5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Sekolah Online

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Sekolah Online
kumparan.com

Seruni.id – Selama masa pandemi ini, penggunaan elektronik kian meningkat, terutama smarphone dan laptop. Hal ini, karena banyak sekali orang yang melakukan pekerjaannya dari rumah. Begitupun dengan anak-anak, mereka kini belajar jarak jauh alias via online. Metode ini tentu membuat mereka semakin melekat dengan gadget. Sebagai orangtua, tentunya khawatir akan kesehatan mata anak, kan?

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Sekolah Online
lifestyle.okezone.com

Kondisi ini dapat sangat berbahaya bagi kesehatan mata anak, gangguan dari seringnya menatap layar smartphone maupun laptop akan membuat mata lelah dan kering. Agar anak dapat terhindar dari gangguan mata di atas, kali ini Seruni akan memberikan 5 tips untuk menjaga kesehatan mata anak selama pembelajaran jarak jauh. Mari simak di bawah ini.

1. Jaga Jarak Layar

Tips yang pertama, usahakan untuk menjaga jarak antara layar dan pandangan anak. Karena jika layar terlalu dekat dengan mata, hanya akan membuat mata tegang. Dalam pengaturan yang tepat, bagian atas monitor harus tepat di bawah ketinggian mata dan berjarak 20-28 inci dari mata. Anda juga dapat menggunakan kursi yang bisa disesuaikan.

2. Mengistirahatkan Mata Setiap 30 Menit

Saat belajar online, anak diharuskan memerhatikan gurunya dalam waktu yang cukup lama. Sebagai orangtua, jangan lupa untuk mengingatkannya agar mengistirahatkan matanya setiap 30 menit sekali. Caranya dengan menyelingi aktivitas dengan melihat jarak jauh. Seperti sesekali melihat ke sudut ruangan atau melihat keluar jendela. Cara ini dilakukan untuk mengalihkan perhatian anak agar tidak terlalu fokus pada layar komputer saja.Selain melihat objek yang jauh, anak juga bisa melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot bahu dan leher agar mencegah risiko Computer Vision ndrome (CVS)

3. Menyesuaikan Pengaturan Layar

Untuk menjaga kesehatan mata anak saat sekolah online, menyesuaikan pengaturan layar harus dilakukan. Dengan menyesuaikan kecerahan dan kontras layar atau menambah ukuran font juga sangat membantu. Agar lebih aman, kamu bisa menempatkan penutup antisilau di layar. Jika memungkinkan, kurangi suhu warna. Bereksperimen sedikit akan membantu Anda menemukan pengaturan yang paling nyaman untuk mata. Di sisi lain, meningkatkan layar ke teknologi resolusi tinggi dapat membantu. Layar yang lebih besar juga menawarkan pengalaman menonton yang lebih mudah.

4. Ingatkan Anak untuk Selalu Mengedipkan Mata dengan Teratur

Menatap layar gadget maupun laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, membuat refleks anak untuk berkedip menjadi berkurang. Kondisi ini tentu sangat membahayakan, karena dapat menyebabkan mata kering bahkan iritasi. Maka dari itu, cobalah ingatkan anak untuk selalu mengedipkan mata secara teratur selama ia menatap layar gadget untuk menghindari risiko mata kering dan iritasi.

5. Beri Anak Asupan Buah dan Sayuran

Selain tips di atas, memberikan anak asupan yang sehat dan bergizi juga penting untuk menjaga kesehatan matanya. Jadi, selama anak melaksanakan pembelajaran secara online, makananannya harus diperhatikan. Seperti memperbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli, bayam, maupun labu. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi pasti dapat membuat mata anak menjadi lebih sehat. Serta, lakukan senam mata dan pijatan di sekitar mata secara rutin. Hal ini dapat juga membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi mata lelah. Berikan pijatan mata anak dengan baik, tentunya itu akan membantu sirkulasi darah anak lebih lancar pada area tersebut.

Baca Juga: 6 Penyebab Anak Malas Belajar Secara Online di Rumah

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja tips-tips dalam menjaga kesehatan mata anak? Yuk segera lakukan tips di atas agar kesehatan matanya tetap terjaga dan proses pembelajarannya pun berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.