6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone
tek.id

Seruni.id – Saat ini, smartphone menjadi barang penting yang sangat dibutuhkan. Karena mayoritas dari kita sekarang mengerjakan segala sesuatu dengan smartphoe. Mulai dari berkomunikasi, belanja, hingga mengabadikan segala momen.

6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone
ilbassoadige.it

Di samping memiliki banyak sekali manfaat, namun tetap saja, penggunaan yang berlebihan akan menimbulkan masalah bagi manusia. Salah satunya adalah ketika mereka ketergantungngan dengan smarphone. Lantas, kira-kira bagaimana sih tanda bahwa seseorang sudah kecanduan gdget? Yuk temukan jawabannya di bawah ini.

1. Bangun Tidur Langsung Periksa HP

Jauh sebelum smarphone canggih muncul, ketika bangun tidur hal yang dilakukan pertama kali oleh banyak orang adalah bersyukur atau sekadar untuk termenung. Namun, pada orang yang ketergantungan dengan smartphone, mereka justru langsung menggapai handphone-nya yang kerap ditaruh di samping bantal. Sebab mereka berpikir, kira-kira ada notifikasi apa ya di HP? Ada balasan chat dari dia atau tidak, ada like atau komentar di postingan terbaru.

2. Merasa Perlu untuk Menggunakan Gadget dengan Sering

Menggunakan gadget memang perlu, karena benda ajaib ini bisa memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Namun jika sudah ketergantungan, mungkin smartphone tersebut tidak akan lepas dari tangan. Hal ini membuat kamu merasa terganggu atau bahkan kesulitan ketika berusaha menguranginya. Kadang, orang beralih ke ponsel ketika mengalami perasaan yang tidak diinginkan seperti kecemasan atau depresi. Jika kamu semakin sering sulit melepas gadget maka itu bisa jadi masalah kecanduan.

3. Mudah Kehilangan Konsentrasi Sebelum Mengecek Notifikasi

Tanda kamu sudah ketergantungan dengan smartphone yang berikutnya adalah, konsentrasi akan mudah hilang sebelum mengecek sebuah notifikasi di ponsel. Mungkin kamu sulit untuk percaya, namun pada kenyataannya tak sedikit orang yang merasakan hal ini. Mereka adalah orang yang tidak ingin tertinggal hal baru di smartphone mereka. Dan mengeceknya adalah cara cepat bagi mereka untuk kembali tenang dan melanjutkan apa yang dia kerjakan.

4. Lebih Fokus ke Smartphone Ketika Diajak Berbicara

Ketika sedang berkumpul entah dengan teman maupun keluarga, apakah kamu lebih fokus ke smartphonemu dibanding obrolan yang sedang terjadi? Hati-hati, ini menjadi tanda bahwa kamu sudah kecanduan gadget. Tanpa disadari, kemampuan bersosialmu menurun. Kamu tak lagi jadi teman asyik untuk berbincang dan bercanda. Kamu tak lagi memperhatikan orang-orang di sekitarmu, bahkan masa bodoh dengan apapun yang dirimu lihat kecuali HP. Kalau sudah begini, bukankah HP jadi malapetaka untuk dunia nyatamu?

5. Panik Ketika Baterai HP Habis

Tak sedikit orang merasa panik ketika mendapati baterai smartphonenya habis. Mulai dari cari charger HP, stop kontak yang ada di sekitarmu, atau buatmu yang tak mau repot dan lebih praktis ya kemana-mana harus membawa power bank. Sebab, jika smartphone sudah mati, kamu bisa mendadak malas, tidak fokus, dan kadang bad mood sendiri. Sebentar-sebantar melihat HP yang layarnya hitam sambil membuang napas kesal. Padahal, smarphone mati bukan akhir dari segalanya, loh. Kamu masih bisa melakukan banyak hal. Seperti mengamati sekeliling sambil berpikir atau mengasah imajinasimu.

6. Apa-apa yang Ada di Dalam Hidup Harus Diupload di Sosial Media

Apakah kamu salah satu orang yang selalu meng-upload segala hal di sosial media? Misalnya, ketika mau makan kamu justru memotret makanan tersebut, lalu upload di sosial media. Atau saat mendapat hadiah pun membeli barang baru. Sampai-sampai saat sedang sedih, senang, dan kesal pun kamu menuangkannya dalam status seperti sedang curhat. Rasanya semua orang harus tahu seluruh hidupmu, atau biasanya kamu seperti ini agar dapat cap kekinian.

Sementara, sosial media itu ada sebagai tempat berbagi informasi atau hal yang memang penting alias berguna untuk orang. Tapi jika hanya seputar kehidupanmu saja, apalagi hal yang itu-itu saja. Apalah guna sosial media dan smartphone-mu, kalau penggunanya saja yang sudah candu tak cukup bijak serta smart dalam menggunakannya.

Tips Bijak dalam Menggunakan Smartphone

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan gadget dan terhindar dari risiko kecanduan.

• Tidak menggunakan gadget ketika sedang berjalan, terutama ketika sedang mengemudi kendaraan bermotor. Karena hal ini bukan hanya membahayakan bagi diri sendiri saja, namun juga orang lain. Sebaiknya, tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak jika kamu merasa ada notifikasi penting.
• Atur dan batasi waktu penggunaan gadget, misalnya maksimal dua atau tiga jam sehari. Jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk menggunakan gadget, maka cobalah cari aktifitas lain yang tidak mengunakan gadget setelah selesai bekerja.
• Tidak menggunakan gadget ketika sedang makan bersama atau saat acara keluarga. Selalu utamakan bentuk komunikasi secara langsung agar kamu dan keluarga dapat menikmati kebersamaan dan tetap menjalin kedekatan.
• Tentukan area bebas gadget, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.
• Ganti waktu penggunaan gadget dengan aktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga atau membaca buku.
• Jangan bermain gadget ketika akan tidur.

Baca Juga: Kenali 8 Tanda Gangguan Mental Akibat Sosial Media

Tips-tips di atas bisa diterapkan kepada anak-anak di rumah agar kebiasaan ini tidak mengganggu aktivitas belajar dan prestasi akademiknya. Seperti namanya, smartphone sudah semestinya menjadi teknologi pintar yang bisa dimanfaatkan secara bijak. Bukan justru mengurangi interaksi sosial dan kehidupan di dunia nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.