu buah pepaya, buah dengan rasa yang manis dan dagingnya yang lunak ini kaya akan manfaat. Ternyata bukan hanya dagingnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun juga biji pepaya di dalamnya memiliki manfaat yang begitu luar biasa.

 16 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan
halodoc.com

Tak hanya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Seruni akan memaparkan 16 manfaat biji buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Melindungi Sistem Pencernaan dari Bakteri dan Parasit

Manfaat yang pertama untuk kesehatan adalah dapat melindungi sistem pencernaan dari segala bakteri dan parasit. Bijinya yang berwarna hitam dan diselimuti dengan selaput bening ini memiliki nutrisi penting dengan khasiat sebagai antibakteri yang efektif melawan bakteri. Selain itu, biji buah pepaya juga mampu membunuh parasit dalam pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan ginjal perlu dijaga sebaik mungkin. Karena ginjal memiliki peranan yang sangat penting, agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Para ahli dari Universitas Karachi, Pakistan, menemukan bahwa biji buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal. Segala gangguan yang berkaitan dengan ginjal pun dapat dicegah dan diatasi dengan biji buah pepaya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan di dalam buah pepaya juga bisa melindungi jantung dan meningkatkan kemampuan kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dalam menjaga kesehatan jantung. Bahkan, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Departement of Preventive Cardiology, Ullevål University Hospital, Norwegia, pepaya mengandung lycopene dan vitamin C dapat mencegah penyakit jantung.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Buah pepaya juga mengandung lycopene, yang dipercaya bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Buah dengan warna oranye ini, sangat bermanfaat sekali untuk mereka yang sedang mendapat perawatan akibat kanker.

5. Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Sebagian wanita seringkali merasakan nyeri pada bagian perutnya ketika sedang menstruasi. Namun, jangan panik ketika hal ini terjadi. Pasalnya, rasa sakit tersebut bisa diatasi dengan mudah, salah satunya yakni mengonsumsi pepaya. Hal ini dikarenakan enzim papain yang bisa meregulasi aliran darah saat datang bulan.

6. Berperan Sebagai Anti Diare

Sebenarnya banyak sekali obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah diare, namun tak sedikit yang memilih untuk memanfaatkan tanaman obat sebagai alternatif. Salah satunya adalah biji buah pepaya. Akan tetapi, pemanfaatan biji buah pepaya ini masih rendah, padahal biji buah pepaya mengandung senyawa aktif seperti tanin, fenol, saponin, dan alkaloid. Senyawa tersebut dapat digunakan sebagai antidiare.

7. Mengurangi Kolesterol Darah

Manfaat biji buah pepaya berikutnya, dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena biji buah pepaya mengandung senyawa flavonoid yang memiliki peran penting sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi oksidasi kolesterol.

8. Sebagai Kontrasepsi Alamai

Biji buah pepaya dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami yang bebas efek samping, baik digunakan oleh wanita maupun pria. Tak heran, jika sejak lama, para wanita pun pria di India dan Asia Tenggara kerap menggunakan buah pepaya dan bijinya untuk mengontrol kesuburan.

Jadi, bagi wanita yang sedang mengandung atau ingin segera hamil, ada baiknya tidak mengonsumsi biji buah pepaya. Larangan serupa juga berlaku bagi mereka yang sedang menyusui, karena sifat anti-parasit di dalamnya cukup kuat sehingga bisa melukai saluran cerna si kecil.

Sedangkan, untuk pria, mengonsumsi sedikitnya satu sendok teh biji buah pepaya setiap hari selama tiga bulan, akan mengurangi produksi sperma secara signifikan, tanpa memengaruhi libido. Tapi tenang saja, dampak di atas tidak akan dirasakan selamanya, melainkan hanya sementara. Ketika kamu berhenti mengonsumsinya, maka kesuburan seseorang akan kembali normal.

9. Membunuh Parasit Berbahaya

Manfaat biji buah pepaya yang tak kalah luar biasa adalah kemampuannya dalam membunuh cacing serta amoeba parasit yang ada di dalam usus. Ini dikarenakan kandungan senyawa alkaloidnya yang bernama karpain serta kandungan enzim proteolitiknya (papain) yang cukup tinggi. Menurut beberapa studi, anak-anak di Nigeria dapat terbebas dari parasit hingga 75%, berkat mengonsumsi jus biji buah pepaya secara rutin selama tujuh hari.

