6 Cara Memindahkan Data ke Hp Baru dengan Mudah

  • Bagikan
6 Cara Memindahkan Data ke Hp Baru dengan Mudah
technobusiness.id

Seruni.id – Ketika membeli handphone baru, terkadang seseorang dibuat bingung menganai bagaimana cara memindahkan data ke hp baru dari hp lamanya. Sebab, yang lebih penting dari sebuah handphone adalah data yang ada di dalamnya. Namun terkadang, ketika sudah coba dipindahkan, ternyata ada beberapa data yang tidak ikut pindah, karena proses pemindahan semua data ke hp baru tidak sesederhana copy dan paste.

6 Cara Memindahkan Data ke Hp Baru dengan Mudah
att.com

Melalui artikel yang Seruni berikan ini, Seruni ingin memberikan cara memindahkan data ke hp baru dengan mudah. Termasuk memindahkan riwayat SMS, chating, kontak, panggilan, file, media, konfirugasi, password, aplikasi, data, dan lainnya. Yuk langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi Migrasi Bawaan Pabrik

Untuk memindahkan semua data yang ada di dalam smartphone, kamu bisa memanfaatkan apliasi memindahkan data dari hp lama ke hp baru. Biasanya, aplikasi tersebut merupakan bawaan dari pablik. Namun, handphone apa saja sih yang menyajikan fasilitas tersebut?

Kamu bisa menemukannya pada Samsung, HTC, LG, dan lainnya termasuk iPhone. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memindahkan pesan, kontak, file, media, entri kalender, pengaturan perangkat, data aplikasi, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menghubungkan kedua hp smartphone melalui jaringan Wi-Fi atau bisa juga dengan menggunakan kabel USB OTG.

Adapun daftar aplikasi oleh pabrikan Anroid populer yakni sebagai berikut:

  • HTC Transfer Tools,
  • Huawei Phone Clone,
  • LG Mobile Switch,
  • OPPO,
  • Samsung Smart Switch Mobile,
  • Sony Xpreia Transfer Mobile,
  • Xiaomi MiDrop.

Namun, apabila daftar pabrikan smartphone-mu tidak termasuk salah satu di atas, jangan sedih, ya. Karena kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang memiliki fungsi sama seperti aplikasi di atas.

2. Mem-backup Data di Hp Lama dengan Google Drive

Sebelum memindahkan data ke hp baru, pastikan kamu sudah mencadangkan (bakcup) data di hp lama di sistem penyimpanan komputasi awan (could), misalnya dengan menggunakan Google Drive. Dan pastikan pula kamu sudah login di hp tersebut dengan akun google dan terhubung dengan jaringan WiFi. Jika sudah terhubung, berikut adalah cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru dengan google:

  • Buka pengaturan.
  • Gulir ke bawah lalu pilih menu “Sistem”.
  • Kemudian, pilih menu “Cadangan atau Backup” lalu aktifkan fitur “Cadangkan ke Google Drive”.
  • Setelah itu, klik tombol “Cadangkan sekarang” untuk menyingkronkan data yang ada di hp lama-mu dengan Google Drive.
  • Jika sudah, maka handphone akan melakukan proses sinkronasi data yang memerlukan waktu kurang lebih tiga sampai lima menit.

3. Memindahkan Musik atau Lagu dengan Google Play Music

Rasanya sayang sekali jika lagu yang ada di handphone lama tidak turut dipindahkan ke hp baru. Cara memidahkan data ke hp baru yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan Google Play Music yang memungkinkan kamu mengunggah hingga 50.000 lagu. Semua lagu yang kamu miliki, secara otomatis berpindah ke Google Play Music, dengan catatan kamu harus mengunduh aplikasi tersebut di hp baru.

Jiak tidak memungkinkan untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lainnya, seperti Send Anywher. Ini merupakan aplikasi pilihan terbaik untuk migrasi file ke handphone baru-mu. Untuk menggunakannya, pastikan kamu terhubung ke jaringan WiFi. Bukan hanya lagu, dengan aplikasi tersebut kamu bisa memindahkan berbagai jenis data, mulai dari dokumen, foto, hingga video.

4. Memindahkan Kontak dan Pesan

Pesan yang ada di handphone lama-mu, mungkin memiliki kenangan tersendiri atau memang sangat penting, sehingga kamu membutuhkan cara memindahkan data ke hp baru. Meski ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, tapi Seruni ingin memberikanmu cara memindahkan data ke hp baru dengan simpel, yakni dengan mengunduh aplikasi bernama Phone Copier. Aplikasi tersebut memungkinkanmu untuk berbagai kontak dan SMS dari smartphone lama ke yang baru. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama, Seruni sarankan untuk mengunduh Phone Copier terlebih dahulu di kedua hp-mu, baik handphone baru dan lama. Lalu aktifkan bluetooth di kedua hp tersebut.
  • Kemudian, pada hp barumu, ketuk ikon bluetooth dan pilih “Import”.
  • Setelah itu, ia akan mencari perangkat bluetooth yang aktif dan kamu dapat memilih hp lama-mu sebagai target untuk memulai proses transfer data.
  • Jika sudah, maka aplikasi akan otomatis menempatkan kontak dan pesan di tempat yang tepat.

5. Memindahkan Data di Web Browser

Sejumlah web browser populer, memiliki akan penyimpanan cloud untuk menyinkronkan semua data browser. Misalnya, Chrome menyinkronkan semua data ke akun Google-mu, baik Firefox maupun Opera menawarkan akun untuk menyinkronkan data. Pastikan kamu memanfaatkan akun tersebut untuk perambanmu menyinkronkan semua data dari hp lama ke hp baru.

6. Memindahkan dengan CLONEit

Cara memindahkan data ke hp baru secara lengkap, kamu bisa menggunakan aplikasi CLONEit. Ini merupakan aplikasi pemindahan data yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Meski demikitan, kamu tidak akan menemukan iklan apa pun yang mungkin akan menganggu proses pemindahan data. Namun, ini semua tergantung pada setelan pabrik smartphone yang kamu miliki, ini mungkin tidak cocok untukmu.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, ya. Hal ini jarang terjadi. Di atas, Seruni katakan, aplikasi ini bisa memindahkan data secara lengkap, artinya kamu bisa memindahkan kontak, log, panggilan, SMS, aplikasi, pengaturan sistem, kata sandi, jaringan WiFi, dan semua jenis file media. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menginstalnya di kedua perangkat. Kemudian ketuk “Receiver” di hp baru dan “Sender” di hp lama, pastikan keduanya terhubung WiFi. Kemudian kamu akan diminta untuk memilih data yang ingin kamu transfer. Setelah dipilih, semua data akan ditransfer dengan kecepatan yang dapat diandalkan hingga 20MB/second.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

Itulah cara memindahkan data ke hp baru dengan mudah. Sudah siap mencobanya?

  • Bagikan
seruni.id