20 Manfaat Bunga Saffron yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 Manfaat Bunga Saffron yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan
tirto.id

Seruni.id – Bunga saffron saat ini tengah populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang begitu luar biasa, tak heran kalau harga bunga saffron pun cukup mahal. Bunga ini merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai pewarna alami. Lantas, bunga saffron berasal dari negara mana sih? Asal bunga saffron sendiri pertama kali ditemukan di Iran sekitar 3.000 tahun yang lalu. Bunga dengan kelopaknya yang berwarna ungu ini juga bisa disebut dengan kuma-kuma yang berasal dari bunga Crocus Sativus atau saffron crocus.

20 Manfaat Bunga Saffron yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan
aladokter.com

Ternyata ada alasan tersembunyi mengapa harga bunga saffron begitu mahal, yakni karena proses memanen yang penuh ketelitian dan kandungan spesial di dalamnya. Di dalamnya terdapat tiga tangkai putik atau yang disebut saffron. Biasanya, untuk mengambil putik tersebut pata petani akan menggunakan pinset, kemudian mengeringkannya di dalam sebuah wadah khusus. Karena bunganya kecil, sehingga lahan perkebunan yang luas, harus diisi oleh banyak pekerja untuk memanennya.

Selain itu, untuk menghasilkan 2 pon sffron, dibutuhkan sekitar 170.000 bunga. Terlebih, bunga ini hanya mekar di akhir bulan September hingga awal Desember saja. Agar kualitasnya tetap terjaga, saffron pun harus dipanen pagi-pagi sekali, karena cahya matahari bisa mengubah kandungan dari saffron. Nah, buat kamu yang belum tahu seperti apa wujud bunganya, berikut ini adalah salah satu gambar bunga saffron.

20 Manfaat Bunga Saffron yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan
agrowindo.com

Lalu apa saja sih manfaat bunga saffron yang bisa kita rasakan? Tak perlu berlama-lama, berikut telah Seruni rangkum dari berbagai sumber.

1. Membunuh Sel-sel Kanker di Dalam Tubuh

Manfaat yang pertama bisa kamu gunakan sebagai pembunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan saffron kaya akan antioksidan di dalamnya, yang mampu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis salah satunya seperti kanker.

Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, putik serta senyawa saffron telah dibuktikan mampu mematikan sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya. Tapi tak perlu khawatir, efek yang satu ini juga berlaku untuk beberapa bagian lainnya. Seperti sumsum tulang, kulit, paru-paru, payudara, leher lahir serta beberapa sel kanker lainnya. Penelitian tabung juga menemukan bahwa corcin sebagai antioksidan utama dalam saffron.

2. Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS

Saat datang bulan, sebagian wanita ada yang merasakan sakit dan nyeri yang tak tertahankan pada bagian perut mereka. Diketahui, ternyata bunga saffon bisa mengatasi masalah yang satu ini, loh. Seperti yang telah diteliti, saffon memiliki manfaat untuk mengatasi rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi pada wanita. Cara konsumsi bunga saffron untuk masalah ini sangatlah mudah, kamu hanya memerlukan 30 gram saffron atau menghirup aromanya selama kurang lebih 20 menit.

3. Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Antioksidan dan senyawa lainnya di dalam saffron dipercaya mampu untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lain seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol dipercaya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari stress oksidatif.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Banyak sekali pantangan yang harus dihindari oleh para penderita diabetes, tentunya hal ini sangat menyiksa sekali, kan? Tapi, tenang saja karena ada saffron yang akan menawarkan solusinya untukmu. Agar gula darah menurun dengan cepat, disarankan untuk mengonsumsi bunga saffron. Selain itu, sensitivitas insulin juga bisa meningkat sehingga gula darah dalam tubuh penderita diabetes selalu terjaga.

5. Mengurangi Nafsu Makan

Kurang percaya diri dengan berat tubuhmu saat ini dan ingin melakukan program diet yang aman? Saffron bisa menjadi salah satu solusinya nih, karena bunga ini dapat mengontrol bahkan mengurangi nafsu makanmu. Jika biasanya mulutmu tidak mau berhenti untuk terus ngemil, dengan mengonsumsi saffron nafsu makanmu akan menurun. Dalam sebuah studi, wanita yang mengonsumsi bunga saffron akan merasa jauh lebih kenyang, jadi keinginan untuk ngemil atau makan berat akan berkurang secara signifikan. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh penurunan kalori pada tubuh kamu setelah mengonsumsi saffron.

