10 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

10 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda
google.com

Seruni.id – Apakah kamu salah satu orang yang ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda? Saat ini, menjadi enterpreneur muda tampaknya tengah menjadi tren di Indonesia. Menjadi seorang wirausahawan tidak lagi menjadi hal yang menakutkan bagi kaum muda. Sebagian wirausahawan muda terkesan hanya sekedar ikut-ikutan ketika memutuskan untuk berbisnis dan kerap diragukan banyak pihak karena minimnya pengalaman. Namun kenyataanya, tak sedikit pengusaha sukses di usia muda.

10 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda
google,com

Memulai sebuah bisnis, mungkin memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Tapi sebenarnya, untuk tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan finansial saja. Nah, jika kamu ingin seperti mereka yang sukses di usia muda berkat wirausaha, Seruni akan memberikan beberapa tips dan caranya, biasanya cara ini kerap diterapkan oleh mereka yang kini telah berada di puncak kesuksesan.

1. Kerja Keras dan Tekun

Kesuksesan tidak akan kamu dapatkan, jika kamu tidak pernah melakukannya dengan sungguh-seungguh, dengan kerja keras dan tekun. Mungkin untuk bisa tekun dalam menjalani bisnis sendiri terdengar sangat sepele. Namun, sebenarnya sangat sulit sekali. Karena memerlukan kerja keras dan konsisten, sehingga kita tidak akan mudah menyerah ketika dihadapkan dengan tantangan saat menjalankan sebuah usaha.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Cara jadi orang sukses dari nol, kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Usahakan untuk membuat targat dan tujuan yang harus dicapai secara spesifik. Kenapa? Tak lain agar tujuan yang ingin kamu capai, selalu diingat dan kamu bisa menuliskannya di atas kertas.

3. Berani Menantang Diri Sendiri

Untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda, kamu harus siap menghadapi setiap tantangan yang ada. Baik dari dalam diri sendiri pun dari lingkungan sekitar. Tapi terlebih dahulu, kamu harus menantang diri sendiri, sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Ketika menjadi seorang pengusaha, kamu harus gesit dalam mencari tantangan berikutnya untuk apa yang menjadi visi dan misimu.

4. Lakukan Karena Passion

Rasanya hampir tidak mungkin, jika seorang enterpreneur muda bisa sukses dengan hati yang senang bisa mengerjakan hal yang tidak ia sukai. Jauh sebelum menjadi pengusaha di suatu bidang, kamu perlu tahu lebih dulu apa yang menjadi passionmu. Misalnya, untuk menjadi pengusaha kuliner, kamu tak dituntut untuk bisa memasak, kok. Tapi setidaknya, kamu suka menikmati makanan yang memiliki cita rasa nikmat.

Tidak harus menguasai seluruh detail di bidang yang kamu suka, tapi rasa tertarik dan kesenangan untuk bekerja di bidang itulah yang harus ada sebelum kamu memutuskan “nyemplung” dan mengucurkan modal yang kamu miliki untuk mulai berbisnis. Sebagai entrepreneur muda yang masih penuh dengan tenaga dan semangat, menemukan passion dan menekuninya akan membuat kamu lebih cepat berhasil.

5. Menguasai Konsep Berbisnis

Menjadi pengusaha yang sukses di usia muda, penting sekali untuk menguasai konsep bisnis yang ingin kamu bangun. Terutama bagi kalian yang memiliki modal minim dan ingin mengajukan proposal dana usaha. Kamu harus secara gamblang menjelaskan bisnis yang nantinya akan kamu bangun sehingga investor akan berminat untuk menandai usahamu.

6. Fokus

Mungkin kita sering melihat, seorang pengusaha memulai usahanya di dalam berbagai bidang. Hal tersebut mungkin baik bagi sebagian orang, namun sebaiknya bagi para pemula, jangan dulu lakukan ini, ya. Sebab, jika kamu membuka berbagai jenis usaha, sementara kamu baru memulai, tentu akan memecah konsentrasimu. Membangun satu jenis usaha dengan hasil yang sempurna lebih baik dibandingkan dengan membangun 10 jenis usaha dengan hasil yang tidak maksimal.

7. Menerima Kritik dan Masukkan

Biasanya jiwa muda sangat bersemangat sekali. Namun sayangnya, terkadang tidak disertai dengan keinginan untuk mendengar, baik itu saran atau kririk. Jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda, selalu terima dan dengar kritik dan saran dari orang lain. Karena dari situlah, kamu akan mendapat masukkan untuk mengembangkan lagi produk atau bisnis yang kamu dirikan. Ide yang menurut kamu mutakhir, belum tentu mengena di hati cuctomer. Jangan ragu untuk membangun komunikasi dengan pelanggan, agar kamu tahu selera dan kebutuhan pasar yang bisa dipenuhi dengan bisnismu.

8. Berani Mengambil Risiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko yang nantinya akan terjadi. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan risiko terkecil dan pilihannya adalah cara calon pengusaha sukses menjalankan aktivitasnya. Sehingga calon pengusaha dapat ditentukan dari cara pandangnya menyelesaikan masalah.

9. Percaya Diri

Untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda, rasa percaya diri penting sekali dimiliki. Calon pengusaha sukses dapat dilihat dari gestur tubuhnya sangat kamu berkenalan pertama kalinya. Ia sangat percaya diri, kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan. Percaya akan kemampuan diri kamu akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha. Ingat kamu harus yakin dengan kemampuanmu, pengalaman dan ilmu yang kamu miliki.

10. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

Selain beberapa hal di atas, cara sukses di usia muda adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pemberi Rezeki. Karena segala yang kita dapatkan, adalah pemberian-Nya. Sudah sepantasnya kita mendekatkan diri kepada-Nya dengan melakukan amal soleh, beroda, agar dimudahkan dalam mencari rezeki. Apa yang bisa kita lakukan? Yani dengan shalat tahajud, dhuda, sedekah, dan lain-lain. Serta yang terpenting menjauhi segala larangan dan bertawakal kepada Allah SWT.

Baca Juga: Hindarilah 3 Penghalang Menuju Kesuksesan

Demikianlah tips dan cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dan inspirasi dalam membangun sebuah usaha. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.