10. Mangatasi Cacingan

Khasiat berikutnya yang dimiliki biji buah pepaya adalah mampu mengatasi cacingan dalam saluran pencernaan. Untuk mendapatkan manfaatnya, biasanya biji buah pepaya dimanfaatkan sebagai sirup yang memiliki efek antelmintik, yang berguna sebagai pemberantas dan mengurangi cacing di dalam tubuh manusia. Mengonsumsi biji pepaya kering pun berperan penting sebagai antihelmintik dan berkhasiat dalam mengatasi masalah cacingan pada anak usia sekolah.

11. Mencegah Jerawat

Selain untuk kesehatan, biji buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Jika diolah menjadi minyak, akan memiliki sifat anti-inflamasi sehingga sangat berguna dalam mencegah jerawat. Selain itu, minyak dari biji buah pepaya sangat ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Artinya, minyak tersebut tidak akan menyumbat pori-pori ataupun menyebabkan lebih banyak iritasi, namun hanya akan membersihkan dan melarutkan sel-sel kulit mati.

12. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya bermanfaat membuat badan kalian menjadi lebih sehat, pepaya juga bisa membuat kulit kalian lebih terlihat awet muda, loh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan lycopene dalam pepaya bisa melindungi kulit kalian dari radikal bebas dan mengurangi tanda penuaan.

13. Meratakan Warna Kulit

Kamu memiliki warna kulit yang tidak merata akibat jerawat yang membandel? Tenang saja, kamu bisa menggunakan buah pepaya untuk memperbaikinya, karena buah dengan rasa manis ini merupakan exfoliator alami.

14. Eksfoliasi Alami

Enzim eksfoliasi alami bernama papain akan membantu meremajakan kulit dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih. Enzim ini mampu memecah sel-sel kulit mati dan sebum di pori-pori kulit. Hasilnya yaitu kulit yang lebih segar, halus, dan kenyal saat disentuh.

15. Mencerahkan Kulit

Ingin mendapatkan kulit cerah secara alami? Sepertinya kamu memerlukan minyak dari biji buah pepaya. Karena minyak tersebut mengandung vitamin C dan karoten yang akan membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kulit kusam. Kedua kandungan ini juga membantu menghambat produksi bakteri yang menyebabkan bintik-bintik gelap.

16. Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat pepaya untuk kecantikan yang belum banyak diketahui adalah mampu membantu pertumbuhan rambut. Hal tersebut dapat bekerja karena adanya asam folat pada pepaya yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa merasakan manfaat ini dengan mengonsumsi pepaya secara teratur. Jadi, bersiaplah untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat.

Cara Mengonsumsi Biji Pepaya

Sekarang sudah tahu kana pa saja manfaat biji buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan? Sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana aturan dan cara mengonsumsinya. Tujuannya agar manfaat tersebut dapat dirasakan secara maksimal.

Usai membelah pepaya menjadi dua bagian, jangan lupa kumpulkan bijinya dengan sendok besar. Biasanya biji buah pepaya masih terbungkus oleh substansi menyerupai agar-agar (gelatin) yang bisa dibilas di bawah air mengalir.

1. Memakan Biji Buah Pepaya Mentah-mentah

Kamu bisa mengonsumsinya secara mentah-mentah jika tahan dengan rasanya yang pahit dan sedikit pedas. Penting sekali untuk mengunyahnya secara perlahan agar mendapatkan manfaat yang signifikan. Hal ini dikarenakan kulit biji buah pepaya cukup keras sehingga perlu dikunyah dengan benar. Jika tidak sanggup, kamu bisa mengunyahnya bersamaan dengan madu demi menyamarkan rasa pedas dan pahitnya.

2. Diolah menjadi makanan atau minuman

Alternatif lain adalah dengan menumbuknya sebagai taburan salad atau bahan smoothies bersama dengan susu atau madu. Kamu juga bisa menaburkan bubuk biji buah pepaya di atas sup, steak, atau makanan lain. Caranya sangat mudah, sebelum digunakan biji buah pepaya harus dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari, lalu goreng tanpa minyak. Setelah ditumbuk halus, maka biji pepaya siap ditaburkan sebagai pengganti merica bubuk. Kamu bahkan bisa membeli biji pepaya bubuk organik yang dijual di pasar atau supermarket, dan mencampurkannya ke dalam makanan.

Baca Juga: 9 Mitos atau Fakta Daun Pepaya

Namun, sangat disarankan mengonsumsinya dalam jumlah yang tak berlebihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biji buah pepaya tinggi kandungan lemak serta protein. Selain kaya lemak, biji pepaya juga tinggi kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.