7 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran Agar Hidup Lebih Bahagia

7 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran Agar Hidup Lebih Bahagia
hellosehat.com

Seruni.id – Beban pikiran bisa hadir dalam diri disebabkan oleh berbagai faktor. Entah karena pekerjaan yang terlalu banyak, terlalu memforsir diri sendiri, dan sebab lainnya. Ketika pikiran penuh dengan hal-hal yang semestinya tidak dipikirkan, tentu otakmu akan terasa penuh dan sesak.

7 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran Agar Hidup Lebih Bahagia
idntimes.com

Bahkan tak jarang, ingin sekali berteriak demi melepaskan bebasn tersebut. Agar perasaanmu lega dan hidup lebih bahagia, berikut ini ada beberapa cara ampuh melepaskan beban pikiran yang membelenggu dirimu. Apa saja, ya?

1. Jangan Menghakimi

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda. Sebagian ada yang memiliki sifat cuek dan sebagiannya lagi mungkin adalah pemikir keras. Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk menghakimi. Entah menghakimi dirinya sendiri pun orang di sekitarnya. Setiap tindakan, yang memenuhi harapan atau tidak, tak pernah lepas dari analisanya. Jika ditemukan kesalahan, pikiran akan penuh oleh hal itu. Ini tindakan yang sia-sia. Jangan menghakimi siapapun. Fokus pada pekerjaan dan lakukan tanpa membiarkan pikiran melayang.

2. Pergi Berlibur

Berlibur ke tempat yang kita sukai dipercaya bisa membuat hati lebih senang dan dapat melegakan pikiran. Mungkin saja selama ini kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga lupa bahwa dirimu juga butuh waktu untuk berlibur. Bisa jadi beban-beban yang menumpuk di pikiranmu itu disebabkan karena kamu tak memberikan jeda bagi dirimu untuk keluar dari rutinitasmu sehari-hari. Jika saat ini kamu sedang merasakan bosan, dan beban pikiran terlalu berat sehingga sulit menemukan solusi, mungkin kamu perlu untuk refreshing sejenak dari rutinitasmu itu agar nanti pikiranmu pun bisa kembali fresh dan bisa berpikir serta mencari solusi dari masalah juga beban yang sedang kamu hadapi.

3. Bercerita dengan Orang yang Dipercaya

Apabila pikiran terasa penuh, masalah kian menumpuk, saat inilah kamu membutuhkan seseorang untuk bercerita menumpahkan segala beban yang ada di pikiran. Sebab terkadang, masalah perlu disiasat, bukan dipendam sendiri. Mungkin ketika kamu bercerita, kamu bisa menemukan solusi dari apa yang membelenggumu. Jadi, jangan ragu untuk menceritakan apa yang sedang kamu rasakan, dan pastikan orang tersebut memang kamu percaya, ya. Semoga setelahnya, hatimu bisa sedikit lega, dan beban pikiranmu bisa sedikit berkurang.

4. Menjauhkan Diri dari Hal yang Membebani

Cobalah sejenak untuk menghidari segala hal yang membuatmu terasa terbebani. Misalnya perihal pekerjaan kantor yang menumpuk. Biarkan dirimu terbebas, meski hanya sebentar. Sebab, jika dipaksakan, khawatir dirimu akan menjadi semakin stress. Mungkin kamu perlu memberikan ruang sebentar atau jeda untuk dirimu meski sesaat, agar kamu bisa kembali fresh dan fokus dengan kerjaanmu kembali.

5. Quality Time dengan Diri Sendiri

Sibuk dengan rutinitas, kerjaan, dan impian-impian yang ingin dikejar itu sah-sah saja. Tapi, kamu juga perlu waktu untuk memanjakan dirimu, loh. Karena diri sendiri juga butuh dimanjakan. Jangan sampai kesibukan yang kamu lakukan justru membuatmu lupa, bahwa dirimu juga punya hak untuk menikmati quality time untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

6. Menerima Diri Apa Adanya

Tanpa disadari, beban pikiran bisa disebabkan karena diri yang terlalu banyak menuntut. Kamu terlalu banyak menuntut dirimu, di tengah kapasitas diri yang terbatas. Menuntut diri untuk bisa jadi ini dan itu sah-sah saja. Namun, jangan sampai hanya karena ingin tampil sempurna, nantinya malah kamu jadi stres dan merasa terbebani dengan apa yang kamu perbuat dan lakukan itu. Serta, kamu juga perlu menerima apa adanya dirimu, dan tak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Sebab setiap orang itu unik dan istimewa.

7. Meditasi

Cobalah untuk bermeditasi setiap hari. Carilah kelas mindfulness atau yoga terdekat. “Meditasi mindfulness tidak sama dengan mencoba mencapai kondisi tertentu seperti relaksasi. Sebaliknya, ini tentang menyadari dan menerima keberadaan saat ini, entah emosi yang intens, sensasi di dalam tubuh, ritme pernapasan atau pikiran yang melayang,” menurut Johns Hopkins Medicine. Setelah kamu mempelajari dasar-dasarnya dan dapat menenangkan pikiran selama beberapa menit, kamu akan dapat melakukannya sendiri setiap hari. Setelah latihan selama beberapa minggu, kamu akan dapat bermeditasi dengan pikiran yang tenang selama 30 menit atau lebih, yang sudah cukup bagus untuk membantu fokus sepanjang hari.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Terhadap Suami

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan dirimu dari beban pikiran yang membelenggu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa kembali fresh dan tak lagi di bebani dengan hal-hal yang membuatmu stres dan merasa terbebani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.