6 Kesalahan Menggunakan Bedak Tabur, Bikin Wajah Beruntusan dan Berjerawat

6 Kesalahan Menggunakan Bedak Tabur, Bikin Wajah Beruntusan dan Berjerawat
indozone.id

jeniSeruni.id – Bedak tabur atau bubuk adalah salah satu ‘senjata’ para wanita setiap kali berdandan. Dengan menggunakan bedak, akan menyempurkan polesan make up yang digunakan. Bayangkan saja, jika menggunakan make up, tapi tanpa menggunakan bedak. Wajah akan tampak pucat. Bedak juga berfungsi untuk menutupi jerawat serta membuat wajah terlihat semakin flawless.

6 Kesalahan Menggunakan Bedak Tabur, Bikin Wajah Beruntusan dan Berjerawat
hipwee.com

Namun, sayangnya, masih banyak para wanita yang melakukan kesalahan dalam menggunakan bedak bubuk ini. Karena tidak adanya kehati-hatian, membuat penggunaan bedak tersebut justru menimbulkan jerawat dan beruntusan. Agar tidak mengulanginya kembali, berikut Seruni telah merangkum beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari:

1. Tidak Paham Jenis Bedak Tabur

Melansir dari laman Wolipop.detik.com, seorang MUA (Make Up Artist) Kristen Stewart, ada beberapa jenis bedak tabur yang biasa digunakan. Pertama memiliki kandungan mineral yang digunakan sebagai pengganti alas beda. Namun, ia tidak menyarankan untuk menggunakan bedak tabur mineral, jika kamu tidak ingin menggunakan riasakan yang terlalu berat.

Bedak tabur lainnya ada dua jenis, yakni setting powder yang transparan dan berwarna. Bedak tabur berwarna biasanya difungsikan untuk mengoreksi warna kulit, mencerahkan wajah, dan menutupi wajah kemerahan. Sedangka bedak tabur transparan tidak mengubah warna alas bedak dan gunanya hanya untuk membuat riasan lebih tahan lama.

2. Menggunakan Alat Make Up yang Salah

Kesalahan berikutnya dalam menggunakan bedak tabur yakni terdapat pada alat make up yang salah. Bedak bubuk memang dikenal baik untuk wajah berminyak. Karena bedak jenis ini mampu menyerap minyak pada wajah, sehingga tampak lebih matte. Namun, ketika menggunakan bedak tabur, lebih baik aplikasikan menggunakan puff yang tersedia atau powder brush.

Mungkin banyak dari kita yang sering kali mengaplikasikannya dengan menggunakan tangan, meski lebih simpel, tapi cara ini harus segera dihindari. Sebab, kita tidak tahu apakah tangan kita bersih atau tidak. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan membuat kulit iritasi dan mudah terkontaminasi dengan bakteri.

3. Tidak Memilih Warna yang Sesuai

Seperti yang sudah Seruni jelaskan pada poin sebelumnya, bedak tabur memiliki jenis yang berbeda, baik dari segi tekstur maupun warna. Salah memilih warna akan membuat penampilan tidak menawan. Oleh karena itu, kamu perlu memilih warna bedak yang sesuai dengan kulitmu. Solusi lainnya, kamu bisa memilih bedak tabur translucent yang berfungsi untuk mengunci make up sehingga riasan wajah bisa lebih tahan lama.

4. Tidak Menutup Setelah Menggunakannya

Setelah menggunakan bedak bubuk atau jenis apa pun itu, sebaiknya tutuplah kembali wadah tersebut. Sebab, apabila kamu membiarkannya terbuka, bedak bubuk akan mudah sekali terkontaminasi oleh bakteri dari luar. Untuk menghindari bedak bubuk tercecer, maka pilihlah bedak yang sudah dilengkapi dengan puff atau aplikator, sehingga lebih memudahkan ketika menggunakannya.

5. Mengaplikasikan Bedak Ketika Wajah Basah

Banyak yang mengira, mengaplikasikan bedak dalam keadaan wajah basah akan membuatnya lebih bertahan lama. Padahal, ini merupakan kesalahan yang harusnya kamu hindari. Jika menggunakan bedak jenis bubuk saat wajah masih basah, bisa-bisa wajah akan mudah jerawatan dan beruntusan, hal ini karena bedak akan menutupi pori-pori. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya keringkan wajah terlebih dahulu.

6. Tidak Mencuci Powder Brush

Ketika menggunakan powder brush, pastikan kamu membersihkannya secara rutin, ya. Karena jika tidak, hal ini akan membuat wajah menjadi iritasi. Kuas atau brush mudah sekali terkontaminasi oleh bakteri, sehingga kebersihannya harus menjadi prioritas. Untuk membersihkan bedak yang tersisa, kamu bisa mencucinya menggunakan shampo. Tidak perlu setiap hari, lakukanlah cara ini setidaknya sebulan atau dua minggu sekali.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bedak untuk Wajah Berjerawat di Jamin Cocok

Itulah lima kesalahan dalam menggunakan bedak jenis tabur yang menyebabkan wajah beruntusan dan berjerawat. Kalau kamu sering melakukan kesalahan di atas, segera hindari sekarang juga, ya. Agar hal yang tidak kamu inginkan tidak terjadi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.