Cara Mudah Membuat Kopi Latte di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin Khusus

Cara Mudah Membuat Kopi Latte di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin Khusus
majalah.otencoffe.co.id

Seruni.id – Mungkin banyak yang berpikir bahwa membuat secangkir kopi latte atau cappuccino harus menggunakan meskin khusus. Tak heran kalau kebanyakan dari mereka lebih sering menikmati kopi di kedai kesayangannya.

Cara Mudah Membuat Kopi Latte di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin Khusus
mldspot.com

Padahal, jika kamu tahu, membuatnya tidaklah sesulit yang dibayangkan dan tentunya tidak harus menggunakan mesin espresso. Dengan menggunakan alat-alat sederhana yang ada di rumahmu, kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi latte atau cappuccino dengan rasa yang tak kalah nikmat dari yang dihaliskan mesin espresso.

Nah, jika tidak memiliki mesin tersebut, lantas bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, berikut akan Seruni berikan cara mudah membuat kopi latte tanpa menggunakan mesin espresso.

1. Biji Kopi

Untuk membuat kopi latte kamu tidak perlu repot-repot membeli kopi espresso, loh. Kopi panggang medium hingga gelap yang telah digiling halus pun bisa diolah menjadi latte. Caranya dengan menggiling kopi segar untuk secangkir kopi agar cita rasa dan aromanya bisa lebih maksimal. Namun sebaiknya, gunakanlah penggiling kopi dengan kualitas tinggi dan hindari penggiling rempah. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi latte yang kamu buat nanti.

2. Menggunakan Alternatif Pembuat Espresso

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu tidak perlu menggunakan mesin espresso untuk menghasilkan latte yang nikmat. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan SeroPress untuk menyeduh espresso. AeroPress menggunakan tekanan untuk memaksa air masuk melewati bubuk kopi, mirip dengan mesin espresso asli. Alat itu menghasilkan brew yang rasanya sangat mirip dengan yang asli. Dengan menggunakan AeroPress, kamu hanya perlu meletakkannya di atas cangkir, lalu tambahkan bubuk kopi halus dan air panas. Kemudian, barulah diaduk sekitar 10 detik dan gunakan plunger untuk mendorong kopi melewati filter dan masuk ke dalam cangkir yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Menggunakan Blender untuk Buih Susu

Apabila kamu tidak memiliki frother untuk membuat buih susu untuk latte, tak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan alat seadanya, seperti blender atau handa mixer. Dengan lender, cukup tuangkan susu hangat ke dalamnya dan blender sampai mencapai tingkat buih yang diinginkan. Metode hand mixer juga tak jauh berbeda, cukup tuang susu hangat ke dalam mixer dan sesuaikan dengan tingkat buih yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Resep Es Kopi Segar, Cocok Jadi Teman Santai Saat Di Rumah Aja

Caranya sangat mudah, kan? Jadi, kamu tidak harus membeli mesin espresso untuk sekadar menikmati kopi latte di rumah. Dan kamu juga tidak perlu keluar rumah saat kamu sedang malas datang ke kedai kopi langgananmu. Sekarang kamu bisa membuatnya dengan mudah dan cukup di rumah saja. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.