6. Meningkatkan Mood dan Mengobati Gejala Depresi

Mood seseorang seringkali turun naik seiring dengan perasaan yang mereka rasakan. Bahkan, lama-kelamaan mood yang tidak baik akan menjadikan sebagai gejala depresi dan akan semakin parah. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi bahan-bahan alami seperti saffron.

Menurut studi, bunga yang dijuluki sebagai rempah-rempah sinar matahari ini sama efektifnya dengan pengobatan konvensional untuk deperesei, seperti Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram, jika dikonsumsi 30 mg setiap harinya. Pada kelopak bunganya yang terlihat seperti benang dapat mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang. Namun, sejauh ini masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menguatkan argument tersebut.

7. Meningkatkan Penglihatan

Sebagian orang dewasa ada yang memiliki masalah penglihatan kabur dengan degenerasi makula terkait usia (AMD), makan bunga safron bisa meningkatkan penglihatan serta melindungi terhadap kerusakan radikal bebas yang terkait dengan AMD.

8. Meningkatkan Daya Ingat

Biasanya seseorang yang memiliki masalah dengan daya ingatnya, akan mudah sekali lupa dengan hal-hal yang mereka lakukan. Bahkan, mereka juga akan kesulitan ketika menjawab saat ditanya mengenai sebuah kejadian yang dialaminya. Namun, ini bisa diatasi dengan bunga saffron. Rempah-rempah yang satu ini berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat, oleh karena itu para penderita Alzheimer, sangat disarankan untuk mengonsumsi saffron secara rutin untuk mengoptimalkan penyembuhan penyakit ini.

9. Meningkatkan Gairah Seksual

Sebenarnya banyak sekali bunga yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Saffron adalah salah satu di antaranya. Dengan mengonsumsi sedikitnya 30 gram saffron per harinya, diyakini dapat meningkatkan kemampuan seksual, baik bagi pria maupun wanita. Sebagaimana yang disebutkan oleh peneliti, setelah mengonsumsi saffon seorang pria akan mengalami kenaikan libido secara signifikan, kemampuan ereksi membaik, kepuasan naik, dan volume dari air mani meningkat. Sedangkan pada wanita, gairah seksualnya bisa meningkat dan cairan lubrikasi yang dihasilkan akan lebih banyak.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi saffron. Karena di dalamnya terkandung banyak komponen antioksidan yang bermanfaat seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan, yang berperan penting untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, anti peradangan, dan pengontrol nafsu makan yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Safranal memiliki sifat meningkatkan suasana hati, kekuatan memori, dan kemampuan berpikir seseorang. Sedangkan, kaempfrol memiliki sifat anti-kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel berbahaya dan membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat-obatan kemoterapi.

11. Manfaat Saffron untuk Program Hamil

Bagi kalian yang ingin segera memiliki momongan, namun terkendala dengan kesehatan reproduksi, misalnya rendahnya kemampuan ereksi pada pria atau disfungsi ereksi, kualiatas dan kuantitas sperman yang rendah. Sedangkan kendala wanita adalah rendahnya gariah seksual atau rasa sakit saat berhubungan. Apabila kamu memiliki masalah seperti di atas, sangat baik jika mengonsumsi saffron sebagai program penunjang program hamil.

12. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Meski manfaat yang berikut ini masih membutuhkan studi lebih lanjut, namun mengonsumsi saffron diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

13. Sebagai Toner Wajah

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, saffron ternyata sangat berkhasiat untuk kecantikan, loh. Saat ini, banyak para wanita yang memanfaatkannya sebagai toner wajah. Cara pakainya mudah sekali, sebelumnya ambil beberapa helai saffron dan campurkan dengan air mawar. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit, aduk hingga merata, barulah diaplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

14. Mengatasi Kulit Berjerawat

Kulit wajahmu berjerawat dan ingin menghilangkannya? Kamu bisa memanfaatkan kandungan yang terdapat pada saffron dan dicampurkan dengan susu utntuk membersihkan kulit berjerawat. Peran susu sendiri, akan bertindak sebagai zat yang akan melepaskan sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, maka jerawat dan noda pada wajah akan berkurang.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 helai saffron serta ¼ susu. Kemudian, rendam saffron di dalam susu dan biarkan hingga meresap kurang lebih selama dua jam. Jika sudah, barulah oleskan susu di bagian wajah hingga leher dan diamkan selama 10-15 menit. Kamu dapat menggunakan saffron dan susu ini di rumah 3-4 kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika kamu memiliki alergi terhadap susu, hindari untuk menggunakan masker ini, ya.

