Tips Memilih dan Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama

Tips Memilih dan Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama
idntimes.com

Seruni.id – Buah kurma menjadi primadona ketika bulan Ramadhan tiba. Sebab, buah bercita rasa manis ini, menjadi salah satu makanan yang disarankan dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain dapat mengembalikan energi, kurma juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.

Tips Memilih dan Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama
parenting.orami.co.id

Nah, kebetulan nih, tak terasa bulan Ramadhan sudah di depan mata. Menyiapkan kurma dari sekarang bisa mengurangi daftar barang yang harus dibeli. Namun, jangan asal dalam memilih kurma, ya. Sebab, tidak semuanya bisa awet dan tahan lama. Lantas, bagaimana cara memilihnya? Berikut Seruni rangkum di bawah ini.

Cara Memilih Kurma yang Baik

1. Perhatikan Teksturnya

Sebelum membeli kurma, jangan lupa untuk memperhatikan teksturnya, ya. Biasanya buah kurma yang masih segar memiliki tekstur yang kenyal meski kulitnya berkerut. Selain itu, kurma yang kualitasnya masih baik, akan terlihat padat dengan permukaan kulit yang sedikit mengkilat.

2. Terdapat Kristal Gula

Kurma yang sudah agak lama, biasanya ditandai dengan adanya bercak putih pada permukaan kulitnya. Bercak putih tersebut merupakan kandungan gula dalam kurma yang mengkristal. Jika bercak tersebut hanya terlihat sedikit saja, kurma masih belum terlalu lama, yang terpenting jangan sampai bintik tersebut berubah menjadi kristal.

3. Pertimbangkan Aromanya

Tips memilih kurma berikutnya, yakni mempertimbangkan aromanya. Jika aromanya dapat dicium dari luar kemasan, maka kamu bisa mencari yang aromanya segar tanpa bau asam yang menusuk. Apabila kurma memiliki bau asam yang begitu menyengat, biasanya kualitasnya sudah tidak baik. Hal ini bisa diterapkan ketika hendak memilih kurma curah.

Cara Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama

4. Gunakan Wadah Kedap Udara

Jika disimpan dengan baik, kurma kering dapat bertahan hingga tiga bulan di suhu ruang dan satu tahun jika dimasukkan ke dalam kulkas. Apabila berencana mengonsumsinya saat bulan puasa, maka sebaiknya simpanlah kurma di wadah kedap udara dan menaruh di suhu ruang saja. Namun, agar lebih aman, tak ada jika ingin memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Pastikan untuk mengeluarkan kurma dari kulkas dan menunggu beberapa saat sebelum mengonsumsinya, ya.

5. Simpan di Dalam Freezer

Cara berikutnya untuk menyimpan kurma agar lebih awet, bisa dengan membekukannya di dalam freezer. Meski dibekukan, rasa dan teksturnya tak akan berubah. Selain itu, jika ingin menyantap kurma yang sudah dibekukan, kamu cukup merendamnya di dalam air hangat untuk membuatnya kembali empuk.

Baca Juga: 6 Khasiat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Nah, itulah tips memilih kurma serta cara menyimpannya agar lebih tahan lama. Selain melengkapi menu di bulan puasa, pada dasarnya kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengonsumsi kurma dengan rutin saat sahur dapat mencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, serta menangkal radikal bebas. Sedangkan, ketika dikonsumsi saat berbuka, kurma bisa jadi pengganti menu manis karena berguna untuk mencegah risiko diabetes. Jadi, manfaatkan kurma sebaik mungkin, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.