6 Cara Efektif Mengatasi Alergi Dingin

6 Cara Efektif Mengatasi Alergi Dingin
google.com

Seruni.id – Memasuki musim penghujan seperti ini, akan menjadi masalah bagi sebagian orang yang mengalami alergi dingin. Mereka biasanya akan mengalami gatal-gatal, kulit bentol, ruam dan kulit yang memerah. Kondisi ini terjadi ketika seseorang terkena paparan suhu dingin. Banyak yang bertanya, apakah alergi dingin bisa sembuh?

6 Cara Efektif Mengatasi Alergi Dingin
google.com

Alergi merupakan masalah kesehatan yang bisa berulang kali hilang dan timbul. Dan pada kenyataannya, alergi tidak benar-benar dapat disembuhkan secara total. Namun, tak perlu khawatir, meskipun tidak dapat disembuhkan dengan total, tapi kamu tetap bisa mengontrolnya agar alergi tersebut tidak menghantuimu terus-menerus. Lalu, seperti apa cara untuk mengatasinya? Berikut ini beberapa tips untuk mencegah alergi dingin.

1. Buat Tubuh Agar Tetap Hangat

Pantangan alergi dingin adalah tidak diperbolehkan untuk terkena suhu yang membuat tubuh menjadi lebih dingin. Solusinya yaitu, pastikan bahwa suhu tubuhmu tetap hangat, agar tidak cepat bereaksi terhadap suhu dingin di luar. Apalagi, memasuki musim penghujan seperti saat ini. Usahakan untuk selalu menyediakan jaket dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. Begitu pun saat kembali ke rumah, segera pakai selimut agar tubuhmu tetap hangat. Alhasil, kamu pun akan terlindungi dari ruam kulit dan gatal-gatal.

2. Hindari Pemicu

Cuaca dingin memang menjadi faktor munculnya alergi dingin. Namun, siapa sangka berada di ruangan ber-AC, berenang ataupun mandi bisa menjadi pemicunya. Untuk mengatasinya, sesegera mungkin hindari hal tersebut untuk sementara waktu. Apabila gejalanya muncul ketika kamu terkena udara AC, makan segeralah pindah ke tempat yang lebih hangat. Begitu pun ketika berenang, berikan jeda sementara waktu sampai alerginya membaik.

3. Mandi dengan Air Hangat

Bahaya alergi dingin jika dibiarkan akan semakin parah. Untuk menghindarinya, kamu pun perlu memperhatikan air yang kamu gunakan ketika hendak mandi. Jika kamu memiliki riwayat alergi dingin, maka sebaiknya hindari penggunaan air dingin. Jagalah tubuh agar tetap hangat, dengan cara mandi dengan air hangat.

4. Jangan Menggaruk Bagian yang Gatal

Alergi ini biasanya akan muncul dengan ditandai adanya ruam, dan bentol pada kulit yang sangat gatal. Maka usahakan utnuk tidak menggaruknya, ya. Sebab, menggaruk hanya akan memperparah munculnya bentolan dan rasa gatal tersebut. Jika memang gatal baiknya diusap halus saja, atau bisa dengan mengoleskan minyak kayu putih untuk meringankan rasa gatalnya.

5. Gunakan Antihistamin

Sebenarnya, tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi ini. Namun, ada beberapa obat alergi dingin paling ampuh yang umumnya diresepkan oleh dokter demi mengurangi gejalanya. Dokter biasanya akan meresepkan antihistamin untuk membantu meredakan alergi dingin biduran saat kambuh. Obat golongan steroid glukokortikoid juga dapat diresepkan, tergantung seberapa parah gejala alerginya.

6. Konsultasikan Kepada Dokter

Pada umumnya alergi dingin akan bereaksi kurang lebih selama dua jam. Setelah itu, alergi akan menghilang dengan sendirinya. Jika lebih dari dua jam alergi tak kunjung menghilang, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penangan yang tepat.

Baca Juga: Serba-Serbi Alergi Yang Harus Banget Anda Pahami

Enam cara di atas bukan untuk menyembuhkan secara total, ya. Hanya saja untuk membantu mejauhi gejala alergi. Segera periksakan diri ke dokter jika gejalanya sering kambuh, atau jika terdapat gejala yang besar seperti sesak napas, pingsan, dan gelisah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.