17 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
latansa.id

Seruni.id – Karang gigi terkadang membuat kita nyaman serta menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, selain pergi ke dokter gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami bisa kamu lakukan di rumah, dengan bahan-bahan sederhana, loh.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
dentaluniverse.com

Tapi, sebelumnya, kita akan membahas lebih lengkap apa sih sebenarnya karang gigi itu? Dan kenapa bisa menempel pada bagian gigi kita?

Karang gigi, atau kalkulus gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi, yang juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi palk untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket. Adanya karang gigi bisa menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah lagi loh, bakan bisa menyebabkan radang gusi.

Mungkin kamu pernah mengalaminya, atau sekarang memang sedang mengalami karang gigi? Ingin segera mengatasi masalah ini? Yuk kita kenali dulu penyebab karang gigi yang membuat kita jadi kurang percaya diri.

Penyebab Karang Gigi

Pada umumnya, karang gigi ditimbulkan karena sisa-sisa makanan yang tertinggal lama, dan tidak segera dibersihkan. Nah, lama-kelamaan sisa makanan tersebut akan menumpuk dan terbentuklah menjadi karang gigi. Air liur yang mengandung mineral pun justru akan membantu proses pengerasan karang gigi, loh. Tak hanya itu, karang gigi juga bisa menyebabkan beberapa penyakit mulai dari yang ringan sampai penyakit serius. Berikut dampak penyakit akibat karang gigi:

Bau Mulut

Sisa makanan yang menempel pada gigi dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma yang tak sedap pada mulut.

Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang tentu akan menimbulkan sakit. Tahu gak sih? Ternyata penyebab gigi berlubang, selain sering mengonsumsi makanan yang manis, juga disebabkan oleh adanya karang gigi, loh. Sebab, karang gigi akan mengeluarkan zat asam yang bisa merusak email gigi. Padahal, email gigi merupakan bagian terkeras yang berada di lapisan paling luar. Setelah gigi semakin keropos, maka gigi akan semakin mudah berlubang.

Radang Gusi

Gigi yang kotor dapat menyebabkan gusi mudah terinfeksi sehingga gusi akan mudah terinfeksi dan kemudian menjadi sering berdarah. Parahnya lagi, radang gusi bisa menyebabkan benjolan hingga mengeluarkan nanah.

Periodontitis

Saat radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi pun akan rusak. Pada masa ini, gigi juga bisa tanggal. Bahkan, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke dalam aliran darah, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan hal-hal yang lebih serius lagi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Setelah mengetahui, penyebab karang gigi, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang membandel. Berikut ulasannya:

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dan mudah, adalah dengan rajin menggosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Dalam proses menggosok gigi, membutuhkan waktu yaitu kurang lebih selama 2 menit. Hal ini dilakukan agar kuman di dalam gigi hilang dan gigi benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan yang tertinggal.

2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Ketika hendak menyikat gigi, sebaiknya gunakanlah pasta gigi yang mengandung flouride. Sebab, pasta yang mengandung flouride bisa membersihkan gigimu dari sisa makanan secara sempurna. Selain itu, flouride juga akan mencegah plak agar tidak berkembang. Selain flouride, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophophates, zinc, citrate, dan triclosan. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

3. Gunakan Kulit Jeruk

Biasanya buah jeruk hanya diambil isinya saja untuk dimakan, dan setelah itu kulitnya dibuang begitu saja. Nah, siapa sangka, kulit jeruk bisa menghilangkan karang gigi yang bersarang di mulutmu, loh. Hal ini disebabkan karena kandungan asam yang dimilikinya. Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan kulit jeruk ini sangat mudah kok. Kamu hanya perlu menggosokkan kulit jeruk ke karang gigi kurang lebih selama 2-3 menit. Selain digosok, kulit jeruk juga bisa dibuat menjadi pasta dan mengoleskannya pada karang gigi.

4. Mengunyah Biji Wijen

Biji wijen yang kerap digunakan sebagai taburan sebuah hidangan kue ini, juga mampu menghilangkan karang gigi. Gimana caranya, ya? Caranya hanya dengan mengunyahnya. Biji wijin yang digunakan pun hanya segenggam, loh. Nah, ketika kamu sedang mengunyah biji wijen tersebut, kemudian gosoklah gigi dengan menggunakan sikat yang kering. Biji wijen yang memiliki bentuk kecil ini, berfungsi sebagai scrub alami yang dapat mengurangi karang gigi.

5. Mengunyah Daun Sirih

Aktivitas mengunyah daun sirih ini biasanya kerap dilakukan oleh orang tua zaman dahulu. Tujuannya adalah untuk mencegah bahkan menghilangkan karang gigi yang membandel serta bau mulut yang tidak sedap. Caranya, kamu hanya perlu mengambil satu lembar daun sirih, dan bisa ditambahkan satu batang cengkeh. Kemudian, dihaluskan namun jangan sampai terlalu halus, ya. Jika sudah, kamu bisa langsung segera mengunyahnya.

