5 Tips Kecantikan yang Justru Membuat Wajah Breakout

5 Tips Kecantikan yang Justru Membuat Wajah Breakout
journal.sociolla.com

Seruni.id – Wajah breakout seolah menjadi mimpi buruk bagi para wanita. Karena hal ini, kepercayaan diri mereka jadi menurun. Untuk menghilangkannya, tentunya kamu akan mencari berbagai macam cara hingga menjalani beberapa tips kecantikan. Namun, tahukah kamu, bahwa ada beberapa tips kecantikan yang justru membuat wajah breakout dan semakain parah.

5 Tips Kecantikan yang Justru Membuat Wajah Breakout
kotakwarna.com

Karena tidak semua tips kecantikan yang kamu lakukan itu cocok dengan kondisi kulitmu, khususnya pada kondisi kulit yang sedang mengalami breakout. Berikut ini beberapa tips kecantikan yang harus kamu hindari ketika sedang breakout.

1. Tidak Menggunakan Pelembap

Banyak yang mengira kalau pemilik kulit acne-prone atau lebih mudah berjerawat tidak perlu menggunakan pelembap. Ini dikarenakan minyak dapat menyumbat pori-pori dan memunculkan bintak-bintik pada wajah, sehingga lebih baik untuk membiarkannya saja.

Padahal, para ahli kecantikan justru mengatakan bahwa anggapan tersebut adalah mitos. Karena kulit wajah yang mudah berjerawat harus menggunakan pelembap, apalagi kondisi breakout dapat menjadi lebih parah karena inflamasi dan kering.

Pada dasarnya, kamu tidak dapat mengembalikan lapisan pelindung kulit alami tanpa hidrasi yang efektif. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kelembapan kulit berminyak. Untuk pelembapnya, pilihlah yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah acne-prone.

2. Menggunakan Lebih Banyak Produk

Selain itu, banyak pula yang beranggapan jika menggunakan beragam jenis produk skincare menjadi salah satu upaya dalam mencegah masalah kulit. Padahal, menggunakan banyak produk berbeda untuk menjaga kulit justru dapat memperburuk kondisinya dan dapat menyebabkan munculnya masalah baru, salah satunya seperti breakout. Ini dapat muncul akibat pertemuan beberapa kandungan produk yang kurang cocok.

Para ahli kecantikan pun menyarankan agar fokus saja pada rutinitas yang sederhana, contohnya langkah cleanse-tone-serum-moisturise. Dengan begitu, nantinya kulit wajah akan menyesuaikan dengan rutinitas tersebut dan membangun kekuatannya kembali. Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu memerhatikan kandungan tertentu yang dapat mengatasi masalah kulitmu. Dengan memilih produk yang kandungannya tepat, tidak akan membuatmu membutuhkan banyak produk lainnya.

3. Menggunakan Produk dengan Kandungan Asam dan Aktif

Meskipun bahan aktif lebih efektif mengatasi wajah breakout. Namun, jika dipakai secara berlebihan hanya akan memperburuk kondisi kulit. Terlebih pada kulit acne-prone yang mengalami breakout, para ahli menyarankan, sebaiknya pilihlah skincare yang kaya akan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Karena, kandungan tersebut dipercaya mampu membangun kembali kesehatan kulit dan fungsi lapisan pelindung kulit.

Sementara, para ahli tidak menyarankan penggunakan skincare dengan bahan aktif seperti salicylic acid dan Retinol jika tidak diseimbangi dengan bahan antioksidan atau anti-inflamasi. Karena pada kondisi kulit breakout, tujuan terpenting adalah untuk melindungi kesehatan kulit dan mendapatkan hasil optimal dari rutinitas kecantikanmu.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Dapat Mengurangi Noda Hitam

Banyak yang mengatakan, bahwa berjemur di bawah sinar matahari secara langsung dapat mengurangi noda pada wajah. Bahkan, beberapa para ahli pun sepakat bahwa paparan sinar matahari dapat mengurangi inflamasi, dengan cara kerja yang sama seperti perawatan blue light mask. Akan tetapi, penting untuk diingat, sebenarnya matahari turut memberi dampak buruk pada kulit, loh.

Dalam jangka pendek, jika membiarkan kulit terpapar sinar matahari begitu saja, dapat mengurangi tanda-tanda jerawat. Namun dalam jangka panjang, paparan sinar matahari dapat memberi pengaruh buruk pada sistem imun tubuh ketika melawan sel kanker. Selain itu, matahari dapat menyebabkan dehidrasi, yang memicu produksi minyak karena kulit berusaha mengatasi kondisi tersebut. Secara tidak langsung, dapat menyebabkan timbulnya breakout lainnya.

5. Tidak Menggunakan SPF Karena Membuat Wajah Berminyak

Kenyataannya, para pemilik kulit wajah berminyak pun perlu menggunakan SPF. Tujuannya agar kulit mendapatkan perlindungan dari sinar matahari. Kamu cukup memilih pilih SPF dengan kandungan formula khusus untuk kulit berminyak agar tidak terasa licin atau lengket pada kulit, dan tidak memperburuk kondisi kulit.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Toner yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Jadi, kelima tips skincare yang dipercaya dapat mengatasi wajah breakout ini, justru dapat memperburuk kondisi kulitmu. Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyaklah melakukan riset sebelum melakukan berbagai tips kecantikan kulit, terutama pada kulit yang mudah berjerawat, seperti menemui dokter kecantikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.