Agar Lebih Awet, Ini Tips Mencuci Pakaian Berbahan Satin

Agar Lebih Awet, Ini Tips Mencuci Pakaian Berbahan Satin
cleanpedia.id

Seruni.id – Bagi kamu yang suka tampilan anggun, tentu sudah tidak asing lagi dengan pakaian berbahan satin. Material satin memang dikenal mampu menghadirkan kesan yang elegan, detail kilaunya pun mampu memberikan efek berkelas pada setiap pemakaiannya.

Agar Lebih Awet, Ini Tips Mencuci Pakaian Berbahan Satin
lenteramata.com

Namun, bahan yang dibuat dengan cara ditenun ini lambat laun akan rusak dan terurai jika salah dalam perawatannya. Maka dari itu, agar lebih awet, kamu perlu berhati-hati jika memiliki pakaian berbahan satin, ya. Agar tidak mudah rusak, berikut Seruni berikan beberapa tips saat mencucinya.

1. Pisahkan dengan Baju Lainnya

Ketika mencuci pakaian berbahan satin, sebaiknya pisahkan baju satin dengan baju berbahan lainnya, ya. Hal ini betujuan untuk menghindari robeknya baju karena gesekan dengan baju bahan lainnya yang lebih kasar.

2. Cuci dengan Tangan

Mencuci dengan tangan memang lebih repot dibandingkan menggunakan mesin cuci. Namun, untuk pakaian berbahan satin, lebih baik untuk menghindari penggunaan mesin cuci, ya. Meski membutuhkan usaha yang lebih, tapi mencuci pakaian berbahan satin dengan tangan akan memudahkanmu mengontrol tenaga, sehingga pakaian tersebut tidak mudah rusak. Selama proses perendaman pun sebaiknya tidak lebih dari lima menit, karena akan merusak kain. Selain itu, kucek baju ini dengan lembut dan menggilasnya atau menggunakan sikat, ya.

3. Jangan Asal Memilih Detergen

Tidak semua detergen baik digunakan untuk pakaian berbahan satin. Maka dari itu, pemilihan detergen menjadi poin penting yang perlu kamu perhatikan. Untuk pakaian berbahan satin, pilihlah detergen cair yang khusus untuk melembutkan pakaian. Hal ini sangat bermanfaat agar pakaian tidak rusak karena terkena cairan detergen yang berbahan keras.

4. Hindari Mengeringkan Pakaian dengan Mesin Pengering atau Sinar Matahari Langsung

Mengeringkan pakaian menggunakan mesin pengering atau sinar matahari secara langsung memang lebih mudah. Namun, lagi-lagi kamu harus menghindari kedua hal tersebut. Untuk menjaga bahan satin agar tetap baik, kamu hanya boleh mengeringkan dengan mengangin-anginkan saja di tempat yang teduh. Cara ini memang memakan waktu, tapi demi menjaga kualitas pakaian tidak ada salahnya untuk dilakukan.

5. Setrika denagn Suhu Sedang

Tidak semua jenis baju satin mudah kusut, ada pula pakaian yang tetap rapi mesti tidak kamu setrika. Namun, jika pakaian tetap butuh disetrika, pastikan kamu menggunakan suhu sedang, ya. Hindari penggunaan suhu yang terlalu panas, karena hal tersebut hanya akan merusak pakaianmu.

6. Hindari Tempat yang Lembap

Nah, setelah selesai menyetrika baju satin, simpanlah baju tersebut di tempat yang tepat. Seperti di tempat yang sejuk dan tidak lembap. Periksa suhu dalam lemari pakaian dan jagalah agar tetap sejuk. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya risiko timbul jamur pada pakaian tersebut.

Baca Juga: Arti Simbol pada Label Pakaian yang Sering Dianggap Sepele

Itulah sederet tips mudah yang bisa kamu lakukan dalam mencuci dan merawat pakaian satin. Dengan mencuci sesuai petunjuk, maka pakaianmu akan jauh lebih awet, loh. Semoga tips ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.