6. Menggunakan Jus Lemon

Jus yang memiliki rasa kecut ini, ternyata juga menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi secara alami, loh. Rasa asam pada jus lemon mampu membantu menghancurkan plak dan membuat gigi kembali putih. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon. Kemudian sikat gigi secara perlahan dan biarkan selama satu menit sebelum membilasnya. Namun harus diingat, jangan menggunakannya secara berlebihan, ya, karena bukan karang gigi yang hilang justru akan menimbulkan erosi pada gigi.

7. Gunakan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya sangatlah banyak, untuk kecantikan, rambut, sampai dengan menghilangkan karang gigi. Untuk membersihkan karang gigi, pertama-tama, kamu harus mencampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya dengan 4 sendok teh gliserin, 4 sendok makan baking soda, dan 8-10 tetes minyak esensial lemon, yang kemudian diaduk rata hingga menjadi pasta. Setelah itu, kamu bisa segera menggosokkannya ke gigi dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapkan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini stiap 2-3 hari sekali.

8. Cengkeh

Cengkeh dikenal sebagai oabt penyembuh sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga bermanfaat sebagai penghilang karang gigi, loh. Caranya dengan menumbuk cengeh sampai berbentuk serbuk, kemudian oleskan ke gigi yang memiliki karang. Atau jika ingin lebih praktis tanpa harus menghaluskan cengkeh, kamu bisa langsung mengunyahnya secara teratur. Dengan begitu, karang gigi serta bau mulut akan hilang seketika.

9. Stroberi

Untuk mendapatkan gigi yang putih bersih tanpa ada karang gigi, kamu bisa memanfaatkan buah stroberi nih. Nutrisi dan kandungan vitamin yang terkandung di dalam buah ini dipercaya dapat mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Nutrisi yang terkandung, juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi yang sering membuat gigi menjadi kuning. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan buah stoberi untuk menghilangkan karang gigi? Caranya adalah dengan makan buah stroberi itu secara langsung dengan rutin. Setelah selesai memakan dan mengunyah stroberi ini, kamu bisa menggosok gigi seperti biasa kemudian berkumur.

Kamu juga bisa menghaluskan buah stroberi kemudian mencampurnya dengan baking soda. Oleskan ke gigi secara merata, diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, berkumurlah dan gosok gigi seperti biasa. Lakukan cara ini satu sampai dua kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang maksimal.

10. Biji Asam Kawak

Karang gigi sudah mengeras dan sulit dihilangkan? Tenang, biji asam kawak bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkannya nih. Cara ini memang mungkin belum banyak yang tahu. Padahal, biji asam kawak memiliki efektifitas yang tinggi dalam membantu membersihkan karang gigi, loh. Hanya tinggal mengunyah biji asam kawak sampai melumat. Kemudian, jangan ditelan ya, melainkan gosok gigi kamu menggunakan lumatan biji asam kawak tersebut.

11. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras berikut ini tergolong mudah dan tidak memerlukan peran dokter gigi. Ternyata, baking soda juga efektif untuk menghilangkan karang gigi. Tak hanya itu, baking soda juga memiliki zat antibakteri yang bisa memutihkan gigi.

Caranya, dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dan sedikit garam ke pasta gigi yang kamu gunakan untuk menggosok gigi. Sikatlah gigimu dengan menggunakan baking soda ini dalam jangka waktu satu minggu sekali. Ingat, jangan lakukan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini lebih dari 1 kali dalam seminggu, ya. Karena akan berpotensi merusak email gigimu.

12. Flossing Gigi

Apa sih flossing gigi itu? Flossing gigi merupakan sebuah kegiatan yang berfungsi membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus untuk gigi. Benang khusus ini akan membuat proses pembersihan karang gigi menjadi lebih mudah karena dapat menjangkau area-area yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan gosok gigi.

13. Menggunakan Kulit Pisang

Tak hanya kulit jeruk, cara menghilangkan karang gigi yang membandel juga bisa dengan menggunakan kulit pisang. Caranya, dengan mengupas satu lembar kulit pisang, yang kemudian kulit pisang tersebut digosokkan pada gigi atas dan bawah, lakukan cara ini sampai seluruh gigi sepenuhnya terlapisi pasta buah dari kulit pisang tersebut. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Jaga mulut untuk tetap dalam kondisi terbuka dan usahakan jauhkan bibir dari gigi.

