6 Bahan Tambahan Kopi yang Harus Dihindari Mulai Sekarang!

6 Bahan Tambahan Kopi yang Harus Dihindari Mulai Sekarang!
food.detik.com

Seruni.id – Kopi merupakan salah satu minuman yang bisa menjadi teman di segala suasana. Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan, bahwa kopi memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti meningkatkan memori, suasana hati, dan kesehatan jantung. Namun, ada beberapa jenis bahan tambahan kopi yang harus dihindari nih.

6 Bahan Tambahan Kopi yang Harus Dihindari Mulai Sekarang!
cermati.com

Karena faktanya, beberapa campuran kopi ini dapat merusak manfaat yang sudah disebutkan tadi. Berikut bahan yang tidak boleh ditambahkan ke dalam kopi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Penambah Rasa Buatan

Perasa buatan, seperti vanili, hazelnut, atau karamel ini, bisanya terbuat dari gula tebu murni dan pewarna buatan. Dalam satu ons sirup perasa, mengandung 19 gram gula dan bisa menyebabkan lonjakan glukosa darah. Namun, sebaiknya hindarilah penambah rasa buatan ini sebagai bahan tambahan kopi. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan beberapa jumput vanili murni, peppermint, atau ekstrak kacang murni (misalnya hazelnut atau almon. Sebab, bahan-bahan alami ini bebas gula dan tentunya lebih aman untuk dinikmati.

2. Kental Manis

Tak sedikit orang yang menjadikan kental manis sebagai salah satu bahan tambahan dalam membuat kue maupun kopi. Padahal, kental manis merupakan salah satu bahan yang paling tidak sehat. Perlu diketahui, bahwa dalam dua sendok makan kental manis mengandung 22 gram gula dan 130 kalori. Jadi, daripada kamu mencampurkan kental manis ke dalam kopi, cobalah untuk mencampurkan susu murni tanpa gula.

3. Gula Tebu

Sedikit gula bisa mungkin tidak akan berbahaya. Namun, jika kamu minum beberapa gelas kopi per hari, maka kalori akan menumpuk lebih cepat. Sebaiknya tambahkan sekitar dua sendok teh untuk masing-masing cangkir kopimu, maksimal tiga cangkir kopi per hari atau setara dengan 48 gram. Sebagai alternatifnya, ganti gula dengan kayu manis yang memiliki rasa manis alami meskipun bebas gula. Sebuah studi menunjukkan, bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah.

4. Krimer Instan

Krimier, khususnya dalam bentuk instan tentunya mengandung minyak, gula, dan pengental. Kabar buruknya, minyak merupakan jenis terhidrogenasi parsial. Krimer instan dikemas dengan pengawet seperti natrium fosfat yang meningkatkan risiko masalah jantung. Oleh sebab, itu hindarilah krimer sebagai bahan tambahan kopi.

5. Sirup Perasa

Sirup perasa dengan rasa vanila, hazelnut, karamerl, dan lainnya, memang dapat membuat kopi menjadi lebih nikmat. Namun sayangnya, sirup ini mengandung banyak gula yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, sirup perasa juga dapat menyebabkan berat badan bertambah dan berbagai penyakit lainnya.

6. Krimer Berperisa

Krimer jenis ini, sarat dengan gula dan aditif, dimana hal ini menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol. Selain itu, krimer juga dapat merusak sistem pencernaan. Sebaiknya, gunakan susu biasa dalam kopi sebagai pengganti krimer berperisa.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Kopi Latte di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin Khusus

Jadi, itulah enam jenis bahan tambahan kopi yang harus kamu hindari sekarang juga. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika kamu tetap menambahkannya dalam cangkir kopimu, maka kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.