6 Cara Membangun Sebuah Brand Agar Cepat Dikenal Banyak Orang

  • Bagikan
6 Cara Membangun Sebuah Brand Agar Cepat Dikenal Banyak Orang
flux-design.ud

Seruni.id – Salah satu hal yang perlu dijadikan prioritas saat akan memulai sebuah usaha adalah, bagaimana cara membangun sebuah brand agar cepat dikenal oleh banyak orang. Seperti yang kita ketahui, merek tersebut akan menjadi indentitas bisnis yang kamu jalani. Tak hanya itu saja, kamu juga disarankan untuk memilih merek bisnis yang mudah diingat serta logo yang simpel dan menarik.

6 Cara Membangun Sebuah Brand Agar Cepat Dikenal Banyak Orang
google.com

Contohnya, merek kenamaan “Chanel” yang menggunakan indentitas huruf “C” yang saling bergandengan. Dengan melihat logonya saja, orang sudah banyak yang tahu, bahwa itu milik Chanel. Namun, kamu tak perlu berkecil hati, ya. Karena kamu juga bisa kok membangun merek bisnismu sendiri hingga cepat dikenal orang. Nah, berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan pelaku usaha agar produknya dikenal oleh banyak orang:

1. Pastikan Target Pemasaran

Cara agar usaha kita cepat dikenal orang, salah satunya adalah dengan mengetahui target pasar sebelum menentukan merek bisnis yang akan dibangun. Sebaiknya, lakukanlah riset secara langsung ke lapangan, agar bisa menentukan kepada siapa produk produksimu itu harus dijual. Hal ini akan berdampak pada proses pemasaran dan penentuan harga.

2. Membuat Logo yang Unik dan Menarik

Tujuan dari dibuatnya logo adalah untuk mewakili produk yang dijual. Logo juga akan membuat orang mengenali produkmu. Bahkan, dengan adanya logo, membuat seseorang tahu merek apa yang sedang dipakai orang lain. Oleh sebab itu, jika ingin membangun sebuah brand, dan ingin cepat dikenal orang, segeralah desain logomu semenarik mungkin, ya. Bukan hanya menarik, tapi pilihlah logo yang memang sesuai dengan produk yang kamu jual.

3. Berikan Label pada Produk

Cara agar produk bisa dikenal berikutnya adalah dengan memberikan label pada produk yang akan dipasarkan. Tapi, label yang dibuat jangan sampai sama dengan produk lainnya yang sejenis, ya. Sebaiknya hindarilah plagiarism, hanya karena kesamaan label produk yang dibuat. Sebelum membuat label, lakukan riset terlebih dahulu. Perhatikan dari berbagai sisi, mulai dari desain, logo, hingga tampilan website yang digunakan.

4. Ketahui Apa Saja Keunikan dari Produk Tersebut

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, salah satu yang harus kamu perhatikan juga adalah keunikan atau ciri khas dari produk yang kamu keluarkan. Misalnya, jika kamu akan menjual makanan, mungkin kamu akan mengutamakan cita rasanya yang ada level pedas. Atau kalau kamu jualan pakaian, kamu mungkin bisa menonjolkan dari segi warna, motif, bahan, atau bentuk kemasan. Dengan begitu, orang lain pun akan lebih mudah mengingat dan bahkan membedakan produkmu dengan produk orang lain.

5. Iklan

Iklan merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan branding agar produk cepat dikenal orang. Apalagi saat ini, untuk mengiklankan sebuah produk sudah sangat mudah sekali. Dengan berbekal handphone dan paket data saja, kamu sudah bisa mempromosikan produkmu lewat sosial media.

Ketika produkmu sudah laku terjual, kamu bisa meminta si pembeli untuk mempostiignya di akun media sosialnya dan tag ke akun jualanmu. Kalau perlu, berikan mereka diskon 5-10 persen. Dengan begitu, orang lain pun akan tahu merek apa yang digunakan pembeli dan itu juga menjadi peluangmu untuk mendapatkan pelanggan baru akan lebih besar.

6. Gunakan Jasa Influencer

Salah satu cara membangun brand agar cepat dikenal orang adalah dengan mengggunakan jasa influencer. Dengan menggunakan jasa mereka, menjadi cara paliing efektif yang paling banyak dilakukan oleh pebisnis online saat ini. Dengan begitu, para folloersnya secara otomatis akan melihat barang yang ia pakai, jika mereka tertarik bukan tidak mungkin produkmu akan laris manis.

Sangat disarankan, agar tidak memilih influencer yang pas dengan produk yang kamu jual. Namun, pilhlah influencer yang memang sangat berdampak sekali, contohnya mereka yang memiliki banyak pengikut dan terkenal. Meski harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Tapi, hasil yang akan kamu dapatkan pun sebanding, bahkan bisa lebih besar, loh.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Demikianlah enam cara membangun brand agar cepat dikenal orang. Tapi perlu diingat, kalau membangun merek itu butuh proses yang panjang. Jadi, jangan berkecil hati dulu kalau bisnis yang kamu jalankan gagal. Tetap semangat karena tidak hasil yang mengkhianati usaha.

  • Bagikan