6 Hadis Tentang Perempuan dan Kemuliaannya dalam Islam

6 Hadis Tentang Perempuan dan Kemuliaannya dalam Islam

Seruni.id – Wanita adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat mulia. Hal tersebut tertuang dalam banyak hadis tentang perempuan. Bahkan, dalam Al-Qur’an pun sering disebutkan, khususnya pada Surah An-Nisa.

6 Hadis Tentang Perempuan dan Kemuliaannya dalam Islam

Wanita menjadi salah satu makhluk yang memiliki banyak keistimewaan. Dan mereka menjadi aspek penting dalam beribadah kepada Allah SWT. Rasulullah SAW pun pernah bersabda tentang keistimewaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut Seruni telah merangkum beberapa hadis tentang perempuan yang perlu dipahami:

1. Perempuan Salihah adalah Sebaik-baiknya Perhiasan Dunia

Di dalam sebuah hadits disebutkan:

اَلدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah.” (HR Muslim dari Abdullah bin Amr).

2. Perempuan Salihah Lebih Baik daripada Bidadari Surga

Menjadi wanita salihah sangatlah istimewa, bahkan keistimewaan tersebut tak ada pada bidadari surga. Keistimewaan inilah yang membuatnya lebih mulia daripada para bidadari surga. Sebagaimana yang tertuang dalam hadis Rasulullah SAW tentang perempuan yang artinya:

“Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.”

3. Wanita Dapat Pengecualin Khusus dalam Beribadah

Beribadah kepada Allah hukumnya wajib bagi umat Muslim. Namun, pada masa-masa tertentu, para wanita mendapatkan keistimewaan, yakni mereka boleh untuk tidak menunaikan ibadah shalat, puasa ketika mereka sedang dalam masa haid dan nifas. Hak ini hanya dimiliki oleh para wanita saja, tidak untuk laki-laki. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW berikut:

“Siapa saja wanita yang mengalami haid, maka sakitnya haid yang mereka alami akan menjadi kafarah (tebusan) bagi dosa-dosanya yang terdahulu.”

4. Dapat Masuk Surga dari Pintu Mana Saja

Siapa di antara kita yang tak ingin masuk surga? Apalagi jika masuknya bebas dari pintu mana saja. Tentunya semua menginginkannya. Dalam sebuah hadis tentang perempuan, Rasulullah menjelaskan bahwa perempuan salihah bisa masuk surga dari pintu mana pun. Namun, mereka harus memenuhi empat kriteria. Yakni, menunaikan ibadah shalat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menauji zina, dan berbakti kepada suami (jika sudah menikah). Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany)

5. Derajat Ibu Lebih Tinggi daripada Ayah

Perempuan dapat kedudukan yang mulia dalam Islam, dengan cara ditinggikan derajatnya sebagai seorang ibu. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah berikut ini:

“Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku berbakti pertama kali?‘ Rasulullah menjawab, ‘Ibumu’ sampai mengualangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari No. 5971 dan Muslim No. 2548)

6. Wanita yang Hamil dan Melahirkan Akan Mendapatkan Pahala Setara dengan Jihad

Allah telah memberikan keistimewaan kepada perempuan dengan kepercayaan untuk dapat mengandung dan melahirkan. Mereka akan mendapat banyak pahala karena hal tersebut, tak tanggung-tanggung pahala yang akan ia peroleh pun setara dengan jihad di jalan Allah. Rasulullah bersabda:

“Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang mati sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111)

Baca Juga: 10 Keuntungan Memiliki Saudara Perempuan yang Harus Kamu Syukuri

Itulah deretan hadis tentang perempuan dalam Islam. Ternyata, banyak sekali keistimewaan wanita, bahkan mereka senantiasa dalam perlindungan dan kemuliaan oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.