8 Makanan Penyebab Komedo yang Sering Tak Disadari

8 Makanan Penyebab Komedo yang Sering Tak Disadari
primaberita.com

Seruni.id – Selain jerawat, kehadiran komedo pada wajah seringkali menganggu. Penyebab komedo paling umum adalah adanya kotoran yang terjebak pada pori-pori kulit.

8 Makanan Penyebab Komedo yang Sering Tak Disadari
merdeka.com

Hal ini mungkin saja terjadi jika kamu termasuk orang yang jarang membersihkan wajah, terutama setelah memakai riasan. Namun, belum banyak yang menyadari, ternyata komedo juga dapat hadir karena makanan sembarangan, loh. Jenis makanan apa saja ya yang menjadi penyebab komedo? Berikut daftarnya:

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang nikmat sekali. Tak heran, banyak dari kita yang sangat menyukainya. Namun, di balik kelezatannya yang menggoda, ternyata makanan ini bisa menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah, loh. Hal ini dikarenakan kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak jenuh. Sehingga, kulit tubuh mengeluarkan lebih banyak minyak.

2. Makanan Manis

Mungkin kamu baru mengetahui, kalau makanan manis bisa menjadi penyebab munculnya komedo. Mengapa ini bisa terjadi? Perlu kamu ketahui, bahwa kandungan gula yang tedapat pada makana manis menjadi sumber permasalahannya. Meski mengonsumsi makanan tinggi gula memang dapat mengurangi stres, namun gula dapat menimbulkan lemak pada wajah, sehingga memicu munculnya komedo.

3. Makanan yang Mengandung Susu

Meski makanan yang mengandung susu sangatlah nikmat, namun ternyata bisa menimbulkan permasalahan pada wajah, loh. Salah satunya adalah komedo. Ini karena susu dapat menganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh, sehingga itulah yang menyebabkan komedo menjadi menjamur.

4. Makanan Pedas

Siapa sih yang tidak suka makanan pedas? Makanan ini tentunya sangat menggugah selera sekali. Namun, bagi kamu penggemar makanan pedas, rasanya kamu harus menghela napas. Sebab, ternyata makanan pedas disebut-sebut sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat maupun komedo. Hal ini karena makanan tersebut bisa menjadi pemicu kelenjar di kulit untuk memproduksi lebih banyak keringat, sehingga membuat kulit menjadi berminyak. Pada kondisi ini, wajah akan menjadi lebih rentan berjerawat. Jika kamu sudah terbiasa mengonsumsinya, mulai saat ini cobalah untuk mengurangi secara perlahan. Bila perlu, cucilah muka ketika mengonsumsi makanan pedas, agar kelebihan minyak tidak menumpuk.

5. Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda menjadi salah satu favorit banyak orang. Tapi sayangnya, minuman bersoda harus kamu hindari sekarang juga. Karena minuman bersoda diyakini menjadi penyebab munculnya komedo. Kandungan soda dan gula yang sangat tinggi merupakan perpaduan yang sempurna untuk memicu timbulnya jerawat.

6. Gorengan

Kalau yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Karena minyak yang terkandung pada gorengan dapat menimbulkan lemak pada kulit wajah, serta membuat kulit menjadi sangat berminyak, sehingga dapat memicu peradangan.

7. Sumber Karbohidrat

Ternyata asupan karbohidrat yang terlalu banyak, terutama pada olahan kue seperti roti, dapat menyebabkan munculnya komedo lebih banyak. Kalau kamu ingin menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi asupan karbohidrat yang lebih sehat. Beberapa pangan yang dianjurkan ialah nasi putih, nasi merah, jagung, upi, atau kentang yang tidak melalui proses penggorengan.

8. Makanan yang Kurang Higenis

Penting untuk kamu ketahui, bahwa makanan penyebab komedo bisa juga dari jenis makanan yang kurang higienis. Contoh makanan yang kurang higienis ialah makanan yang proses pembuatannya kurang bersih, tidak mengandung sayuran, dan mengandung minyak berlebih.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Obat Jerawat Paling Ampuh, Bikin Kulitmu Mulus Lagi!

Bagi kalian yang sedang memiliki masalah dengan komedo, sebaiknya jauhi beberapa jenis makanan tersebut, ya. Selain itu, jangan malas untuk melakukan perawatan menggunakan rangkaian skincare dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.