15. Membuat Kulit Lebih Cerah

Untuk mendapatkan kulit cerah secara alami sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kamu merawatnya secara rutin. Salah satu caranya dengan memanfaatkan bunga saffron yang dicampurkan dengan biji bunga matahari. Hasilnya? Wajahmu bukan hanya terlihat lebih cerah, namun juga sehat dan awet muda. Hal ini dikarenakan bunga matahari mengandung minyak yang kaya akan vitamin E dan bunga saffron yang memiliki kandungan antioksidan.

Penasaran gimana cara membuatnya? Gampang kok, kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 biji bunga matahari, 2-3 helai saffron, dan ¼ gelas susu. Pertama-tama, kamu harus merendam biji bunga matahari dan helaian bunga saffon ke dalam susu, diamkan selama semalaman. Kemudian, di pagi harinya, hancurkan campuran ini hingga berbentuk pasta dan oleskan pada kulit wajah kamu. Biarkan sampai kering 15-20 menit dan kemudian bilas wajah kamu hingga bersih. Jika memiliki alergi terhadap susu, kamu bisa menggantinya dengan air hangat. Masker saffron dan biji bunga matahari ini dapat digunakan 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

16. Mengurangi Lingkar Hitam di Sekitar Mata

Lingkaran hitam di sekitar mata sangat mengganggu? Jangan khawatir, atasi saja dengan menggunakan masker berbahan saffron. Caranya, siapkan beberapa helai saffron dan masukkan ke dalam satu sendok teh air putih dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak kelapa atau zaitun dan sedikit gula. Campurkan keseluruhan bahan tersebut hingga merata dan aplikasikan pada bagian bawah mata. Diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih. Masker mata ini berfungsi untuk menghilangkan kulit kusam di area mata, mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan tekanan darah. Hasilnya, kulit terlihat lebih halus dan bercahaya.

17. Mencegah Rambut Rontok

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit saja, bunga saffron sangat berkhasiat sekali untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Kamu dapat membuat masker rambut yang terbuat dari tiga helai saffron yang dicampurkan engan susu. Kemudian, diamkan selama 10 menit, aduk lalu oleskan pada kulit kepala selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

18. Mengatasi Iritasi pada Wajah

Manfaat bunga saffron untuk kecantikan berikutnya, dapat mengatasi iritasi pada wajah. Terutama, bagi kalian yang seringkali berkativitas di luar ruangan, tentunya kulit wajah akan lebih mudah iritasi atau kemerahan. Belum lagi, kalau terkena terikanya sinar matahari. Kamu bisa loh memanfaatkan saffron sebagai masker wajah alami. Campurkan beberapa helai saffron dengan minyak zaitun dan madu. Diamkan selama satu jam, lalu kamu bisa mengoleskan sambil memijat bagian wajah kamu selama 15 menit.

19. Mengobati Bekas Luka

Adanya bekas luka di area wajah, akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tapi tenang, saffron ternyata bisa membantu mengatasi masalah ini, loh. Karena di dalamnya memiliki khasiat untuk mempercepat proses pemulihan kulit dan mempercerah kulit yang terluka. Caranya, campurkan dua sendok teh saffron ke dalam air, lalu tumbuk hingga menjadi krim dan tambahkan beberapa tetes minyak kelapa sebelum digunakan langsung pada bekas luka di kulit. Pemakaian secara teratur akan mempercepat proses pemulihan luka dan membantu menyamarkan bekas lukanya.

20. Menghilangkan Bekas Terbakar Matahari

Khasiat mencerahkan dan mendinginkan kulit pada safron membuatnya ampuh sebagai penghilang efek kulit terbakar matahari. Caranya dengan mencampurkan beberapa helai saffron yang sudah direndam susu murni dapat menjadi lotion alami bagi kulit yang lebih sehat dan cerah.

Baca Juga: Memiliki Warna yang Cantik, Ini 10 Manfaat Bunga Telang

Itulah 20 manfaat yang tersimpan di dalam bunga saffron untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Jika kamu menginginkan khasiat yang maksimal jangan lupa untuk mencobanya, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.