6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
plero.co.id

Seruni.id – Ruangan yang wangi akan membuat kita nyaman dan betah berlama-lama. Apalagi jika aromanya kesukaanmu. Namun, jika kamu bosan dengan wewangian yang dijual dipasaran, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Membuat pengharum ruangan sendiri bukan hanya mudah, tapi juga banyak manfaatnya.

Kamu bisa memilih membuat wangi yang diinginkan, dan tentunya minim bahan kimia yang tidak baik untuk sistem pernapasan. Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya, bisa simak di bawah ini, ya.

1. Buah Kering

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
fiksilikz.blogspot.com

Tahukah kamu? Ternyata beberapa jenis buah kering dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan, loh. Buah yang bisa kamu gunakan seperti jeruk, cengkeh, serta kayu manis. Nantinya bahan-bahan yang sudah kering tersebut disimpan di dalam mangkuk dan letakkan pada ruangan di rumahmu. Atau bisa juga dengan memasukkannya ke dalam kemasan kecil untuk di simpan di ruangan. Aroma dari bahan-bahan kering tersebut, bisa membantu mengharumkan ruangan dan memberikan rasa rileks.

2. Pewangi Spray dengan Potongan Buah

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
radiocakrabandung.com

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat pengharum ruangan spray berbahan dasar potongan buah. Untuk membuatnya, bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah, yaitu air, sedikit alkohol, dan wewangian yang dipilih. Kamu bisa memasukkan potongan buah atau bunga untuk jadi bahan dasar wanginya. Pastikan yang dipilih adalah buah atau bunga yang memiliki aroma kuat seperti jeruk, melati, atau mawar.

Yang harus dilakukan adalah mengiris buah atau sobek kelopak bunga dan siram dengan air serta sedikit alkohol. Kemudian disimpan dalam wadah tertutup dan biarkan setidaknya semalaman. Lebih lama disimpan, maka wanginya akan semakin kuat.

3. Kopi

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
cnnindonesia.com

Kamu penikmat kopi? Kini kamu tak lagi hanya dapat menyeruputnya saja, tapi dengan dibuat sebagai pengharum ruangan, kamu dapat menikmati aromanya sepanjang hari. Cara membuatnya yitu dengan membungkus biji kopi dengan kain jala, lalu diletkkan di beberapa sudut ruanganmu, seperti ruang tamu atau kamar.

Tak hanya untuk ruangan saja, kamu juga bisa menggantungnya di lemari pakaian untuk menjaga agar tidak apek. Keharumannya dapat bertahan hingga tujuh hari, loh. Setelah itu, kamu hanya perlu mengganti biji kopinya saja. Aroma yang dihasilkan dari biji kopi ini pastinya akan membuat perasaanmu jauh lebih tenang.

4. Lilin Pewangi

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
beritagar.id

Selalu membeli lilin pewangi namun khawatir dengan bahan dasarnya yaitu lilin? Mari buat sendiri dari bahan yang lebih aman yaitu beeswax atau lilin lebah, dan minyak aroma terapi kesukaan kamu. Kamu hanya perlu menyiapkan topel kaca, lilin, lebah, sumbu, serta loyang dan oven.

Nantinya lilin tersebut harus dipotong lebih dulu menjadi kecil dan masukkan ke dalam botol kaca. Kemudian masukkan ke dalam oven atau microwave sampai lilin mencair.

Jika sudah sepenuhnya mencair, masukkan aroma terapi pilihan kamu dan aduk sampai rata. Setelah itu, langsung masukkan sumbu di tengah toples. Gunakan sumpit di atas toples untuk menggantung sumbu agar bisa tetap tegak. Tunggu sampai benar-benar mengeras, setidaknya selama setengah sampai satu hari. Voila, kamu pun punya lilin pewangi ruangan yang alami dan aman.

5. Kayu Manis

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
idntimes.com

Ternyata kayu manis tak hanya dapat digunakan sebagai tambahan dalam masakan atau minuman saja, loh. Namun, juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan kayu manis sebagai pengharum ruangan alami.

Pertama, kamu bisa menempelkan beberapa kayu manis mengelilingi lilin, lalu nyalakan. Hawa panas dari api akan membuat kayu manis mengeluarkan wanginya. Kedua, kamu bisa campurkan kayu manis dengan beberapa jenis bunga aromatik di dalam mangkuk bening. Ini akan menghadirkan wangi ala spa.

6. Infused Parfum

6 Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami
today.line.me

Terakhir, kamu bisa buat seperti infused water, hanya saja ini adalah pewangi ruangan. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan tentunya aman. Kamu hanya butuh air, dan pendukung wewangian yang diinginkan. Jika ingin wewangian yang segar, pilihlah buah-buahan. Sedangkan jika ingin wangi yang manis, bisa pilih rempah dan bunga.

Kamu bisa mencampur mint dengan lemon. Atau batang vanili dengan lemon dan rosemary untuk wangi yang manis. Setelah bahannya terkumpul, mari mulai membuat. Campurkan semua bahan dengan air dan didihkan sampai wanginya menguar ke udara. Jika sudah, kamu bisa memasukkan air beserta isinya ke botol atau wadah kaca. Pewangi ruangan alami pun jadi.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah Setelah Banjir

Ternyata tak sulit kan untuk membuat pengharum ruangan alami? Selain mudah, wanginya pun bisa kamu tentukan sendiri. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.