5 Cara Menghindari Rasa Malas untuk Beribadah

5 Cara Menghindari Rasa Malas untuk Beribadah
koranseruya.com

Seruni.id – Mungkin di antara kita pernah mengalami rasa malas untuk beribadah. Terlebih, ketika waktu shalat tiba. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat manusia selalu digoda setan, agar tidak mau beribadah menyembah Tuhannya.

5 Cara Menghindari Rasa Malas untuk Beribadah
rctiplus.com

Setiap Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu. Jika tidak, maka mereka akan mendapatkan dosa. Penyakit malas yang sangat merugikan ini, tentu harus dibuang jauh-jauh. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghindari rasa malas untuk beribadahan yang paling ampuh.

1. Selalu Mengingat Akhirat

Dunia hanya tempat singgah sementara, tak perlu ada yang kita puja-puja, selain Allah SWT. Kita boleh saja bersenang-senang hidup di dunia, namun ada yang perlu diingat. Yakni, segala perbuatan yang dilakukan di dunia, akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Entah perbuatan kita tersebut akan membawa ke surge atau neraka. Jadi, jangan pernah meninggalkan shalat selama kita masih diberikan kesempatan untuk beribadah. Ingatlah selalu akhirat agar rasa malas tersebut hilang.

2. Perbanyak Istighfar

Rasa malas untuk beribadah dan melakukan segala amal baik, bisa datang kapan saja. Sebagai solusinya, ucapkanlah istighfar sesering mungkin, karena dengan cara itulah rasa malas tersebut akan hilang.

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

3. Menjauhi Hal Negatif

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari hal-hal yang bernilai negatif, alias yang tidak baik untuk diri sendiri. Perbanyaklah untuk melakukan hal-hal positif yang bisa membuat kalian semangat beribadah.

4. Berteman dengan Ahli Ibadah

Berteman adalah jalan penting yang bisa memengaruhi keadaan seseorang. Jika benar persahabatannya, maka akan ada banyak ilmu, hikmah, dan manfaat yang didapat. Namun, jika salah, maka percikan kesalahan itu yang akan menimpanya. Hal ini juga berhubungan dengan melakukan ibadah shalat misalnya.

Maka, penting sekali untuk mendekatkan diri atau bergaul dengan orang-orang ahli ibadah. Jelas, ini akan membantu kita untuk meningkatkan amal ibadah. Sebab, semakin banyak teman yang memiliki sifat rajin ibadah, maka akan mudah pula bagi kita mengikuti kebiasaan tersebut.

5. Memahami Konsep Waktu

Tahukah kamu, kenapa kita tidak boleh menunda ibadah apalagi karena malas? Sebab, tidak ada seorang pun yang bisa menjamin hal yang menjadi misteri di muka bumi ini, yakni waktu dan ajal. Jika saat kita meninggal dalam keadaan malas untuk beribadah, maka merugilah kita di akhirat kelak. Jadi, penting sekali bagi kita untuk memahami konsep waktu, agar hidup kita tidaklah sia-sia.

“Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.” (HR. Imam Bukhari).

Baca Juga: Melihat Putrinya Shalat, Greta Wanita 70 Tahun Putuskan Menjadi Mualaf

Kelima tips di atas bisa kalian terapkan untuk memperbanyak ibadah sebagai bekal pahal di akhirat kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.