6 Cara Membuka Pintu Rezeki di Dalam Islam

6 Cara Membuka Pintu Rezeki di Dalam Islam
news.detik.com

Seruni.id – Ada berbagai macam cara membuka pintu rezeki yang bisa dilakukan oleh setiap manusia. Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah dengan banting tulang siang malam, bahkan hingga jatuh sakit karena kurangnya istirahat, demi mengais rezeki.

6 Cara Membuka Pintu Rezeki di Dalam Islam
madaninews.id

Namun, tahukah kamu, ternyata Islam memiliki kunci khusus untuk membuka pintu rezeki dengan mudah? Apa sajakah caranya? Berikut cara membuka pintu rezeki dalam Islam yang bisa sama-sama kita lakukan.

1. Bertakwa Hanya Kepada Allah

Arti dari bertakwa kepada Allah SWT adalah menjalankan segala yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Orang yang bertakwa ditandai dengan senantiasa menjaga diri dari perbuatan yang dapat menimbulkan dosa. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Ath-Thalaq ayat 2-3 yang artinya,

“…Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka…”

Berdasarkan terjemahan ayat di atas, mereka yang senantiasa bertakwa akan mendapatkan keistimewaan. Di antaranya yakni, Allah akan mmeberikan jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi, Allah akan mendatangkan rezeki pada hamba yang bertakwa dari arah yang tidak pernah tersbesit dalam hatinya.

2. Istighfar dan Bertaubat

Kalimat istighfar bukan hanya sebagai kalimat sederhana saja, namun di balik kesederhanaannya mampu menentramkan dan menenangkan jiwa. Selain sebagai permohonan ampun atau taubat kepada Allah, istighfar merupakan salah satu cara membuka pintu rezeki menurut Islam. Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an QS. Nuh ayat 10-12, yang artinya,

“Maka aku (Nabi Nuh) berkata (kepada mereka), “mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

2. Menjaga Tali Silaturahim

Menyambung tali kekeluargaan memiliki dua keutamaan yang sangat luar biasa. Pertama, dapat melapangkan rezeki dan yang kedua memanjangkan usia. Sebagaimana yang telah Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sabdakan,

“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia bersilaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Bersedekah

Jangan pernah berpikir, bahwa saat kamu bersedekah hartamu akan berkurang. Ini merupakan anggapan yang sangat salah. Justru sebaliknya, dengan bersedekah maka kamu akan mendapatkan rezeki yang lebih banyak daripada itu. Karena itu, perbanyaklah bersedekah di waku lapang maupun sempit. Sebab, ini bisa menjadi salah satu cara membuka pintu rezeki dari arah manapun.

4. Shalat Dhuha dan Tahajud

Selain melakukan shalat wajib lima waktu, cara membuka pintu rezeki dalam Islam yang paling mudah adalah dengan menjalankan shalat sunnah dhuha dan tahajud. Waktu untuk melaksanakan shalat dhuha ini dimulai pagi hari, beberapa jam setelah matahari terbit, hingga 15 menit sebelum masuk waktu dzuhur. Sedangkan shalat tahajud bisa dilakukan pada sepertiga malam.

5. Beryukur

Sebagai manusia, sudah sepatutnya kita bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini. Sekecil apa pun itu. Ada banyak hal yang harus kita syukuri, di antaranya dapat menghirup oksigen dengan gratis, rezeki yang diperoleh kemarin da hari ini, makanan yang dimakan, dan lainnya. Dengan adanya rasanya syukur tersebut, kita bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Selain itu, orang yang senantiasa bersyukur akan Allah tambah nikmat hidup. Bukankah rezeki juga salah satu nikmat?

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

6. Tawakal kepada Allah

Tawakal adalah meminta bantuan kepada Allah dan menyerahkan hasilnya kepada Sang Pencipta, apa pun hasil yang ditakdirkan, meski telah melakukan usaha semaksimal mungkin. Orang yang selalu bertawakal, akan mendapatkan keistimewaan yang tidak semua orang bisa dapatkan, yakni dimudahkan pintu rezekinya. Dari Umar bin Khatab, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang” (HR.Tirmidzi)

Baca Juga: Inilah 5 Sumber Rezeki yang Diungkap Dalam Al-Qur’an

Demikian enam cara membuka pintu rezeki dalam islam yang bisa diamalkan sehari-hari. Apakah kamu sudah melakukannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.