Hal ini memang tidak nyaman. Namun, harus tetap dilakukan agar pasta pisang tidak hilang. Lalu setelah itu, gosok gigi dengan menggunakan sikat gigi kering, gosok dengan gerakan berputar lembut selama 1 sampai 3 menit. Basahi sikat gigi dan kembali sikat untuk membersihkan pasta pisang dari gigi. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah-langkah ini setiap hari, ya.

14. Cuka Putih

Cuka putih juga perperan penting loh untuk mencegah bahkan menghilangkan karang gigi. Kamu dapat mencampurkan 2 sendok teh cuka putih dengan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangir air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur 1-2 kali sehari.

15. Mengonsumsi Keju

Selain rasanya yang enak, keju ternyata dapat mencegah timbulnya plak pada gigi. Konsumsilah keju sebelum kamu makan, karena dengan begitu dapat menetralkan asam yang akan mencegah karang gigi. Jika keju dirasa sangat mahal harganya, maka anda dapat mencoba mengkonsumsi Kacang mentah yang juga dapat menetralkan asam

16. Arang

Jauh sebelum pasta gigi kita kenal ternyata arang telah lebih dulu menjadi pasta gigi alami sejak jaman nenek moyang. Kamu cukup mencampukan arang dengan minyak mentah organik lalu gunakan untuk menyikat gigi. Bahan yang bisanya digunakan untuk membakar sate ini, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Bahkan, saat ini, sudah beredar dipasaran pasta gigi yang berasal dari arang atau disebut dengan charcoal.

17. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayur telah diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat juga menghilangkan karang gigi. Terutama apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

Itulah 17 cara menghilangkan karang gigi secara alami dan mudah diterapkan. Memang cara mengatasi karang gigi secara alami tidaklah secepat jika kita pergi langsung untuk meminta bantuan paramedis. Dan biasanya membersihkan karang gigi sendiri tidak sebersih jika dokter yang membersihkan karena ada celah dimana kita tidak dapat menjangkau karang di sela gigi terdalam.

Maka ada baiknya kita memeriksakan rutin gigi kita setiap 6 bulan sekali. Nah, dari beberapa cara membersihkan karang gigi, tentu lebih baik mencegah dari pada mengobati, lalu bagaimana cara mencegah karang pada gigi?

Cara Mencegah Karang Gigi

Sikat Gigi dengan Teratur

Karang gigi disebabkan oleh tumpukan plak akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, jika ingin menghindari atau mencegah terjadinya karang gigi, maka sikat gigilah secara rutin dan teratut. Minimal 2 kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan Pasta Gigi yang Tepat

Pilihlah pasta gigi yang bisa menghilangkan karang gigi dan disertai dengan kandungan flourida yang tinggi. Kandungan flourida yang banyak di dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi kamu dari kerusakan dan mencegah untuk tidak

Gunakan Obat Kumur

Setelah sikat gigi, jangan lupa untuk menggunakan obat kumur, ya. Gunakanlah obat kumur yang mengandung antiseptik. Obat kumur dengan antiseptik efektif membunuh kuman penyebab plak yang menjadi awal dari terjadinya karang gigi.

Hindari Makanan yang Mengandung Gula

Bakteri sangat suka dengan makanan yang mengandung gula berkadar tinggi. Itu sebabnya mengapa orang yang sering mengonsumsi makanan-makanan manis kerap mengalami karang gigi.

Berhenti Merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, maka bukan hal yang aneh jika gigimua justru berkarang. Rokok juga berkontribusi terhadap munculnya karang gigi. Ini dikarenakan rokok mengandung zat kimia yang memang bisa membuat gigi menjadi berkarang. Hindari kebiasaan merokok agar gigi kamu bebas dari karang.

Perhatikan Pola Diet

Alasan mengapa gigi bisa dipenuhi dengan karang adalah pola dan pemilihan makanan tidak baik selama ini. Semakin banyak kamu mengonsumsi makanan manis, maka semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut kamu. apalagi jika kamu tidak langsung membersihkan gigi setelahnya. Makanan yang mengandung gula tinggi adalah makanan yang paling diinginkan oleh bakteri. karena itu, sebaiknya kamu menghindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.
keropos.

Rajin Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Untuk mencegah terjadinya karang gigi, hal yang paling penting adalah sering-sering memeriksakan gigimu pada dokter gigi. Setidaknya memeriksakan kesehatan gigi berkala 6 bulan sekali ke Dokter gigi merupak cara efektif untuk menjaga kesehatan gigi kita

Rajin Merawat Gigi, Kunci Utama Gigi Sehat Bebas Karang

Selain menerapkan cara menghilangkan karang gigi di atas, hal yang sebenarnya lebih penting adalah meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap kesehatan gigi. Jika rasa peduli itu sudah muncul, otomatis kita akan melakukan segala cara untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat!

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.