6 Khasiat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

kanalaceh.com

Seruni.id – Kurma adalah salah satu makanan yang paling banyak diburu masyarakat ketika Ramadhan tiba, salah satunya adalah kurma ajwa. Sebab, seperti yang telah kita ketahui, Nabi Muhammad telah mencontohkan umatnya untuk berbuka puasa dengan buah kurma sebelum menyantap makanan yang lainnya.

Hasil gambar untuk kurma ajwa
muslim.okezone.com

Tak hanya itu, Nabi juga menyarankan di setiap rumah untuk memiliki persediaan kurma. Dan ternyata, kurma ajwa sendiri memiliki segudang manfaat yang belum banyak diketahui orang, di antaranya adalah:

Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Khasiat kurma ajwa yang paling umum ialah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta mengembalikan energi. Sebenarnya, semua jenis kurma baik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Karena di setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dalam proses metabolisme tubuh agar tetap segar dan bugar dalam beraktifitas sehari-hari. Apalagi saat bulan puasa seperti sekarang ini.

Baik untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Kurma ajwa juga baik untuk membantu menyehatkan pencernaan kita. Sistem pencernaan dalam tubuh merupakan hal pokok yang sangat penting dalam metabolisme tubuh. Saat sistem pencernaah terganggu, tentunya tubuh akan terasa lemas dan tidak sehat, karena tidak bisa mengolah makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Jika sistem pencernaan baik, maka akan lancar pula pencernaan makanan di dalam tubuh. Dan sebaliknya, jika pencernaan kurang lancar, sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma yang satu ini.

Mengatasi Sakit Maag

Jika kamu memiliki riwayat penyakit maag, maka akan lebih baik apabila kamu rutin mengonsumsi kurma ajwa. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan pola makanmu dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan dipoin sebelumnya, masalah pencernaan bisa diatasi dengan buah ini. Karena buah kurma ajwa ini dapat menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan. Nah, kurma juga dapat membantumu untuk mencegah penyakit sembelit ataupun diare karena makanan yang tidak sehat, loh.

Mencegah Penyakit Jantung Diabetes Mellitus

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes mellitus. Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika sudah menyerang. Apalagi, jika tidak ditangani dengan serius. Selain itu, diabetes mellitus juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satu penanganan dengan cara yang sederhana yaitu dengan mengonsumsi kurma ajwa. Sebab, kurma ini mengandung zat besi, kalsium, niacin, serta kalium yang berguna untuk mengatasi kedua penyakit tersebut.

Dapat Mengatasi Anemina

Anemia atau kurangnya sel darah merah juga bisa diatasi dengan memperbanyak mengomsumsi kurma. Karena buah kurma sangat aman untuk dikonsumsi secara rutin dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Justru sangat bermanfaat untuk menjaga agar tubuh lebih sehat.

Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

Mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang juga dapat diporeleh dari manfaat buah kurma ajwa. Osteoporosis dan kepadatan tulang dipengaruhi oleh kalsium yang dikandung dalam tubuh. Untuk menghindari penyakit osteoporosis dan membantu menjaga kesehatan tulang, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ajwa. Karena buah kurma ajwa mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada tulang.

Itulah manfaat dari buah kurma yang bisa kita dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat.