5 Trik Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Memakai Masker

5 Trik Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Memakai Masker
google.com

Seruni.id – Bagaimana sih caranya agar kacamata tidak berembun ketika saat masker? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang kerap muncul dibenak mereka yang berkacamata. Sebab, meskipun masker sangat membantu melindungi diri agar terhindar dari debu, kotoran, serta virus berbahaya. Namun, mengenakan masker kerap menimbulkan masalah bagi mereka yang berkacamata.

5 Trik Agar Kacamata Tidak Berembun Saat Memakai Masker
health.detik.com

Tak jarang, embusan napas yang keluar lewat bagian tas masker akan membuat lensa kacamata berembun, sehingga membuat pandangan menjadi terganggu. Meski kita telah mencoba menghapus tetesan embun tersebut, mereaka namun mereka akan kembali terbentuk ketika kita bernapas. Tapi tenang saja, Seruni akan memberikan solusi tentang bagaimana caranya agar kacamata tidak mudah berembun ketika memakai masker. Berikut ulasannya.

1. Menambah Lipatan Tisu di Dalam Masker

Agar kacamata tidak berembun saat memakai masker, sebaiknya pilihlah masker kain yang bisa ditambahan lipatan tisu di dalamnya. Karena lipatan tisu dapat menahan kelembapan pada embusan udara dari hidung.

2. Pastikan Bagian Atas Masker Melekat pada Bagian Hidung

Memastikan bagian atas masker melekat pada bagian hidung juga penting sekali dilakukan. Atau jika dirasa kurang yakin, kamu bisa memilih masker yang memang bisa merekat di hidung pada bagian atas. Karena jika bagian atas masker melekat erat di hidung, maka udara dari hidung tidak akan mengarah ke bagian mata yang bisa menyebabkan kacamata berembun.

3. Cuci Lensa dengan Air Sabun

Dilansir dari lifestye.kompas.com, sebuah studi pada 2011 silam yang dirilis dalam jurnal medis menemukan, para dokter yang kacamatanya berembun dikarenakan memakai masker bedah, mampu menghilangkan embun tersebut dengan air sabun sebelum melakukan operasi.

Caranya yaitu, sebelum mengenakan masker, cuci kacamata terlebih dahulu dengan air sabun. Biarkan kacamata mengering atau keringkan dengan menggunakan tisu sebelum dipakai kembali. Kacamata pun akan terhindar dari embun ketika memakai masker. Hal ini dikarenakan air sabun dapat memecah ketegangan permukaan dengan meninggalkan lapisan tipis yang membuat permukaan lensa lebih sulit terkena embun. Meski dengan cara ini tidak dapat bertahan seharian, namun akan sangat bermanfaat untuk beberapa jam kedepan.

4. Semprotkan Cairan Anti Fog pada Lensa

Seperti halnya air dan sabun, semprotan ini dirancang khusus untuk menjaga kondensasi yang menempel pada lensa kacamata. Tapi, kamu harus tetap berhati-hati sebelum menyemprotkannya, jangan sampai cairan tersebut terkena mata. Sebab, cairan tersebut akan membuat mata iritasi yang bisa memengaruhi penglihatan.

5. Ganti Lensa Kacamata dengan Lensa Anti Kabut

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil untuk membuat kacamata tidak berembun, ada solusi terakhir yang bisa kamu lakukan. Yakni mengganti lensa kacamata biasa menjadi lensa anti kabut. Kamu bisa menemukannya di optik terdekat. Biasanya di sana menyediakan berbagai tingkatan kemampuan lensa untuk menahan embun. Tentunya, kamu bisa menyesuaikan dengan biaya yang kamu miliki, ya.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Memakai Masker

Gimana, mudah banget kan? Semoga trik di atas dapat membantu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.